Tawangmangu, Alternatif Libur Akhir Pekan yang Menyenangkan!

HASBIHTC – Warga di sekitar Solo pasti sudah khatam dengan Tawangmangu, sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar ini memang menjadi langganan destinasi akhir pekan yang menyenangkan. Kalau di Jakarta, mirip dengan puncak, lah.. daerah wisata sejuk idaman semua insan. Kamu bisa mengunjungi Tawangmangu dengan pesan tiket KAI dengan tujuan Solo dan melanjutkan perjalanan dengan bis, mobil, atau motor selama satu jam.

Terletak di lereng barat Gunung Lawu, Tawangmangu memang sudah menjadi objek wisata sejak zaman Belanda, tak heran jika kamu akan menemukan cukup banyak perumahan dengan gaya kolonial di Tawangmangu. Penasaran, ya? Simak lebih lengkapnya di bawah ini!

Produksi Pertanian

Tawangmangu memang tempat untuk segala jenis pertanian, seperti padi, kopi, teh, tembakau, buah-buahan, serta bunga. Salah satunya kebun teh Kemuning yang sangat pas untuk dijadikan pelarian sementara di akhir pekan. Udara dingin, pemandangan asri nan hijau. Duh! Syahdu! Kamu juga bisa melakukan kegiatan outbond, menginap, dan nongkrong-nongkrong di kafe sambil minum teh segar asli dari perkebunan. Kamu juga bisa sekadar jalan-jalan menikmati pemandangan, kok. Gratis!

Wisata Tawangmangu

Tawangmangu berada pada daerah pegunungan yang subur serta dikelilingi oleh hutan dan perbukitan. Namanya juga pegunungan, pasti destinasi wisatanya lengkap banget. Ada air terjun, telaga, dan bukit perkemahan. Nih, penjelasan lengkap unuk kamu!

  • Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu
Sumber foto: https://www.yukpiknik.com/wp-content/uploads/2015/04/sarangan-2.jpg
Grojogan Sewu, Grojogan adalah bahasa Jawa yang artinya “air terjun” dan sewu artinya adalah “seribu”. Bukan air terjunnya yang berjumlah seribu, melainkan satuan jarak untuk mengukur ketinggian air terjun, yaitu seribu pecak, satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Jadi, kamu hitung sendiri aja, ya… Selain menikmati keindahan dan kesegaran air terjun, kamu juga bisa main mini rafting dan flying fox di Grojogan Sewu.

  • Telaga Sarangan

Telaga Sarangan
Sumber foto: https://www.yukpiknik.com/wp-content/uploads/2015/04/sarangan-2.jpg

Telaga Sarangan merupakan telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Dengan luas 30 hektar dan berkedalaman 28 meter. Suhu udara di sini sekitar 15 hingga 20 derajat Celcius, dingin-dingin empuk! Banyak kegiatan wisata air yang bisa kamu lakukan di sini. Seru banget!

  • Perkemahan Sekipan

perkemahan Sekipan
Sumber foto: https://mytrip123.com/wp-content/uploads/2017/04/bumper.jpg

Perkemahan ini buka setiap hari dengan jam operasional Senin – Jumat dan Minggu mulai pukul 08.00-17.30 serta Sabtu mulai pukul 08.00-22.00. ada fasilitas apa aja, sih? Nih, ada area outbond, parkir, warung makan, spot foto, musholla, waterboom, rumah Halloween, kolam pancing, penginapan, taman untuk pertemuan atau meeting, dan maish banyak yang lainnya. Bukit Perkemahan Sekipan sering dijadikan untuk acara kemah sekolah ataupun hanya sekadar bersantai di akhir pekan. Mau makan buah strawberry segar? Bisa! Di sekitar Bukit Perkemahan ini banyak kebun strawberry yang bisa kamu petik sendiri.

Tawangmangu merupakan tempat favorit untuk warga Solo dan sekitarnya. Harganya murah, pemandangannya bagus, udaranya segar, kulinernya enak, lengkap! Pengin, ya? Langsung pesan tiket KAI dan meluncur ke Tawangmangu! Mau liburan yang murah dan menyegarkan? #gampang!

Bagikan ini ke →