Mengintip Fakta Potensi Indonesia yang Dapat Menjadi Pusat Energi Terbarukan

HASBI – Untuk masyarakat millennial seperti sekarang ini tentunya sudah tidak asing lagi dengan perbincangan mengenai energi terbarukan. Ya, mengenai hal itu sudah masuk dalam banyak pembahasan forum nasional maupun internasional. Memang banyak yang mengklaim jika energi tersebut dinilai lebih bersih dan tidak menghasilkan dampak seperti efek rumah kaca. Jadi energi yang lebih bersih untuk kehidupan masyarakat akan sangat dirasakan sekali, lebih ramah lingkungan dari pada energi fosil.

Pusat-Energi-Terbarukan

Jika berbicara mengenai penggunaan energi listrik sekarang ini tentunya lama kelamaan akan habis, bahkan anak cucu tidak akan merasa untuk menikmatinya lagi. Makanya dari hal itu ada beberapa pandangan mengenai energi terbarukan, misalnya saja dari tenaga surya atau panas bumi. Indonesia sendiri mempunyai banyak sekali fakta yang dapat menunjukkan siap untuk menjadi negara pusat energi terbarukan, antara lain:

1. Indonesia sudah memiliki cadangan sumber energi panas bumi dunia kurang lebih 40%, hal ini tentunya akan sangat sayang sekali jika tidak diolah dan dimanfaatkan untuk kebutuhan kehidupan manusianya.

2. Indonesia termasuk dalam negara khatulistiwa yang setiap harinya akan disinari langsung oleh matahari rata-rata 12 jam. Ya, ini merupakan sumber matahari yang dapat dijadikan sebagai sistem otomatisasi pembangkit listrik dari solar panel.

3. Angin kencang di Indonesia yang sering kali membawa bencana bisa dijadikan sebagai salah satu potensi besar sumber listrik.

4. Indonesia termasuk dalam negara kepulauan yang mempunyai energi gelombang laut yang dapat dijadikan sebagai salah satu pembangkit listrik yang ramah lingkungan.

5. Indonesia menyimpan wilayah perairan yang cukup besar, tetapi potensi tersebut akan sayang jika tidak diolah dan dimanfaatkan sebagai pengembangan listrik PLTA.

Hal-hal diatas tersebut bisa menjadi salah satu pertimbangan penting untuk menjadikan kehidupan masyarakat yang lebih ramah lingkungan. Untuk saat ini sebenarnya Indonesia sudah merencanakan, melalui perusahaan besar Sewatama beberapa inovasi pengembangan listrik sudah mulai direncanakan. Sebagai salah satu perusahaan besar kelistrikan memang Sewatama selalu memberikan visi dan misi terbaik untuk Indonesia, bukan hanya pelayanan kepada para konsumennya tetapi juga berbagai produk yang mereka tawarkan.

Share It →