Cara Merawat Laptop Biar lebih Awet

HASBIHTC – Kebanyakan orang sering tidak mengetahui cara merawat laptop agar lebih awet. Hal tersebut menyebabkan laptop mereka tidak awet dan cepat rusak. Pasti tidak mau, kan, laptop kamu rusak karena kurang dirawat atau perawatan yang salah? Tidak perlu bingung, berikut ini tips cara merawat laptop kamu supaya awet dan tahan lama.

Bersihkan Laptop secara Rutin

Membersihkan laptop adalah ritual penting yang harus kamu lakukan secara rutin, baik di bagian luar ataupun dalam. Bersihkan debu-debu yang menempel di sela-sela tombol keyboard menggunakan tisu atau kuas. Layar laptop juga penting untuk kamu rawat karena bila layar laptop kamu kotor, kerja pun pasti tidak akan nyaman.

Selain agar lebih nyaman dilihat, membersihkan itu sangat penting untuk mencegah debu-debu yang semakin hari semakin menumpuk dan menimbulkan flek yang tidak bisa hilang. Agar pemakaian tidak terganggu oleh flek, bersihkan layar laptop kamu minimal satu minggu sekali. Namun, jika belum seminggu tapi sudah berdebu, bisa langsung kamu bersihkan.

Jauhkan Laptop dari Air

Selalu ingatlah bahwa semua barang elektronik akan rusak bila terkena air. Mineral dalam air bisa menimbulkan korosi pada bagian laptop dan juga merusak komponen. Jadi, jauhkan gelas air minum, botol minum, dan barang-barang lainnya yang berisiko tumpah. Sekilas hal ini terlihat sepele, namun sebenarnya sangat berbahaya bagi kondisi laptop kamu.

Jangan Menggunakan Laptop di Bawah Sinar Matahari Langsung

Di samping laptop harus dijauhkan dari air, hal yang juga tidak kalah penting diperhatikan yaitu jauhkan dari sinar matahari. Karena bila kamu sering menggunakan laptop di luar ruangan, sangat rentan terhadap kerusakan. Panas laptop dan panas dari sinar matahari akan memperburuk kondisi komponen laptop kamu.

Hindari Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Laptop yang terlalu lama digunakan akan berisiko terkena overheat (panas yang berlebihan). Kamu harus selalu ingat bahwa laptop itu berbeda dengan komputer PC yang dapat dinyalakan 24 jam nonstop. Selain itu, jangan pula terlalu sering menggunakan laptop kamu untuk bermain game-game berat seperti GTA, Warfare, dan lainnya karena akan dapat menyebabkan baterai laptop kamu rusak atau bocor serta kompenon laptop menjadi overheat.

Jadi, game-game berat dengan kapasitas besar sebaiknya kamu hindari apalagi bila laptop kamu punya spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Sesuaikan kapasitas laptop dengan penggunaan dan batasi waktu penggunaannya

Tidak Menaruh Barang Berat di Atas Laptop

Bila kamu terbiasa menaruh tablet, HP, atau barang-barang lainnya di atas laptop, sebaiknya hentikan kebiasaan itu mulai sekarang. Hal tersebut akan dapat merusak layar laptop kamu. Dan bila itu terjadi, biaya reparasinya cukup mahal. Apalagi bila barang yang kamu taruh adalah barang-barang berat ataupun barang elektronik. Hal itu bisa menyebabkan kutub antara laptop dan barang elektronik akan saling tarik menarik. Reaksi kutub magnet antara kedua benda itu bisa menyebabkan kerusakan pada salah satunya.

Semoga berbagai cara di atas membantu kamu untuk merawat laptop agar lebih awet

80%
Awesome

Cara Merawat Laptop Biar lebih Awet

Semoga berbagai cara di atas membantu kamu untuk merawat laptop agar lebih awet

  • Design

Jika artikel ini bermanfaat bantu kami beri rating

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.