Apa Sajakah Produk yang Ditawarkan Bank Syariah?

HASBIHTC – Jika diamati, ada dua jenis perbankan yang sangat mendominasi di Indonesia saat ini yakni Bank Konvensional dan Bank Syariah. Bank Konvensional lebih dulu hadir karena menggunakan sistem bunga yang universal di seluruh dunia. Sementara itu, bank syariah hadir sebagai solusi bagi para umat muslim di Indonesia yang mendambakan akses perbankan yang sesuai dengan syariat Islam. Hadirnya Bank Syariah pun disambut baik mengingat ada berbagai produk menarik yang ditawarkan oleh Bank Syariah mulai dari tabungan sampai penyaluran dana syariah. Apa saja produk yang ditawarkan Bank Syariah? Berikut ini ulasannya.

Bank Syariah

Tabungan

Seperti halnya pada bank konvensional, bank syariah juga memungkinkan nasabahnya untuk menabung dana dengan prinsip syariah. Pada sistem syariah, terdapat dua jenis produk tabungan yang umum digunakan. Adapun, dua jenis produk tabungan di bank syariah yaitu Wadiah dan Mudharabah. Wadiah berarti skema tabungan berupa titipan dimana dana yang diserahkan oleh nasabah diperbolehkan untuk digunakan pihak bank sesuai syariah dan ketika nasabah ingin menarik dana maka bank harus menyiapkan dananya tersebut. Lalu Mudharabah yang berarti investasi dana dari nasabah kepada bank syariah yang nantinya akan digunakan oleh pihak bank untuk berbagai keperluan bisnis sesuai syariah dengan imbal hasil sesuai dengan nisbah yang disepakati saat akad.

Jasa

Bukan Cuma bank Konvensional saja, Bank syariah juga dilengkapi dengan produk-produk jasa yang memanjakan para nasabahnya. Beberapa jenis produk jasa perbankan syariah antara lain Wakalah (perwalian/perwakilan), Rahn (gadai), Kafalah (jaminan), dan Sharf (penukaran uang). Produk-produk jasa perbankan syariah ini dilakukan sesuai dengan syariat Islam dan dapat Anda temui pada Bank Syariah Bukopin.

Pembiayaan

Semakin lengkap, Bank syariah juga menyediakan produk pembiayaan syariah kepada para nasabahnya. Beberapa jenis produk pinjaman yang umumnya disediakan perbankan syariah antara lain Murabahah (akad jual beli), Ijarah (akad sewa), Istishna (akad jual beli dengan produk yang masih dibuat), Mudharabah (akad bagi hasil secara penuh), dan Musyarakah (akad bagi hasil sebagian). Semua produk pembiayaan tersebut dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda dan yang pasti, jangan lewatkan kesempatan mendapatkan KTA di Bank Syariah Bukopin untuk kebutuhan dana tunai Anda.

Share It →