6 Tips yang Bisa Mewujudkan Impianmu Keliling Dunia

HASBIHTC – Siapa coba yang tak ingin keliling dunia? Semua orang pasti punya impian keliling dunia. Sayangnya, 9 dari 10 orang gagal keliling dunia karena keterbatasan budget. Iya betul sekali, travelling the world membutuhkan biaya yang sangat banyak, bahkan bisa menguras seluruh harta seseoran. Namun yang namanya hasrat, apapun bisa dilakukan, meskipun keliling dunia sekalipun. Beberapa orang mampu keliling dunia karena memang sudah kaya raya, lalu bagaimana dengan kamu yang kondisi finansialnya pas-pasan? Agak sulit memang, namun lewat beberapa tips berikut ini, kamu bisa selangkah lebih dekat mencapai impianmu untuk keliling dunia.

Keliling Dunia

1. Rencana Penghematan
Tips pertama agar kamu bisa keliling dunia yaitu merancang rencana penghematan. Pertama, coba kamu bandingkan perkiraan budget keliling dunia dengan total pendapatanmu selalu setahun. Dengan catatan bahwa kamu memang berniat untuk nabung selama setahun, atau jika perlu, kamu bisa menambahkannya menjadi dua tahun. Jika dirasa kamu mampu, maka tentukan target pencapaian tabungan. Nah setelah dapat target pencapaian tabungan, maka buatlah rencana penghematan yang lebih spesifik, misalnya seperti mengurangi budget belanja bulanan. Langkah terakhir, maka kamu mesti mengimplementasikan berbagai rencana penghematan tersebut dengan komitmen tingkat tinggi. Kuncinya yaitu tetap komit terhadap keputusanmu untuk bisa keliling dunia.

2. Tetap Pada Pendirianmu
Banyak orang gagal keliling dunia karena berhenti ditengah jalan ketika mencoba berhemat. Untuk itu sangat penting bagimu untuk tetap menjaga antusiasme dan juga tetap mengingatkan diri sendiri akan impianmu keliling dunia. Banyak cara yang bisa dilakukan, bisa dengan menempel beberapa wallpaper destinasi wisata paling terkenal di dunia atau bisa juga dengan mengikuti akun-akun destinasi wisata di Instagram. Jika kamu tetap komit dengan pendirianmu untuk keliling dunia, maka kamu pasti membatasi pengeluaran, menerapkan gaya hidup sederhana, membuka peluang usaha baru, menjual beberapa barang yang tak dipakai, dan lain-lain.

3. Catat Pengeluaran Bulanan
Agar kamu semakin mudah menghemat uang, maka sangat penting mencatat pengeluaran bulanan. Buat dua kolom yang berbeda yaitu kolom kebutuhan dan kolom keinginan. Jika kamu ingin keliling dunia, maka perlahan-lahan hilangkan seluruh barang atau keinginan yang kamu catat di kolom keinginan. Iya betul sekali, jadi kamu hanya fokus mengeluarkan uang untuk berbagai hal yang ada dalam kolom kebutuhan. Dengan cara ini, kamu dapat lebih mudah memonitor pergerakan rencana penghematan yang telah kamu canangkan sebelumnya.

4. Buat Rekening Baru
Agar lebih semangat, sebaiknya buat rekening baru disamping rekening tabungan utamamu. Rekening tabungan ini khusus untuk saldo tabunganmu untuk keliling dunia. Jadi setelah gajian atau kapanpun, kamu bisa mentransfer uang dari rekening utama ke rekening khusus budget keliling dunia ini. Namun jangan sampai ketika kamu sudah punya rekening khusus ini, kamu tidak jua mengisinya.

5. Belanja Online
Agar semakin hemat, sebaiknya alihkan kebiasaan shopping kamu dari mall atau supermarket ke dunia online. Mengapa? Karena selain lebih efisien dan efektif, kamu ‘pun bisa menemukan banyak sekali promo yang ditawarkan oleh online marketplace. Salah satunya yaitu Blibli dot com, marketplace satu ini sering sekali menawarkan cashback. Cashback ini bisa kamu gunakan ketika belanja produk tertentu sehingga biaya belanja ‘pun menjadi lebih murah. Dengan belanja dapat cashback di Blibli dot com, kamu bisa lebih dekat mencapai keinginanmu untuk keliling dunia.

6. Kurangi Kebiasaan Nongkrong di Kafe
Kafe bisa menjadi tempat yang sangat menyenangkan. Kamu bisa ngopi, belajar, maupun meeting bersama kolega. Namun jika kamu berniat untuk keliling dunia, maka segera kurangi kebiasaan nongkrong di kafe. Saat nongkrong di kafe, tentunya kamu mesti membeli segelas kopi dan juga makanan, dan biayanya bisa lima kali lipat lebih besar dibanding di warung kopi biasa. Jika tak penting-penting amat, sebaiknya usahakan untuk tidak nongkrong di kafe.

Nah itulah beberapa tips yang bisa mewujudkan impianmu keliling dunia. Intinya, jika kamu ingin keliling dunia, maka ubahlah gaya hidupmu menjadi lebih sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat ya, selamat mencoba!

Share It →