Tips Memilih Motherboard Bagus Dan Berkualitas

HASBIHTC.COM – Motherboard memiliki fungsi yang begitu penting pada seluruh komponen komputer karena pada motherboard seluruh komponen bergantung. Tanpa motherboard maka komputer tidak dapat berfungsi. mulai dari komponen seperti VGA card, prosesor, memory, hard disk, keyboard, mouse semua itu harus dihubungkan ke motherboard supaya dapat berfungsi.

Aliran listrik pertama kali akan mengalir ke motherboard melalui power supply kemudian diolah dan disalurkan ke masing-masing komponen yang dihubungkan via soket atau melalui kabel data.

Tips Memilih Motherboard Bagus Dan Berkualitas

Gambar Motherboard Bagus dan Berkualitas

Memilih Motherboard Berkualitas

Beberapa contoh yang dihubungkan menggunakan soket seperti prosesor, sound card, PCI Express, VGA card, prosesor, dan memory SD-DDR RAM. Sedangkan yang terhubung dengan kabel data seperti hard disk drive, optic drive seperti DVD-RW, external drive, keyboard dan mouse. Fungsi motherboard begitu penting hingga kita harus mengetahui tipe motherboard berkualitas bagi Anda yang berkeingian mengganti motherboard berikut ini cara memilih motherboard murah bagus dan berkualitas.

1. DIMENSI
Ada beberapa ukuran motherboard yaitu ATX dengan ukuran standar sedangkan microATX memiliki dimensi lebih kecil. Hal ini yang harus ditentukan terlebih dahulu karena tergantung budget dan juga ukuran casing, rata rata ukuran microATX hampir seluruh komponen terintegrasi seperti VGA dan slot memory yang lebih sedikit. Selain dari pada itu harganya pun ketimbang agar murah dibanding dengan ATX standar.

2. CHIPSET
Letaknya ada disebelah soket prosesor dengan pendingin pasif biasanya berbentuk kontak bujur sangkar. Chipset inilah yang akan mengontrol semua lalu lintas komunikasi antara prosesor dengan memory prosesor dengan hard disk dan komponen-komponen yang lain agar tidak bentrok. Biasanya chipset dari Intel ataupun VIA technology.

3. JENIS PROSESOR
Pilih motherboard harus disesuaikan dengan prosesor yang ingin dibeli. Masih ada dua pemain besar yaitu Intel dan AMD dan keduanya berbeda soketnya. Dulu pernah ada socket converter untuk CPU dimana yang ingin upgrade prosesor dari Celeron ingin upgrade ke Intel Core, mungkin sekarang sudah tidak ada lagi.

4. TIPE VGA CARD
Seperti poin pertama, bila menggunakan microATX berarti sudah terintegrasi chip untuk VGA sedangkan untuk ATX harus membeli VGA card yang sekarang sudah menggunakan PCI Express yang tentunya lebih cepat dari slot AGP. Jika anda penyuka game, render gambar 3D ataupun video editing sangat perlu membeli VGA dengan dukungan slot PCI Express. Ini untuk meningkatkan kinerja sudah banyak software video editing maupun game tidak mendukung VGA yang terintegrasi di dalam motherboard.

5. Jumlah Slot PCIPCI Express
Perhitungkan juga penggunaan slot PCI PC Express semisal jika ingin menambah VGA tambahan, sound card karena sound card yang sudah terintegrasi di dalam motherboard kurang memuaskan dan ingin menggantinya semisal dengan merk Sound Blaster. Selain itu juga penambahan USB external juga meminta slot PCI pada motherboard walaupun tidak secara langsung dihubungkan.

6. SATA HARD DRIVES
Carilah motherboard yang sudah mendukung SATA hard disk drives karena tipe hard disk inilah yang banyak beredar di pasaran. Bentuknya biasanya tipis dan kecil, untuk motherboard dulu masih menggunakan konektor ATA dengan kabel data yang cukup lebar. Perhitungkan juga jumlah port SATA yang ada dalam motherboard, siapa tahu anda ingin menambah HDD baru ke dalam PC.

7. Fitur Tambahan
Motherboard sekarang gak seperti dulu, banyak sekali yang sudah melengkapinya dengan HDMI untuk dihubungkan ke HDTV pada televisi, adanya Wi-Fi yang sudah terintegrasi, fasilitas Home Cloud sebagai sarana remote data dari PC rumah ke PC kantor ataupun laptop pribadi dan masih banyak lagi fitur-fitur tambahan yang tentunya semakin banyak akan semakin mahal pula harga motherboard tersebut.

Demikian ulasan mengenai fungsi dari motherboard serta tips singkat memilih motherboard yang baik dan berkualitas.

Share It →