Tips Memilih Modem WiFi yang Anda Butuhkan

HASBIHTC – Di zaman teknologi yang satu ini, kebutuhan sinyal internet rupanya hal yang sangat penting bagi sebagian besar masyarakat. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri lagi, dimana banyak dari mereka yang membutuhkan sinyal internet untuk menyelesaikan pekerjaan atau hanya sekedar sebagai hiburan untuk mengisi waktu luang.

Tak hanya itu, di zaman yang sudah semodern ini, sinyal internet pun sangat dibutuhkan terutama dalam bidang komunikasi. Hanya dengan menggunakan sinyal internet, Anda bisa melakukan komunikasi dengan orang lain kapanpun dan dimanapun asal tetap terjangkau sinyal internet.

Ada banyak sekali jenis sinyal internet yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi, browsing, bermain game online atau yang lain sebagainya. Salah satu dari sekian sinyal internet yang ada ialah modem WiFi.

membeli modem WiFi

Nah, siapa yang tak mengenal modem WiFi yang satu ini. Di zaman sekarang, modem WiFi semakin popular di kalangan masyarakat karena kecepatan internetnya yang lumayan tinggi. Walaupun bisa dibilang memiliki kecepatan internet yang lumayan tinggi, namun tidak semua modem WiFi memiliki kualitas yang bagus untuk Anda gunakan.

Oleh karena itu, sebelum membeli modem WiFi yang Anda inginkan, alangkah baiknya untuk mempertimbangakn berbagai macam aspek penting yang ada di dalamnya. Lalu, bagaimana cara yang tepat yang bisa Anda gunakan untuk memilih modem WiFi yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Untuk memudahkan Anda dalam memilih modem WiFi yang sesuai dengan kebutuhan, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum membeli modem WiFi sesuai dengan kebutahan Anda.

1. Perhatikan apa yang Anda butuhkan
Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah perhatikan modem wireless WiFi apa yang sedang Anda butuhkan saat ini. Tips yang satu ini menjadi tips yang sangat penting untuk Anda pertimbangkan dimana sangat berkaitan dengan kualitas modem WiFi nantinya.

Jangan sampai Anda salah membeli modem WiFi karena tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah, apabila Anda hanya ingin menggunakan modem wireless WiFi hanya untuk bermain internet, Anda bisa membeli router yang biasa saja.

Namun, apabila Anda ingin menggunakan modem wireless WiFi untuk bermain game online, streaming atau yang lainnya, sangat disarankan untuk membeli router yang terbaik dan lebih kuat agar kualitas dari modem WiFi yang Anda dapatkan bisa maksimal.

2. Perhitungkan budget yang Anda miliki saat ini
Salah satu kendala saat Anda ingin membeli modem WiFi dengan kualitas yang tinggi adalah budget yang dimiliki. Memang, modem wireless WiFi yang memiliki kualitas tinggi dibandrol dengan harga yang tinggi pula, menyesuaikan dengan spesifikasi dan kualitas yang diberikan.

Namun, bukan tidak mungkin jika ada modem wireless WiFi yang memiliki kualitas baik tetapi dijual dengan harga yang lumayan terjangkau. Nah, untuk memilih modem WiFi yang murah namun berkualitas, rupanya Anda harus benar-benar selektif dan jangan sampai terkecoh.

Hal ini karena saat ini banyak pedagang yang menjual modem wireless WiFi dengan harga yang murah namun memiliki kualitas yang buruk.

3. Pertimbangkan wireless mana yang Anda butuhkan
modem WiFi yang satu ini memiliki banyak standart nirkabel yang Anda butuhkan. Sebelum membelinya, pertimbangkan dengan baik computer yang telah Anda beli dengan kebutuhan wireless yang Anda inginkan.

Beberapa standart nirkabel yang ada di pasaran yaitu 802.11a, 802.11b, 802.11ac. Pastinya, beberapa jenis nirkabel tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, apabila Anda menginginkan kecepatan networking yang tinggi, Anda bisa memilih nirkabel dengan tipe 802.11ac.

Standart nirkabel yang satu ini memiliki kecepatan akses internet yang lebih cepat dibanding dengan standart nirkabel yang lainnya. Nah, standart wireless nirkabel yang satu ini merupakan yang terbaik apabila Anda menginginkan modem WiFi dengan kualitas yang tinggi.

4. Perhatikan kecepatan internet yang Anda butuhkan
Untuk mempertimbangkan dan memperhatikan kecepatan internet dari modem WiFi yang akan Anda beli, Anda bisa dengan mudah mengetahuinya karena telah tertera di Mbps (Megabite per second).

Pastinya, jika Anda bekerja dengan menggunakan internet atau hanya sekedar melakukan streaming ataupun yang lainnya, Anda diharuskan untuk memilih modem wireless router yang terbaik dan memiliki kualitas yang bagus.

Dengan menggunakan modem WiFi yang berkualitas tinggi, tentunya akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih cepat selesai.

5. Pertimbangkan keamanan
Tak hanya harus mempertimbangkan kecepatan internet beserta kualitas yang bisa Anda dapatkan. Namun, mempertimbangkan modem WiFi yang akan Anda beli juga sangat penting untuk Anda lakukan.

Nah, saat ini standart keamanan baru dari modem wireless WiFi yaitu WPA2. Jadi sebelum membeli dan memasang modem wireless WiFi sangat penting untuk memperhatikan keamanannya.

6. Perhatikan merk router yang berkualitas
Sebagian dari Anda pasti bingung, modem WiFi apa yang paling berkualitas saat ini. Bagi Anda yang ingin membeli modem wireless berkualitas tinggi, kini Anda tak perlu merasa bingung lagi. Hal ini karena ada banyak merk modem WiFi yang memberikan kualitas terbaik bagi para penggunanya.

Beberapa merk modem WiFi yang sekarang ini sedang laris di pasaran ialah TP-LINK, Prolink, ASUS, TRENDnet, Securifi dan masih banyak yang lainnya. Pastinya, Anda bisa memilihnya sendiri sesuai dengan kebutuhan.

7. Pilihlah router yang Anda butuhkan
Saat Anda akan membeli router yang Anda butuhkan, terlebih dahulu untuk mempertimbangkan modem wireless WiFi dari berbagai aspek. Mulai dari kualitas, merk hingga budget yang Anda miliki saat ini.

Apabila Anda memiliki budget yang kurang untuk membeli modem WiFi dengan kualitas tinggi saat ini, alangkah baiknya Anda untuk bersabar dan mulai menabung untuk membelinya lain waktu.

Namun, jika Anda sudah memiliki budget yang cukup, jadi tunggu apa lagi? Anda bisa bebas membeli merk modem wireless WiFi yang Anda butuhkan.

8. Perhatikan aksesoris lainnya yang digunakan
Nah, sebelum membeli modem wireless WiFi, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa aksesoris lainnya yang bisa digunakan. Biasanya, beberapa aksesoris tambahan yang bisa dipasangkan dengan router adalah printer, hard driver, televise serta beberapa perangkat lainnya.

9. Harga modem wireless WiFi
Harga dari modem wireless WiFi ini sangat bervariatif di pasaran. Ada modem WiFi yang hanya dijual dengan harga 200 ribuan dan ada modem WiFi yang dijual hingga 3 jutaan. Pastinya, dengan berbagai macam harga yang ditawarkan tersebut, mereka juga memiliki kualitas yang berbeda-beda.

Untuk bisa mendapatkan sebuah modem wireless WiFi yang berkualitas, sebagai konsumen, Anda dituntut untuk lebih jeli sebelum dan saat membelinya. Hal ini dikarenakan, banyak sekali penjual modem WiFi yang ingin meraup keuntungan besar dengan menjual modem wireless WiFi dengan kualitas yang buruk.

Nah, semoga beberapa tips yang telah disajika di atas dapat membantu Anda untuk memilih modem wireless WiFi yang berkualitas. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah jangan mudah tertipu dengan modem WiFi yang memiliki harga murah namun kualitas tinggi.

Share It →