Tips Antistres Membawa Si Kecil ke Restoran Pertama Kali

HASBIHTC – Memiliki balita bukan berarti Anda dan pasangan tidak bisa makan di restoran. Ketika membawa balita ke restoran, kita sering was-was bagaimana seandainya dia bosan dan mulai merengek mengajak pulang. Atau bagaimana kalau Anda pada akhirnya tidak bisa rileks karena harus repot mengurus si kecil

Tips Antistres Membawa Si Kecil ke Restoran Pertama Kali

Ada trik-trik mengajak anak ke restoran untuk pertama kalinya supaya Anda dan keluarga bisa menikmati sepenuhnya. Berikut ini kiat-kiat antistres dari kami.

Siapkan mental

Yang terpenting Anda lakukan adalah menyiapkan mental Anda dan pasangan. Ingatlah anak-anak sangat peka terhadap emosi orang tuanya, dan apa pun sikap Anda akan memengaruhi mentalnya juga.

Membawa si kecil ke restoran untuk pertama kali memang bikin gregetan, tapi ingatlah semua masalah ada solusinya. Tidak perlu pula mengkhawatirkan penilaian negatif orang lain jika si kecil rewel atau menangis. Kebanyakan orang mengerti anak-anak tidak bisa bersikap “sempurna” di restoran. Namanya juga anak-anak.

Bawa semua perlengkapan

Salah satu hal yang bisa membantu Anda menyiapkan mental adalah membawa semua peralatan yang mungkin dibutuhkan, misalnya, baju ganti kalau si kecil menumpahkan minuman. Jangan lupa juga membawa mainan atau buku mewarnai untuk menunggu pesanan makanan.

Jika perlu, karena anak-anak butuh waktu untuk beradaptasi dengan tempat baru, Anda juga bisa membawa selimut atau boneka kesayangannya untuk memberinya rasa aman. Selain itu, karena Anda sudah membawa perlengkapan, Anda merasa siap menghadapi semua skenario yang bisa terjadi, jadi stres pun berkurang.

Pilih waktu yang tepat

Sebisa mungkin, ikuti ritme si kecil. Hindari pergi ke restoran pada jam tidur siangnya atau terlalu larut malam untuk ukuran di kecil. Anak yang capek dan mengantuk tetapi tidak bisa tidur nyaman biasanya mengekspresikan perasaannya dengan menjadi gelisah dan rewel.

Selain itu, pilih waktu di mana dia biasanya makan. Anak yang pergi ke restoran tapi tidak lapar akan merasa bosan dan memilih untuk “beraktivitas” alias berlari-lari di restoran. Semua ini bisa dihindari jika Anda memilih waktu yang pas dan sesuai dengan jadwal si kecil.

Pilih tempat yang sesuai

Tidak semua tempat cocok untuk membawa balita untuk pertama kalinya. Yang paling aman adalah membawa si kecil ke restoran keluarga di mana staf dan tamu-tamu lain sudah terbiasa dengan tingkah laku anak-anak.

Baca ulasan tentang tempat tertentu di internet untuk mengetahui apakah pegawainya ramah terhadap anak-anak, apakah ada menu khusus anak-anak, atau bahkan apakah ada ruang spesial untuk bermain. Di sini, Anda harus bersikap realistis. Jika restoran kesukaan Anda tidak terlalu mengakomodasi anak-anak, sebaiknya pilih tempat lain.

Lakukan ritual makan seperti di rumah

Dengan mengikuti ritual makan seperti di rumah, anak akan merasa bahwa sebenarnya makan di restoran tidak terlalu berbeda dengan di rumah. Dengan demikian, dia bisa merasa sedikit lega dan nyaman. Jika di rumah Anda mengajarkan 7 langkah cuci tangan yang benar, lakukan pula di restoran.

Makan di tempat lain bukan alasan untuk tidak melakukan kebiasaan baik seperti menerapkan 7 langkah cuci tangan dan membaca doa sebelum makan. Sama halnya dengan aturan-aturan lain yang Anda lakukan di rumah, seperti : tidak boleh memegang ponsel atau tablet sewaktu makan; duduk sopan; tidak berbicara dengan mulut penuh; dan sebagainya.

Dengan membaca kiat-kiat di atas, Anda mungkin berpikir bahwa ada banyak pengorbanan yang harus Anda lakukan. Tapi ingatlah, jika Anda dan pasangan bersikap santai dan optimistis, Anda dan keluarga sangat bisa kok menikmati makan di restoran.

Selain itu, si kecil tidak akan selamanya kecil. Seiring waktu, mengajaknya makan ke restoran akan menjadi semakin mudah. Jadi, nikmati saja semua momen “pertama kali” yang Anda lewati dengan si kecil!

Share It →