Tempat Wisata Populer di Pulau Selayar Sulawesi Selatan

HASBIHTC.COM – Pergi berwisata memang selalu membutuhkan perencanaan yang matang sehingga bisa memiliki lebih banyak waktu menyiapkan segalanya dengan baik. Salah satu persiapan penting ialah menentukan lokasi atau daerah mana yang hendak dikunjungi selama masa liburan tersebut. Berbagai pertimbangan pun dilakukan supaya destinasi wisata yang dipilih memang menjawab kebutuhan liburan tersebut. Indonesia yang kaya akan daerah indah dan kental adat budayanya menawarkan ribuan tempat menarik yang membantu mendapatkan liburan berkualitas.

Wisata ke Pulau Selayar

Sebagai negara kepulauan, Indonesia cukup terkenal sebagai negara dengan suguhan pulau dan pantai cantiknya khas tropis. Beberapa pantai indahnya bahkan menawarkan hamparan pasir putih yang berpadu sempurna dengan birunya air laut. Bagi yang selama ini bosan menyambangi pantai dengan pasir hitam atau coklat, sebagai selingan bisa mencobasensasi ajaib dengan berwisata ke Pulau Selayar. Pulau Selayar berada di wilayah Sulawesi Selatan, dan provinsi di bagian timur Indonesia ini memang dikenal menawarkan banyak pulau dengan pasir putih indahnya.

Taka bonerate

Berkunjung ke Sulawesi Selatan memberikan banyak pilihan gugusan pantai dan pulau yang terlihat indah dan eksotik dengan balutan pasir putihnya. Kabar baiknya lagi, Pulau Selayar menjadi salah satu pulau berpasir putih yang belum terlalu dikenal publik. Alhasil wisatawan yang singgah kemari akan merasakan berkunjung ke pulau pribadi yang masih asri dan sepi. Keindahan Pulau Selayar yang didukung suasana yang tenang menjadi salah satu destinasi bulan madu yang tepat. Kini, untuk menikmati bulan madu romantis tidak perlu jauh-jauh ke negara lain cukup datang ke Pulau Selayar.

Lokasi Pulau Selayar yang Eksotik

Sesuai dengan namanya, Pulau Selayar merupakan salah satu pulau diantara gugusan pulau lain yang terdapat di Sulawesi Selatan. Pulau cantik satu ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Pulau manis ini memiliki beberapa daerah kecamatan, diantaranya adalah kecamatan Bontoharu, Bontomanai, Benteng, Bontosikuyu, dan juga kecamatan Buki. Akses untuk sampai ke pulau ini bisa memanfaatkan transportasi air dari Pelabuhan Pamatata. Pelabuhan ini terdapat di desa Pamatata dan masuk ke dalam kecamatan Bontomatene.

Alternatif lain adalah memanfaatkan transportasi udara, sebab di Kepulauan Selayar memiliki satu-satunya bandara, yakni Bandar Udara H. Aroepalapa yang berada di Dusun Padang, desa Bontosunggu. Kawasan Pulau Selayar memiliki panjang sekitar 80 kilometer yang di dalamnya juga terdapat sebuah taman nasional, bernama Taman Nasional Taka Bonerate. Pada sisi barat Pulau Selayar wisatawan bisa menyaksikan pemandangan berupa bebatuan cadas dan tergolong cukup terjal. Sementara pada sisi selatan sampai ke utara, menjadi area perkebunan rakyat dan juga hutan produksi.

Surga Tropis dengan Deretan Pantai Indah

Lokasi Pulau Selayar memang boleh dikatakan cukup terpencil, mungkin ini pula yang menjadi alasan mengapa pulau cantik ini belum begitu dikenal. Lokasinya yang memang terpencil dan hanya bisa dijangkau menggunakan media transportasi tertentu menjadi faktor pembatas bagi pengunjung. Meski begitu apabila meluangkan waktu datang kesini, maka selain panorama yang terlihat indah meski dari jauh. Pengunjung bisa menemukan banyak pantai cantik berpasir putih yang menawan sekaligus masih terjaga keasriannya sebab tergolong sepi dan aman.

Salah satu pantai cantik yang cukup dekat ialah Pantai Baloiya, yang merupakan pantai indah sepanjang 3 kilometer. Berkunjung ke pantai cantik ini menawarkan pemandangan tropis yang khas sekaligus membagi pengalaman menyaksikan hewan endemik, yakni Tarsius dan juga Celeng. Sebagai pulau yang masih sepi, menjadikan semua spesies hewan endemik tersebut akrab dengan masyarakat setempat. Bukan lagi pemandangan aneh menyaksikan sekumpulan Tarsius ataupun Celeng saling berlarian keluar masuk semak belukar maupun kawasan hutan di dekat Pantai Baloiya.

Keunikan lain yang disuguhkan oleh surga tropis ini adalah keragaman suku asli Sulawesi yang tinggal dan hidup rukun disini. Berkunjung ke Pulau Selayar sekaligus memperkenalkan Kita kepada kehidupan suku Bugis, Mandar, Makassar, yang kesemuanya termasuk suku besar yang tinggal di Pulau Sulawesi. Semuanya berbaur menjadi satu di kawasan Pulau Selayar yang tergolong mungil dengan luas sekitar 80 kilometer saja. Keberagaman adat dan budaya masing-masing suku yang mendiami Pulau Selayar ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Berkunjung kemari bisa menambah wawasan mengenai keberagaman kultural semua suku di Sulawesi.

Kunjungi Taman Nasional Laut Laka Bonerate

Bagi yang tertarik untuk menyambangi Taman Nasional Bonerate, maka terlebih dahulu harus melewati kawasan Pulau Selayar. Taman Nasional Bonerate ini terkenal akan keindahan bawah lautnya dengan keanekaragaman warna dan jenis terumbu karang serta biota laut yang menghuninya. Ada aneka ragam kekayaan kehidupan makhluk hidup di dasar lautnya, sebut saja seperti sponge raksasa, dan juga aneka jenis ikan. Kita bisa menjumpai ikan duyung berukuran besar, ikan tuna, penyu laut, dan juga ikan pari manta yang terkenal memiliki sirip lebar dan juga besar.

Pada dasarnya Pulau Selayar terdiri atas beberapa pulau dan juga atol, sementara Taman Nasional Bonerate menjadi salah satu atol terbesar disini. Bahkan Bonerate menjadi atol terbesar ketiga di tingkat dunia setelah atol di kawasan kepulauan Marshal dan Maladewa. Berkunjung ke Bonerate memberikan kesempatan untuk melihat pulau cantiknya yang sangat terkenal, yakni Pulau Tinabo. Pulau Tinabo sendiri merupakan pusat kegiatan wisata bahari yang akan memanjakan wisatawan yang singgah ke Taman Nasional Bonerate. Sama seperti pulau lainnya, di Pulau Tinabo juga menawarkan pantai berpasir putih dengan topografi yang landai.

Keindahan laut beserta pemandangan di daratan Pulau Tinabo berpadu sempurna dengan lokasinya yang jauh dari pusat kegiatan masyarakat setempat. Sehingga menawarkan pemandangan yang sangat cantik dan bisa dinikmati secara personal seperti pulau pribadi. Aktivitas yang bisa dilakukan di pulau cantik ini ternyata juga sangat beragam, sebut saja snorkeling, diving, dan juga menikmati canoeing. Kegiatan lainnya adalah menikmati moment indah matahari terbit dan juga terbenam yang sangat khas dan mempesona. Soal fasilitas pun tidak perlu cemas, sebab disini ada banyak dive center dan juga penginapan yang beragam jenisnya.

Sensasi Menyelam di Dasar Laut Pulau Selayar

Bagi masyarakat yang berdiam di Pulau Selayar, menjadikan pulau ini bak mutiara yang sangat berharga sehingga dijaga dengan baik. pesonanya mengundang banyak wisatawan dari berbagai daerah maupun negara untuk menikmati sensasi diving dan juga snorkeling. Bagi yang tertantang untuk menikmati kegiatan bahari tersebut bisa meluangkan waktu masuk ke kawasan Selayar Island Resort. Resort ini juga menyediakan dive center, sehingga bagi wisatawan yang belum pernah menyelam bisa belajar dahulu di bawah panduan tenaga ahli. Sementara bagi yang sudah cukup handal dan berpengalaman dalam kegiatan menyelam, maka pemandu akan mengajak ke beberapa spot yang tergolong menantang. Menikmati keindahan dasar laut Pulau Selayar di lokasi yang tergolong menantang akan memberikan pengalaman baru.

Share It →