Tata Cara Meracik Ramuan Tradisional

HASBIHTC.COM – Tata cara meracik ramuan tradisional Meracik ramuan tradisional dimulai dengan memilih bahan dasar, membersihakan, menakar, melumatkan, menyaring, dan mewadahi obat. Pekerjaan meracik dapat diperngaruhi dan kenikmatan ramuan tersebut. Untuk mendapatkan manfaat ramuan yang baik perlu diperhatikan mengenai higiene dan sanitasi selama proses pembuatan ramuan tradisional. Untuk ulasan lengkapnya mengenai cara meracik ramuan tradisional silahkan disimak tahapan tahapan berikut :

Aturan Dan Tata Cara Meracik Ramuan Tradisional

Resep Ramuan Tradisional

Tata Cara Meracik Ramuan Tradisional

1. Memilih Bahan Baku
Bahan baku bisa diperoleh dari hasil panen sendiri atau dengan cara membeli. Jika kita mengambil bahan baku dari kebun obat. Kita sudah bisa merasakan bahwa apa yang akan kita ambil tersebut merupakan ciptaan Tuhan yang Maha Esa yang patut kita syukuri.

Dilihat dari segi warna dan wujud tanaman yang tidak terhingga jumlahnya, maupun dari kegunaan dari tanaman obat tersebut, kita akan mengakui bahwa tidak ada sesuatu yang diciptakan Tuhan dengan secara sia sia semua itu mengandung Manfaat.

2. Membersihkan
Ketika kita membersihkan suatu bahan ramuan harus kita disadari bahwa kebersihan adalah pangkal kesehatan. Namun dibalik itu ada rasa kepuasan jika kita jika kita mampu menyajikan sesuatu dengan bersih. Dengan menghayati dan meresapi proses pembuatan akan dihasilkan ramuan yang bermanfaat.

4. Menakar
Untuk memperoleh khasiat yang sama dalam membuat ramuan, diperlukan takaran yang tepat dari setiap bahan baku. Secara tradisional, kadang kadang takaran hanya menggunakan cara dan alat sederhana, seperti genggam, kepal, atau sebesar ibu jari. Ukuran mengenai ketepatan takaran dan jenis bahan kadang-kadang tidak dapat disamakan untuk meracik ramuan yang satu dengan ramuan lainya.

5. Melumatkan dan Menghaluskan
Melumatkan suatu bahan baku berarti memperkecil ukuran bahan baku tersebut, sehingga kandungan yang ada dalam bahan baku tersebut akan bekerja lebih maksimal dan membiarkan manfaat yang lebih.

Tips meracik ramuan tradisional tentunya kita harus mengunakan bahan-bahan yang Higieni dan sanitasi demi menjamin terwujudnya kondisi yang memenuhi pesyaratan kesehatan.