Tanjung Bira, Surga Tersembunyi di Ujung Selatan Sulawesi

HASBIHTC – Sebagai negara kepulauan, tak pelak menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan banyak pantai indah. Pulau-pulau cantik berjumlah belasan ribu siap menawarkan pesona pantai terbaik, baik yang masih perawan maupun yang sudah dipenuhi wisatawan. Selain Pulau Bali, kini lebih banyak pulau cantik di tanah air yang mulai berbenah dan siap menyambut wisatawan. Pengembangan yang dilakukan memberikan fasilitas yang memadahi bagi wisatawan asing maupun lokal untuk menikmati liburan pantai yang sesungguhnya.

tanjung bira

Berkenalan dengan Kecantikan Pantai Bira

Indonesia yang memiliki segudang lebih pantai cantik memang tidak akan cukup hanya menyebutkan satu atau sepuluh saja. Beberapa pantai cantiknya bahkan masih belum tersentuh sehingga menawarkan wisata pantai secara personal. Terjaga kebersihan dan kealamiannya sekaligus menawarkan suasana yang teduh dan tenang sehingga liburan efektif menghapus stres. Terutama jika mampir ke salah satu pantai di luar Pulau Jawa yang terkenal masih bersih sekaligus asri. Salah satu referensinya ialah Pantai Bira yang merupakan salah satu wisata pantai terbaik di Sulawesi Selatan.

Pantai Bira menawarkan panorama pantai yang khas dan juga eksotik sebab memberikan suguhan hamparan pasir pantai berwarna putih dan bersih. Pantai dengan pasir putih memang menjadi primadona wisata pantai yang menawarkan sensasi dan pemandangan berbeda. Sebagai salah satu pantai yang masih bersih dan terjaga sampai sekarang menegaskan kecantikan panoramanya. Pasir putihnya menyatu dengan sangat indah bersama air laut yang jernih dan dari jauh nampak kebiruan. Berada di kawasan Pantai Bira membersitkan keinginan untuk bermain pasir dan berenang melihat keindahan dasar lautnya yang memang sangat cantik.

Pesona kejernihan air dan pasir putihnya membuat turis asing sering berkunjung ke kawasan Pantai Bira ini dan berasal dari berbagai negara. Tidak heran jika Pantai Bira sendiri disebut sebagai salah satu pantai terbaik dan terpopuler di Sulawesi Selatan. Selain berwarna putih, pasir di pantai cantik ini juga sangat halus bahkan oleh wisatawan yang berkunjung menyamakannya dengan tepung. Tentu akan menawarkan sensasi dan pengalaman berbeda menyusuri garis pantainya yang bening dan bersih. Apalagi dipadukan dengan pemandangan air laut dan terumbu karang yang nampak indah di beberapa titik dekat pantai.

Tekstur pasirnya yang selembut tepung ternyata menjadi ciri khas dari Pantai Bira dan mampu mengundang lebih banyak wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. Pemandangan pantainya pun tidak kalah khas sebab memberikan ciri khas panorama pantai di negara beriklim tropis. Pantai yang membentang dari sisi utara sampai ke selatan ini menawarkan pemandangan memukau deretan pohon kepala yang mempermanis pemandangan pantai berpasir putih. Jejeran pohon kelapa menyatu sempurna dengan deretan perbukitan yang berwarna putih kehitaman sehingga menawarkan panorama yang semakin sempurna.

Kegiatan Seru di Kawasan Pantai Bira

Sebagai pantai yang menyuguhkan panorama yang sangat cantik, tentu tidak akan terasa sempurna jika tidak menawarkan kegiatan tambahan selain menyusuri keindahan bibir pantainya. Sebagai obyek wisata pantai yang berhasil menyedot perhatian turis asing tentunya pemerintah setempat memberikan perhatian lebih. Perhatian ini dibuktikan dengan penyediaan beberapa fasilitas kegiatan khas pantai dan air laut yang bisa dinikmati para wisatawan. Selain jalan-jalan dan berjemur di bawah sinar matahari tropis yang hangat, pengunjung bisa menghabiskan waktu liburan dengan beberapa kegiatan menarik.

Sebut saja kegiatan seperti snorkeling, berenang, dan juga menyelam untuk melihat secara langsung kehidupan biota dasar lautnya yang cantik. Sebagai pantai yang berada di ujung selatan Sulawesi Selatan, memberikan deburan ombak yang pas. Tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah sehingga cocok dan aman untuk kegiatan air seperti berenang dan menyelam. Peralatan yang disediakan oleh pihak pengelola bisa disewa selama beberapa jam untuk kenyamanan menjalankan kegiatan seru tersebut. Berkunjung ke Pantai Bira memang akan menawarkan banyak pengalaman, termasuk sensasi bermain air dan menyelam sampai ke dasar lautannya yang bening.

pantai bira

Kegiatan lain yang juga tidak kalah menarik ialah menyaksikan keindahan matahari terbenam dan juga matahari terbit. Luangkan waktu sejenak menyusuri keindahan pantai di sore hari maka akan menikmati keindahan matahari terbenamnya yang terkenal cantik dan mempesona. Angin laut yang mengalun lembut bersama deburan ombak yang mempermanis suasana akan menawarkan pemandangan sore hari yang memukau. Tak mau kalah, panorama di atas langit saat pagi menjelang ternyata juga tidak kalah rupawan. Sebab peristiwa matahari terbitnya juga menjadi moment yang ditunggu oleh wisatawan setiap fajar menyingsing.

Dimana Tepatnya Lokasi Pantai Bira?

Berencana berkunjung Pantai Bira tidak perlu terlalu cemas, sebab sebagai wisata pantai populer membuat pengunjung tidak kesulitan mampir kemari. Lokasinya berada persis di bagian ujung selatan, provinsi Sulawesi Selatan yang memang cukup menarik. Lebih tepatnya, keindahan Pantai Bira berada di Kecamatan Bonto Bahari, dan masuk ke dalam kawasan Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Apabila disambangi dari pusat kabupaten di Bulukumba, maka pengunjung hanya akan menempuh perjalanan sepanjang 40 kilometer saja. Apabila ditempuh melalui Makassar maka perjalanan yang dilakukan sekitar 200 kilometer.

Akses Menuju Lokasi Pantai Bira

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Pantai Bira menjadi wisata pantai paling terkenal di Sulawesi Selatan. Sehingga akses untuk menuju ke lokasinya yang indah tidak akan terlalu sulit dan bahkan bisa sebaliknya. Wisatawan yang berkunjung dari arah Makassar bisa naik angkutan umum dari sebuah kendaraan pribadi. Maksudnya, kendaraan umum di kawasan Makassar memang aslinya mobil pribadi namun dialihfungsikan sebagai angkutan umum. Angkutan umum ini bisa mengantarkan wisatawan sampai ke Bulukumba dengan biaya murah, yakni Rp 35 ribu per orangnya.

Setelahnya bisa oper ke angkutan pete-pete, yang mengantarkan penumpang sampai ke Pantai Bira dengan tarif Rp 10 ribu per penumpang. Bagi wisatawan yang berkunjung memanfaatkan transportasi udara, maka perjalanan diawali dari Bandara Hasanuddin. Setelah turun bisa mencari taksi untuk mengantar sampai ke Terminal Malengkeri dengan biaya sekitar Rp 40 ribu saja. Sesampainya di terminal bisa langsung oper dengan bus jurusan Bulukumba ada pula bus yang langsung menuju ke Tanjung Bira. Berkunjung Pantai Bira sebaiknya tidak terlalu malam, sebab angkutan umum beroperasi maksimal sampai sore hari. Sehingga perlu perencanaan matang supaya tidak kesorean.

Tiket Masuk Beserta Akomodasi di Pantai Bira

Pengunjung yang hendak masuk ke kawasan pantai cantik berpasir putih ini tidak perlu membayar terlalu mahal. Satu pengunjung hanya dikenai biaya masuk Rp 10 ribu per orang, sehingga tergolong murah meriah apalagi suguhan pemandangannya memang rupawan. Sementara untuk wisatawan yang hendak bermalam tidak perlu risau sebab fasilitas dan akomodasi di kawasan Pantai Bira saat ini sudah sangat memadahi. Ada banyak kegiatan pantai yang bisa dilakukan dengan perlengkapan yang aman dan bersertifikasi. Pilihan tempat menginapnya pun komplit dan tidak mengecewakan.

Share It →