Tanda Tanda Masa Subur Pada Wanita

Tanda Tanda Masa Subur Pada Wanita, Sebagai salah satu upaya dalam mempercepat keberhasilan program kehamilan Anda adalah dengan mengetahui kapan wanita Anda mengalami masa subur. Beberapa manfaat mengetahui masa subur, seperti Menilai waktu terjadinya ovulasi, Memprediksikan hari-hari subur yang maksimum, Mengoptimalkan waktu untuk hubungan seksual guna mendapatkan kehamilan, Membantu mengidentifikasi masalah infertilitas.

Lantas bagaimana cara mengetahui masa subur? berikut admin akan menjelaskan beberapa metode untuk mengetahui ciri ciri wanita dalam masa subur. Yang di maksud disini tentang ciri-ciri masa subur wanita adalah tanda-tanda wanita memang sedang dalam masa subur. Bukan dalam artian makna secara umum.

Tanda Tanda Wanita Sedang dalam Masa Subur

Masa Subur Wanita

Tanda Tanda Wanita Dalam Masa Subur

1. Peningkatan Suhu Tubuh
Masa subur wanita dengan siklus haid normal adalah hari kedua belas hingga hari keenam belas sejak haid pertama. Selain dengan menghitung secara kalender, masa subur wanita dapat diketahui dengan adanya peningkatan suhu tubuh. Peningkatan tersebut terjadi bukan karena wanita dalam keadaan tidak sehat, akan tetapi dalam keadaan sehat seperti biasanya.

Peningkatan suhu tubuh yang terjadi adalah sekitar 0,2 derajat Celcius setiap hari selama sepuluh hari berturut-turut. Tips Anda dapat meletakkan alat ukur suhu badan [Termometer] pada bagian bawah ketiak pada pagi hari demi untuk mengetahui peningkatan suhu tubuh Anda.

2. Cairan Serviks Mengalami Perubahan
Wanita pada masa subur memiliki cairan serviks yang mirip dengan putih telur, ciri-cirinya yakni cairan serviks cair, kenyal dan lebih jernih dari biasanya. Pada kondisi yang sedang tidak subur keadaan cairan serviks terlihat lebih kental. Bahkan Kadang kala cairan serviks Mengalami perubahan tidak keluar sama sekali.

3. Terjadinya Flek
Ketika masa subur kadang kala wanita mengalami bercak-bercak darah yang tertinggal di celana dalam. Hal ini sering terjadi pada masa subur.

4. Perut Terasa Kembung
Di masa subur, anda mungkin merasa bahwa celana Anda terasa sempit, meskipun tidak sedang kekenyangan atau berat badan naik. Hal ini biasa terjadi karena pada masa ovulasi ini tubuh sedang meyimpan air dalam kondisi yang banyak.

5. Bergairah Tinggi
Ketika melakukan hubungan intim di masa subur, wanita akan terlihat lebih bergairah dari biasanya. Hal ini akan berakibat pada wanita yang selalu ingin melakukan hubungan pada masa suburnya. Sangat wajar gairah meningkat berarti keinginan untuk melakukan hubungan badan juga meningkat.

Tanda Tanda Wanita Sedang dalam Masa Subur

Masa Subur Wanita

6. Perubahan Posisi Serviks
Ketika sedang ovulasi (masa subur wanita), posisi serviks dapat dijangkau dengan jari. Sedangkan pada saat tidak berovulasi, posisi serviks ini jauh lebih ke atas, sehingga tidak dapat tersentuh. Untuk menguji hal ini, Anda dapat memasukkan jari Anda secara lurus ke dalam Miss V. Jika memang sedang dalam masa subur, maka Anda akan dapat menyentuh bagian ujung serviks, rasanya seperti bagian ujung hidung.

7. Melunaknya Payudara
Kondisi masa subur ini hampir sama dengan kondisi kehamilan, sehingga banyak sekali hormon yang berkumpul pada masa ini. Dengan begitu, payudara akan terasa lebih lunak dari hari biasanya.

8. Menggunakan Alat Tes Ovulasi
Alat Tes Ovulasi ini gunanya sangat mirip dengan test pack dalam pengujian kehamilan. Dengan menggunakan alat ini maka validitas bahwa anda sedang subur memang tak perlu diragukan. Tapi sayang harganya boleh dibilang lumayan mahal.

Jika siklus menstruasi tidak teratur
Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Tanda Tanda Wanita Sedang dalam Masa Subur

Masa Subur Wanita

Rumus Masa Subur :
Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh Masa Subur:
Seorang wanita mendapat haid dengan siklus terpendek 25 hari dan siklus terpanjang 30 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya).
Langkah 1 : 25 – 18 = 7
Langkah 2 : 30 – 11 = 19
Jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-7 sampai hari ke-19.

Demikian Ulasan Artikel Kesehatan Wanita mengenai ciri ciri masa subur wanita yang dapat kami jelaskan. Semoga Anda para ibu ibu dapat menarik kesimpulan mengenai ciri ciri masa subur pada wanita.  semoga Anda dapat menentukan masa hamil  agar dapat memperoleh keturunan, semoga bermanfaat.