Tana Toraja Wisata Indonesia yang Mendunia

HASBIHTC.COM – Setiap daerah di Indonesia menyimpan pesona wisata tersendiri, dan setiap daerah memiliki ikon obyek wisata yang diunggulkan. Menjelajahi nusantara akan menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan sebab kaya akan pesona. Pesona yang ditawarkan meliputi pesona keindahan alamnya yang khas, pesona kuliner khas di setiap daerah, sampai kepada budaya lokal dan keramahan masyarakat daerahnya. Wisatawan asing bahkan merasa kurang puas berkunjung ke satu tempat di Indonesia, sebab sebagai negara tropis disini wisatawan bisa menjumpai beragam pesona alam.

Negeri diatas awan

Keindahan Alam Suguhan Tana Toraja

Kali ini hasbihtc akan sedikit menguak mengenai pesona yang ditawarkan olah Tana Toraja yang berada di wilayah Sulawesi Selatan. Tana Toraja menjadi destinasi favorit tersendiri bagi para wisatawan sebab menawarkan magnet berupa kebudayaan dan adatnya yang sangat kental. Kawasan Tana Toraja juga dikenal memiliki panorama alam yang masih terjaga keasriannya sebab hijau dan tanahnya subur makmur. Berbagai jenis tanaman dan pepohonan bisa dijumpai disini dan tumbuh menjulang dengan sangat suburnya. Tak heran jika sepanjang kawasan Tana Toraja pengunjung atau wisatawan akan mendapatkan suguhan pemandangan khas alam.

Selain itu ada pesona lain yang berkaitan erat dengan budayanya, tak ayal saking kentalnya adat budaya di Tana Toraja membuat wisatawan merasakan sensasi mistis. Namun, alih-alih wisatawan takut dan ngeri justru menjadikan sensasi mistis ini sebagai daya tarik yang membuat mereka ingin singgah kembali. Masyarakat yang tinggal di Tana Toraja, dikenal sebagai suku Toraja yang memiliki kebudayaan dan adat yang sangat khas. Bahkan jika diperhatikan dengan seksama cara mereka hidup dan keyakinan yang dipegang teguh mirip dengan masyarakat di Nias.

Keunikan dan keteguhan keyakinan dan adat istiadat inilah yang menjadikan Tana Toraja sebagai salah satu situs warisan budaya dunia oleh UNESCO. Keteguhan ini memberikan pemandangan khas bagi wisatawan yang bisa melihat langsung berbagai upacara adat dan keagamaan. Kemudian disertai dengan beberapa atraksi khas sekaligus tarian yang memikat dan hanya bisa dijumpai apabila singgah ke Tana Toraja. Pesona lainnya adalah keindahan bangunan rumah adat yang nampak unik sekaligus indah dengan warna dan motif pada setiap papan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun asing.

Pesona Lokasi Wisata Menarik di Tana Toraja

Selain menawarkan sajian adat dan kebudayaan, wisatawan yang berkunjung tidak hanya menikmati upacara adat dan kehidupan sosial suku Toraja saja. Sebab berkunjung ke Tana Toraja juga menyajikan pesona berbagai obyek wisata yang populer dan bahkan mendunia. Kepopuleran Tana Toraja sendiri karena kehidupan suku aslinya, yakni suku Toraja yang masih mempertahankan gaya hidup yang khas. Gaya hidup Astronesia seperti yang terjadi pada masyarakat suku asli Nias, memang menjadi ciri khas kunjungan wisata kesini. Apalagi ditunjang pula oleh keberadaan obyek wisata yang sayang jika tidak disambangi karena indah sekaligus menarik.

Bagi yang sudah menyusun rencana pergi berlibur untuk melihat atau datang langsung Tana Toraja, berikut beberapa referensi obyek wisata menarik yang sebaiknya disambangi:

1. Pesona rumah adat Pallawa
Berkunjung ke sebuah daerah, terutama yang ditinggali oleh masyarakat yang masih memegang teguh adat dan istiadat leluhur. Tentu menyuguhkan banyak pesona, salah satunya ialah rumah adat yang setiap daerah memiliki ciri khas yang kental. Berbeda dengan daerah lain di Pulau Jawa yang sekarang sudah jarang masyarakat membangun rumah adat sebagai tempat tinggal. Berkunjung ke Tana Toraja akan memberikan kesempatan melihat langsung kekokohan rumah adat bernama Pallawa.

Pallawa memiliki bentuk atap menyerupai tanduk kerbau yang melengkung pada bagian tengah, dan meruncing pada bagian kedua ujungnya. Dibuat dari bahan alami berupa batang kayu dan dedaunan yang berasal dari sekitar pemukiman warga suku Toraja. Sentuhan menarik ialah terdapat pada seni warna dan motif ukiran yang sekaligus mempercantik tampilan Pallawa. Keunikan lainnya adalah pembangunan rumah adat yang dibuat berjejer, sehingga membentuk kompleks seperti perumahan di masa modern seperti sekarang. Masing-masing rumah adat akan dipasang satu tanduk kerbau di bagian ujung rumah pada bagian atap depan.

2. Makam khas Tana Toraja yakni Tonda
Wisatawan yang berkunjung ke Tana Toraja mayoritas sudah menyusun jadwal kunjungan dan menempatkan Tonda sebagai prioritas. Mengapa? Sebab disinilah wisatawan bisa menyaksikan sistem pemakaman yang khas dan masih dipegang teguh oleh suku Toraja hingga sekarang. Berbeda dengan model atau desain pemakaman seperti di zaman sekarang. Area pemakaman merupakan bebatuan curam yang membentuk dinding raksasa dan dibuat lubang-lubang berbentuk persegi. Pada masing-masing lubang kotak inilah berjejer peti jenazah yang disusun berdasarkan garis keluarga.

Kali pertama berkunjung ke Tonda, biasanya akan muncul kesan seram sebab merupakan area pemakaman yang memiliki nuansa mistis. Bebatuan yang berwarna gelap dengan sedikit hiasan lumut menjadikan peti jenazah terlihat menyeramkan. Beberapa jenazah bahkan diletakkan begitu saja membentuk barisan rangka di beberapa area. Ditambah lagi dengan kehadiran banyak patung yang terbuat dari batang pohon yang diukir menyerupai manusia. Meski terkesan suram sekaligus suram, namun berkunjung kemari menawarkan pemahaman akan kekayaan budaya di tanah air.

3. Pesona Ke’te Kesu
Berlibur ke Tana Toraja sebaiknya juga tidak melupakan untuk mampir dan melihat pesona dari lokasi wisata bernama Ke’te Kesu. Kawasan wisata ini menawarkan banyak rumah adat khas Sulawesi Selatan, selain itu pembangunan rumah adatnya dibuat berjejer dan rapi. Sehingga memudahkan pengunjung untuk melihat detail masing-masing rumah adat khas di daerah Sulawesi. Selain menyuguhkan deretan rumah adat, pengunjung juga bisa sekaligus melihat kuburan tebing, tau-tau, dan juga kuburan gantung. Tau-tau merupakan sebuah perkampungan yang ditinggali oleh suku Toraja, sehingga wisatawan bisa melihat langsung masyarakat memakai pakaian adat dan beraktivitas sehari-hari.

4. Batu Tumonga
Berkeinginan untuk menyaksikan secara langsung keindahan alam di kawasan Tana Toraja bisa terealisasikan dengan mampir ke Batu Tumonga. Batu Tumonga dikenal juga sebagai negeri di atas awan, sebab penduduknya tinggal di atas pegunungan. Berada di lereng Gunung Sesean, Kita bisa melihat langsung keindahan pusat kota Rantepao, bahkan terlihat sangat indah di malam hari dengan gemerlapnya lampu di setiap rumah penduduk. Disini dikenal sebagai lokasi wisata yang menyuguhkan panorama alam terindah di Tana Toraja dan wajib untuk dikunjungi.

Sentuhan magis masih sangat terasa ketika berkunjung ke Batu Tumonga, sebab selain menawarkan pemandangan Rantepao dari atas. Pengunjung juga bisa melihat makam batu kuno yang seolah menjadikan Batu Tumonga sebagai rumah pemakaman. Perbukitan yang terbentang terlihat semakin indah dengan adanya puncak-puncak rumah adat Toraja, yakni Tongkonan. Berkunjung kesini dianjurkan dilakukan pada pagi hari untuk melihat betapa indah pemandangan khas daerah lereng gunung. Ditambah sentuhan magisnya yang akan menghipnotis dalam sekejap.

Share It →