Siklus Perkembangan Janin dalam rahim

Siklus Perkembangan Janin dalam rahim atau kandungan dari tahap demi tahap, minggu ke minggu. Seperti apakah perkembangan janin di rahim?, proses perkembangan janin di rahim?. Betapa maha besar kekuasaan tuhan semesta alam, Gambarya ini bisa dijadikan bahan pembelajaran buat sobat yang menempuh pendidikan di bidang kesehatan. Ok langsung aja simak di bawah ini:

Siklus Perkembangan Janin dalam rahim

Janin usia 8 Minggu

Siklus Perkembangan Janin dalam rahim

janin 8 minggu

Seluruh organ tubuh utama bayi telah terbentuk meskipun belum berkembang sempurna. Mata dan telinga mulai terbentuk. Jantung berdetak kuat. Dengan ultrasound kita dapat melihat jantung janin berdenyut.

Janin usia 12 Minggu
janin 12 minggu

Siklus Perkembangan Janin dalam rahim

foto janin 12 minggu

Panjang janin sekarang sekitar 6,5 cm dan bobotnya sekitar 18 gram. Kepala bayi menjadi lebih bulat dan wajah telah terbentuk sepenuhnya. Jari-jari tangan dan kaki terbentuk dan kuku mulai tumbuh. Bayi mulai menggerak-gerakkan tungkai dan lengannya, tetapi ibu belum dapat merasakan gerakan-gerakan ini.

Janin usia 16 Minggu
foto janin 16 minggu

Siklus Perkembangan Janin dalam rahim

foto janin 16 minggu

Panjang janin sekarang sekitar 16 cm dan bobotnya sekitar 35 gram. Dengan bantuan scan, kita dapat melihat kepala dan tubuh bayi, kita juga dapat melihatnya bergerak-gerak. Ia menggerak-gerakkan seluruh tungkai dan lengannya, menendang dan menyepak. Inilah tahap paling awal di mana ibu dapat merasakan gerakan bayi. Rasanya seperti ada seekor kupu-kupu dalam perutmu. Tetapi, ibu tidak perlu khawatir jika belum dapat merasakan gerakan ini. Jika si bayi adalah anak pertama, biasanya ibu agak lebih lambat dalam merasakan gerakannya.

Janin usia 20 Minggu
janin 20 minggu

Siklus Perkembangan Janin dalam rahim

foto janin 20 minggu

Bayi masih berenang-renang dalam lautan air ketuban. Ia tumbuh dengan pesat, baik dalam bobot maupun panjangnya yang sekarang telah mencapai 25 cm, yaitu separuh dari panjangnya ketika ia dilahirkan nanti dan bobotnya sudah sekitar 340 gram. Bayi membuat gerakan-gerakan aktif yang dapat dirasakan ibu. Mungkin ibu memperhatikan ada saat-saat di mana bayi tampaknya tidur, dan saat-saat lain di mana ia melakukan banyak gerak.

Janin usia 24 Minggu

Siklus Perkembangan Janin dalam rahim

foto janin 24 minggu

Sekarang panjang bayi sekitar 32 cm dan bobotnya 380 gram. Ibu dapat merasakan bagian-bagian tubuh bayi yang berbeda yang menyentuh dinding perutnya. Otot rahim ibu meregang dan terkadang ibu merasakan sakit di bagian perutnya.

Janin usia 30 Minggu

Siklus Perkembangan Janin dalam rahim

foto janin 30 minggu

Kepala bayi sekarang sudah proporsional dengan tubuhnya. Ibu mungkin mengalami tekanan di bagian diafrakma dan perut. Sekarang bobot bayi sekitar 1700 gram dan panjangnya sekitar 40 cm.

Janin usia 36 Minggu

Siklus Perkembangan Janin dalam rahim

foto janin 36 minggu

Bayi sudah hampir sepenuhnya berkembang. Sewaktu-waktu ia dapat turun ke rongga pinggul ibu. Kulit bayi sudah halus sekarang dan tubuhnya montok. Apabila ia bangun, matanya terbuka dan ia dapat membedakan antara terang dan gelap. Sekarang panjang bayi sekitar 50 cm dan bobotnya berkisar antara 2380 hingga 4380 gram.

Janin usia 37 hingga 42 Minggu

Bayi siap lahir. Ibu tidak perlu khawatir jika bayinya tidak lahir tepat pada waktu yang telah diperkirakan. Persentasenya hanya 5% bayi lahir tepat pada tanggal yang diperkirakan. Waktu yang telah lama dinanti hampir tiba dan si bayi akan segera melihat dunia. Sementara itu, rambut lanugo (= rambut badan) bayi telah lenyap meskipun mungkin masih ada yang tersisa di punggung dan dahinya. Sebagian bayi lahir agak terlalu cepat, sebagian lainnya agak sedikit terlambat, tetapi mereka sungguh lahir! Baiklah, selamat berbahagia dan bersukacita atas kelahiran si mungil di tengah-tengah kita!
Siklus Perkembangan Janin dalam rahim Semoga bermanfaat.
NB. Bagi tertarik pengen melihat Vidio Siklus Perkrmbangan janin Silahkan Klik DISINI

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com

   

One thought on “Siklus Perkembangan Janin dalam rahim

  1. ANNISA NOOR ROHMAH says:

    MAHA BESAR ALLAH YG TELAH MENCIPTAKAN ALAM RAHIM ,yg menjadi alam ke dua bagi manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>