Senyum Indah di Balik Kawat Gigi

HASBIHTC.COM – Senyum Indah di Balik Kawat Gigi Orthodonti, atau biasanya lebih dikenal sebagai kawat gigi, adalah ilmu kedokteran gigi yang bertujuaan untuk memperbaiki letak atau posisi gigi agar didapatkan hubungan yang ideal antara rahang atas dan bawah sehingga fungsi estetis, pengunyahan ataupun bicara menjadi maksimal. Keberhasilan dari perawatan Orthodonti biasanya mencapai 90 hingga 99%. Tapi yang lebih penting adalah perawatan setelah pemasangan kawat. Ini dilakukan untuk mencegah letak gigi yang sudah berubah ke tempat baru akan balik lagi posisinya ke tempat semula. Sehingga dibutuhkan alat yang disebut retainer atau penahan.

Namun, bagi pemakai kawat gigi berusia anak-anak, justru kawat gigi dengan penahan karetlah yang sangat disukai. Karena karetnya berwarna-warni dan dapat diganti sesuai warna kesukaan pemakainya. Padahal, fungsi sesungguhnya adalah sebagai penahan dari kawat gigi.

Kawat gigi

Senyum Indah di Balik Kawat Gigi

Makanan Terlarang Bagi Si Pengguna Kawat Gigi
Ada beberapa makanan terlarang yang sebaiknya dihindari. Hal ini tidak semata demi keselamatan gigi, maupun juga untuk kawatnya sendiri. Apa saja makanan yang patut Anda hindari? Ini dia daftar makanan terlarang yang dirangkum Carefair, untuk Anda si pemakai kawat gigi.

1. Makanan keras dan sulit digigit
Jenis makanan yang satu ini hanya bisa membuat Anda sengsara. Wajar saja selama memakai kawat gigi, gigi selalu mengalami pergerakan sehingga kedudukannya agak goyah. Jika dipaksakan menggigit makanan yang agak keras, tentunya gigi akan ngilu. Tapi hal ini tidak berarti Anda cuma bisa mengonsumsi makanan lembut, seperti bubur. Anda tetap bisa memakan apel, tapi sebaiknya tidak langsung menggigit buahnya. Potong-potong terlebih dahulu dalam ukuran kecil apel yang ingin Anda makan. Hal ini perlu Anda lakukan supaya kerja gigi tidak terlalu berat atau Anda bisa mengolah apel dalam bentuk jus.

2. Makanan yang meninggalkan noda
Bila Anda memakai kawat permanen dengan karet warna putih atau transparan, akan lebih baik menghindari makanan yang berpotensi meninggalkan noda. Seperti nasi kuning. Kandungan kunyit pada nasi kuning dapat membuat karet di kawat gigi berubah menjadi kuning. Dan hal ini tentu saja bisa menimbulkan kesan jorok.

3. Makanan yang mengandung Gula
Makanan manis memang kerap terlihat menggoda disantap. Tapi hati – hati , makanan ini memberikan dampak tidak baik bagi gigi Anda. Untuk itu, hindarilah makanan manis seperti karamel atau permen, terutama bila memakai kawat gigi permanen. Makanan manis cenderung lengket sehingga sulit dibersihkan. Terlebih jika sudah menyelip di sela-sela kawat gigi. Jika lupa membersihkannya, dikhawatirkan sisa makanan akan terus mengendap dan akhirnya membuat gigi berlubang. Bila sangat ingin makan permen karet, pilih permen karet yang tidak hanya manis, tapi juga menyehatkan dan bisa mengikat bakteri.

Demikianlah ulasan dari saya mengenai Senyum Indah di Balik Kawat Gigi Makanya perhatikanlah kesehatan untuk gigimu yang menggunakan kawat gigi. Ini saran yang bagus loh semoga dapat bermanfaat.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com

Share It →