Sejuta Manfaat Buah Cendana untuk Kehidupan

HASBIHTC.COM – Apakah Anda tahu apa itu buah cendana? Buah ini sangat populer sekali ketika pada saat masa pemerintahan Presiden Soeharto. Penyebabnya adalah karena rumah Beliau yang berada di Jalan Cendana. Ternyata buah ini memiliki banyak sekali manfaat sehingga bisa menjadikan kita lebih baik lagi. Manfaat buah cendana memang belum banyak disadari orang karena sulitnya menemukan buah ini sehingga membuat banyak orang tidak mengetahui khasiat buah ini. Memang untuk menemukan buah ini bukan perkara mudah karena buah ini sudah cukup langka. Kebanyakan pohon dari buah ini ada di hutan.

Kehidupan Pohon Cendana
Pohon Cendana memang sangat sulit dikembangkan karena akarnya yang sangat sulit bertahan sehingga membuat pohon ini sangat sulit sekali dikembangkan. Saat ini pohon ini sering sekali ditemukan di daerah Nusa Tenggara Timur dan juga di Pulau Timor. Banyak orang yang mencari pohon ini karena manfaat buah cendana yang sangat kaya dan juga harga dari pohon ini cukup mahal. Untuk dapat menemukan pohon ini saja sulit sehingga harga pun semakin tinggi juga.

Buah Cendana

Manfaat Buah Cendana Bagi Kesehatan

Kayu Cendana
Salah satu dari manfaat buah Cendana yang bisa kita ketahui berasal dari kayu cendana yang sangat terkenal sekali. Kayu cendana sangat terkenal sekali karena kayu ini memiliki wangi yang sangat khas. Tidak jarang furniture yang menggunakan kayu ini memiliki harga yang tinggi karena selain dapat membuat furniture tampak indah, satu lagi yang akan membuat furniture dan seisi ruangan akan terasa wangi. Wangi dari kayu cendana ini memang sangat khas sekali sehingga banyak rumah kuno yang menggunakan kayu ini untuk furniturenya.

Ada sejumlah manfaat buah Cendana yang bisa dirasakan dari kayu ini. Berikut ini adalah manfaat yang akan dirasakan antara lain:

  • Bahan baku meubel, ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi karena memang sangat banyak sekali orang atau pengusaha yang menggunakan bahan baku kayu cendana ini. Meubel dari bahan kayu cendana ini harganya memang sangat tinggi sekali.
  • Bahan baku parfum, karena kayu cendana memiliki wangi yang sangat khas maka tidak jarang kayu ini atau minyak dari kayu ini dijadikan salah satu bahan untuk minyak wangi.
  • Bahan baku kerajinan tangan, tidak jarang kita menemukan bahan baku dari kerajinan tangan yang menggunakan bahan kayu cendana sehingga kerajinan tangan ini juga akan memiliki wangi yang khas.

Buah Cendana
Masih banyak orang yang belum pernah melihat tekstur dari buah ini yang pasti banyak menjadi teka-teki. Buah Cendana memiliki bentuk bulat-bulat dengan diameter yang tidak besar hanya sekitar 2-3 cm diameternya. Buah ini jika sudah matang akan berwarna merah. Biasanya buahnya akan tumbuh menempel bersama dengan buah lainnya sehingga akan memberikan warna yang menarik. Selain itu untuk buah yang belum cukup matang biasanya warnanya kehijauan. Ada sejumlah manfaat buah cendana yang sangat baik untuk kehidupan kita.

Manfaat buah cendana untuk kesehatan

Di era yang sudah maju ini banyak juga orang yang mengalami masalah kesehatan akibat adanya keburukan dalam gaya hidup kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah cendana untuk kesehatan yang sangat baik sekali untuk tubuh kita antara lain:

  • Dapat digunakan sebagai zat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, pada buah cendana terdapat zat antiseptik dan juga anti mikroba yang akan sangat baik untuk daya tahan tubuh manusia.
  • Dapat membantu melancarkan buang air kecil, bagi Anda yang menderita gangguan pada saluran buang air kecil maka minyak dari buah cendana ini sangat bagus karena bisa membuat kelancaran pada saluran air kecil ini.
  • Meredakan stress, adanya zat untuk anti depressant pada buah cendana bisa membantu merilekskan otak yang mengalami stress atau depresi.
  • Membantu meredakan disentri dan gangguan peradangan, untuk yang satu ini kita bisa menggunakan kulit kayu cendana lalu dihancurkan.
  • Membantu melancarkan datang bulan, sama seperti sebelumnya kita harus menghancurkan kulit kayu cendana lalu dihancurkan dan direbus lalu air rebusan ini akan sangat berguna.
  • Membantu menjaga kecantikan kulit, untuk kulit yang bermasalah bisa menggunakan buah cendana ini karena dapat mencegah munculnya noda hitam dan juga jerawat.

Begitu banyak manfaat buah cendana yang bisa dirasakan oleh manusia, memang untuk dapat merasakan perawatan menggunakan buah cendana ini cukup sulit karena jarang ditemukan. Tetapi tidak perlu khawatir karena penggunaan buah cendana ini masih bisa kita lakukan jika memang sedang banyak yang menjualnya. Pohon Cendana memang memiliki beberapa bagian yang sangat menarik, bahkan hampir semua bahan ini bisa dimanfaatkan dan juga akan sangat berguna sekali. Salah satu bagian yang bisa dimanfaatkan lagi adalah minyak cendana.

Minyak Cendana
Setelah mempelajari manfaat buah cendana kini adalah saatnya untuk mempelajari salah satu bagian lagi dari pohon cendana yang bisa dimanfaatkan lagi adalah minyak cendana. Berikut ini adalah sejumlah manfaat minyak cendana ini antara lain:

  • Perkembangan anak, minyak ini sangat baik sekali untuk anak-anak karena minyak ini bisa membantu untuk menenangkan anak-anak karena bersifat merilekskan anak-anak.
  • Menghilangkan bau badan, karena wanginya sangat khas minyak ini juga bisa membantu untuk mengusir bau badan yang suka membandel.
  • Membantu mengontrol tekanan darah, ada kandungan yang dapat membantu untuk mengurangi gejala hipertensi pada tubuh seseorang.
  • Membantu mengatasi kejang-kejang, minyak ini memang sangat bisa membuat tubuh menjadi tenang dan juga merilekskan tubuh kita.

Jika sudah mengetahui penggunaan minyak ini maka ada baiknya jika kita mulai mempertimbangkan untuk menggunakan sejumlah pengobatan ini. Wangi khas yang dimiliki kayu cendana ini memang sudah sangat terkenal sekali. Tidak heran juga jika pohon ini banyak dimanfaatkan oleh banyak orang dan juga ada beberapa orang dari luar negeri yang sengaja mencari pohon ini untuk membuatnya menjadi meubel. Selain itu manfaat buah Cendana ini juga bisa membantu seseorang dalam meredakan gejala sakit tertentu.

Merilekskan pikiran menggunakan kayu dan buah cendana ini memang sudah dilakukan oleh banyak orang sejak jaman dahulu. Tidak heran jika ramuan menggunakan kayu Cendana ini memang sudah diturunkan oleh nenek moyang sejak jaman dahulu. Ramuannya juga masih sangat tradisional karena menggunakan bahan alami dan menggunakan cara yang alami pula. Manfaat buah Cendana ini memang sekarang sudah sering ditinggalkan karena adanya banyak obat modern yang membuat seseorang lebih memilih obat modern. Jika kita membandingkan dengan obat modern ini maka pastinya buah cendana akan jauh lebih bermanfaat karena juga merupakan buah yang alami. Jadi perlunya pengembangan pohon ini agar banyak masyarakat yang bisa terbantu dengan adanya buah ini sehingga pengobatan tradisional akan terus dirasakan.

Share It →