Sejarah Singkat Pembudidayaan Tanaman Kopi

HASBIHTC.COM – Sejarah Pembudidayaan Kopi. Siapa yang tidak kenal kopi, minuman seduh yang nikmat dengan warna coklat gelap, hitam, krem dan putih. Kopi diperkenalkan kepada masyarakat dunia sebagai minuman pada abad ke 15, Budidaya ini pertama kali berlangsung di bagian selatan Arabia, yakni negara Etiopia. Kopi adalah salah satu minuman favorit didunia. Dalam catatan manuskrip sejarah kopi, Dunia mencatat kopi pertama kali dikenal sejak abad ke 9 dan terdapat di daratan Ethiopia, dalam perdagangan yang dilaksanakan oleh bangsa arab, pengenalan biji kopi meluas sampai Afrika Utara, Kopi kemudian dibudidayakan secara massal dan penyebarannya mulai merambah ke daratan Asia dan mencapai ketenarannya hingga saat ini sebagai salah satu minuman seduh terfavorit dunia.

Sejarah Pembudidayaan Kopi

Sejarah Pembudidayaan Kopi

Sejarah Pembudidayaan Kopi

Pada tahun 1000M Senyawa kimiawi kopi diteliti oleh bapak ilmu kedokteran (Ibnu Sina), kandungan kopi dibedah dan diteliti untuk diketahui manfaatnya untuk ilmu kedokteran, tahun 1600M kopi mulai merambah masuk ke Daratan Eropa, meski pada waktu itu sempat diharamkan ole Paus Clement ke VIII, yang beranggapan bahwa kopi adalah salah satu budaya luar yang dapat mengancam nilai-nilai agama pada waktu itu.

Dua sumber umum biji kopi yang sangat di favoritkan dan di hormati adalah Biji Kopi Arabika dan Biji Kopi Robusta, kedua jenis kopi ini disinyalir paling nikmat diantara jenis biji kopi lainnya.

Budidaya kopi yang sudah sangat mendunia ini melahirkan salah satu perusahaan kopi ternama dunia, yaitu Starbuck, Starbuck pertama kali dibuka Di Seattle pada tahun 1971 M dan berkembang sehingga mencapai 2000 cabang diamerika serta 5.715 cabang diseluruh dunia (catatan sejarah tahun 1998 M), Starbuck adalah Perusahaan Kedai kopi terbesar didunia hingga saat ini.

Penyebaran Kopi dari timur tengah masuk ke daerah Itali dan kemudian mulai meningkat penyebarannya melalui perdagangan antara Venesia, Afrika Utara, Mesir dan Timur Tengah, Perusahaan The Dutch East India Company adalah perusahaan yang pertama kali melakukan Import Kopi dalam jumlah atau skala yang cukup besar, Belanda membawa tanaman ini ke Pulau Jawa dan ditanam pada masa penjajahannya.

Kopi mulai diperkenalkan di Brazil pada tahun 1727 dan dibudidayakan pada tahun 1822, pembudidayaan secara besar-besaran berlangsung sampai abad ke 19, sampai kondisi yang keras mengakibatkan pemberontakan dan kudeta serta penindasan berdarah petani dan mengalami pemulihan pada pertengahan abad ke 19 dan 20.

Produsen Kopi terbesar dunia menurut catatan data statistik dunia berada di Negara Brazil, yakni mencapai 2.609.040 Ton produksi kopi per tahunnya. Empat Produsen Kopi Paling besar didunia selain Brazil yang menduduki peringkat pertama dalam jajaran Top 5 Produsen Kopi Dunia antara lain Vietnam (2), Indonesia (3), Kolumbia (4) dan Ethiopia (5).

Data lengkapnya dapat anda lihat pada gambar dibawah ini 20 Negara Produsen Kopi Dunia

Sejarah Pembudidayaan Kopi

20 Negara Produsen Kopi Dunia

Konsumsi kopi dunia meningkat dari tahun ke tahun, hal ini membuat harga kopi telah turun lebih dari 50% dari tahun ke tahun. Hal ini bisa menjadi alternatif bisnis yang menjanjikan karena konsumen yang terus meningkat.

Share It →