Sejarah Nomor Punggung Pemain Sepak Bola

Kapan nomor punggung di kostum pemain bola mulai dipakai? Jawabannya, di tanggal 25 Agustus 1928, Arsenal serta Chelsea menorehkan nomor punggung di pakaian mereka waktu bertanding melawan The Wednesday lalu jadi Sheffield Wednesday dan Swansea Town di hari yang sama.

Sesudah berapa kali uji coba – pasti ada pihak kontra yang berasumsi nomor punggung dapat mengakibatkan kerusakan warna kostum – maka Inggris mengambil keputusan memberlakukan nomor punggung untuk wujud permanen dari kostum pesepakbola. Awalannya, sebelas pemain starting menggunakan baju bernomor punggung yang dirunut dari angka 1 sampai 11, serta seseorang pemain bisa memakai nomor punggung tidak sama dalam satu musim.

Walaupun tidak ada aturan pasti yang memastikan nomor punggung mewakili posisi spesifik di lapangan, dengan cara de facto suatu standard sudah nampak serta digunakan beberapa besar tim sepakbola, dengan sebagian pengecualian.

Dengan cara umum beberapa kiper menggunakan nomor punggung 1. Perjanjian tidak tercatat ini hampir di terima dengan cara universal. Bek atau pemain belakang mengunakan nomor 2 serta 6. Beberapa gelandang umumnya menggunakan nomor 4, 6, 7, 8, 10, dan 11 (nomor 11 serta 7 dengan cara tipikal dipakai beberapa pemain sayap kiri serta kanan). Sesaat beberapa striker sukai memakai nomor 9 serta 10, serta terkadang walaupun kurang popular nomor 7, 8, dan 11.

Sejarah Nomor Punggung Pemain Sepak Bola

Nomor Punggung Pemain Sepak Bola

Sejarah Nomor Punggung Pemain Sepak Bola

Ketika system perubahan pemain dikenalkan dalam sepakbola di th. 1965, pemain cadangan mengambil nomor punggung 12 ; waktu pemain pengganti ke-2 diperkenankan, mereka kenakan nomor 14. beberapa pemain saat itu tetap gentar menggunakan nomor 13 lantaran tetap yakin takhyul angka itu dapat menghadirkan sial.

Penggunaan nomor punggung yang diputuskan dengan cara pasti pada setiap pemain dalam suatu skuad dikenalkan pada Piala Dunia 1954. Tiap-tiap pemain dari tiap-tiap negara yang masuk daftar 22 pemain menggunakan nomor punggung spesifik serta sama selama turnamen berjalan. Akhirnya, nomor punggung 12 sampai 22 dapat diberikan pemain yang lain didalam skuad, tiada butuh mencermati posisi pemain berkaitan di lapangan.

Hal semacam ini artinya suatu tim bisa memasukkan pemain untuk starter tiada butuh memprioritaskan pemain bernomor punggung 1 sampai 11. Walau nomor punggung 1 hingga 11 condong diberikan pada beberapa pemain dalam lingkup line-up inti, fakta di lapangan tidak harus mesti demikian dengan beragam jenis argumen. Perumpamaan paling beken yaitu Johan Cruyff yang bersikeras memakai nomor 14.

Sesuai Urutan Alfabet
Timnas Argentina lakukan strategi penomoran waktu Piala Dunia 1978 serta 1982 lewat cara tidak sama, yaitu mengurutkan sesuai sama nama sang pemain dengan cara alphabet. Akhirnya, beberapa pemain di bangku cadangan (bukan hanya penjaga gawang) bisa memakai nomor punggung 1. Belakangan dalam suatu regulasi turnamen diputuskan bahwasanya nomor punggung 1 harus diberikan pada penjaga gawang.

Tubuh sepakbola di Eropa yang pertama kali mengenalkan system nomor punggung dalam suatu kompetisi di liga yaitu FA Inggris, yang mana sosialisasi nomor punggung (serta nama pemain berkaitan diciptakan diatas nomor) dikerjakan pada final Piala Liga Inggris 1993 pada Arsenal versi Sheffield Wednesday.

Belakangan hal semacam ini jadi standard di FA Premier League di musim selanjutnya, lalu umumnya liga-liga top di Eropa baru mengambil system ini lima th. lalu. Saat ini beberapa pemain bebas kenakan nomor punggung berapapun (selama itu jadi representasi ciri khas sang pemain didalam skuad) pada 1 hingga 99. Th. 2003, penjaga gawang FC Porto Vitor Baia jadi pemain pertama yang menggunakan nomor punggung 99 dalam final Liga Champion UEFA. Juga Hicham Zerouali diperbolehkan menggunakan nomor punggung 0 waktu membela club Aberdeen FC di Liga Premier Skotlandia. Tidak heran beberapa fan berikan julukan pada Hicham untuk “Zero. ”

Beberapa pemain bola dengan cara umum tak diperkenankan merubah nomor punggung mereka selama musim. Seseorang pemain baru bisa merubah nomor punggungnya bila ia geser ke club lain di pertengahan musim, lalu club barunya berikan nomor anyar yang tidak sama. Beberapa pesepakbola bisa saja merubah nomor punggungnya di musim tersebut – geser dari nomor besar jadi nomor kecil pada 1 hingga 11 barangkali dengan lihat indikasi bahwasanya club memikirkan sang pemain layak di turunkan dengan cara regular di musim selanjutnya.

Tipikal pemberian nomor punggung diatas berawal waktu formasi 5-3-2 dipakai. Dengan ketetapan tidak tercatat pemberian nomor diawali dari belakang ke depan, dan dari kanan ke kiri :

1. Penjaga gawang, 2. Bek Kanan, 3. Bek Kiri, 4. Bek Sayap Kanan, 5. Bek Tengah, 6. Bek Sayap Kiri, 7. Sayap Kanan, 8. Kanan Dalam, 9. Penyerang Tengah, 10. Kiri Dalam, 11. Sayap Kiri.

Nah pola yang serupa dapat ditemukan dalam nomor punggung beberapa pemain timnas Swedia :

1. Penjaga gawang, 2. Bek Kanan, 3. Bek Tengah Kanan, 4. Bek Tengah Kiri, 5. Bek Kiri, 6. Gelandang Bertahan, 7. Gelandang Kanan, 8. Gelandang Tengah, 9. Gelandang Kiri, 10. Striker, 11. Striker

Sejarah Nomor Punggung Pemain Sepak Bola

Nomor Punggung

Dalam perubahannya nomor punggung kostum berkembang jadi suatu hal yang utama untuk suatu club atau timnas. Hal semacam ini umumnya berlangsung lantaran nomor punggung itu dipakai pemain hebat, serta adalah satu kehormatan besar bila diperkenankan menggunakan nomor punggung yang sama. Suatu perumpamaan menyolok yaitu nomor punggung 7 di Manchester United. Nomor punggung digunakan beberapa pemain hebat di eranya tiap-tiap seperti George Best, Bryan Robson, Eric Cantona, David Beckham, serta saat ini Cristiano Ronaldo.

Sejarah Nomor Punggung Pemain Sepak Bola

Nomor Punggung 8+1

Belakangan di Italia kerap nampak angka di atas 30, barangkali lantaran mau tunjukkan bila dia memiliki hak memperoleh nomor yang di pertimbangkan, ke no 99, lantaran posisi dia sbg striker. Terlebih sempat ada yang nomor punggungnya 8+1. Semoga dengan Artikel diatas Anda sudah tahu tentang Sejarah Nomor Punggung Pemain Sepak Bola