Sebelum Membeli Peralatan Dapur Murah, Lakukan Dulu Hal Berikut

HASBIHTC – Sebagai ibu rumah tangga yang setiap harinya berkecamuk di dalam dapur untuk membuatkan menu makanan keluarga, pastinya sudah sangat mengenal/familiar dengan berbagai perlatan dapur yang ada. Biasanya para ibu rumah tangga juga hobi dalam mengoleksi berbagai peralatan dapur untuk melengkapi koleksi peralatan dapur di rumah. Seringkali dalam berbagai kesempatan, misalnya saat ada bazar, di mall atau ke suatu tempat wisata tertentu, ketika melihat aneka peralatan dapur murah dengan bentuk unik dan menarik, para ibu tak tahan bila tak membelinya.

Wajar sih jika tertarik dengan barang yang terlihat bagus namun harganya murah. Namun harus tetap bijak ya bunda, pertimbangkan banyak hal sebelum membeli, daripada nanti menyesal karena mendapat barang yang sekilas tampak bagus, tapi punya kwalitas dibawah rata-rata. Untuk itu sebelum memutuskan membeli, pertimbangkan dulu hal berikut.

Peralatan dapur

Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Membeli Peralatan dapur Murah

Cek dulu fitur atau kelebihan yang dimiliki

Yang pertama, sebelum memilih peralatan dapur murah pastikan dulu fitur atau kelebihan yang dimiliki peralatan tersebut. Biasanya ada jenis peralatan dapur yang dijual dengan berbagai fitur/kelebihan yang dimiliki, misalnya anti lengket, anti tumpah, anti pecah, anti karat dan lain sebagainya.

Tentunya ini penting untuk dijadikan pertimbangan. Jika memang faktanya barang tersebut memiliki berbagai kelebihan, maka tak ada salahnya jika membelinya.

Apakah bahannya berkwalitas?

Selanjutnya yang juga tak kalah penting sebelum mempertimbangkan membeli suatu peralatan dapur adalah dengan mengecek kwalitas bahan yang di gunakan. Misalnya, apakah menggunakan bahan stainless atau tidak, tahan karat atau tidak, dan lainnya.

Dan jangan hanya tergiur rayuan dan kata-kata manis penjualnya. Jika penjual bilang terbuat dari stainless jangan langsung percaya. Pastikan dulu dengan teliti, apakah stainless asli atau abal-abal. Karena saat ini banyak sekali peralatan dapur murah yang jika dilihat sepintas seperti terbuat dari stainless, namun nyatanya yang digunakan adalah stainless berkwalitas rendah yang terbuat dari campuran nikel.

Bukan hanya akan gampang rusak, stainless berkwalitas rendah bisa membahayakan kesehatan, karena bahan tersebut mudah larut saat dipanaskan pada suhu tinggi.

Cek fungsinya

Poin selanjutnya yang tak kalah penting saat akan membeli peralatan dapur murah adalah dengan melihat manfaat atau fungsi dari peralatan tersebut. Jangan hanya tergiur oleh bentuknya yang lucu dan imut, namun nyatanya barang tersebut tak bisa digunakan secara maksimal, sesuai fungsinya. Hingga akhirnya hanya menumpuk di lemari tanpa fungsi. Hanya membuat penuh lemari saja dan membuang uang percuma.

Jangan hanya tergiur harga murah yang ditawarkan

Pertimbangan selanjutnya adalah mengenai harga dan kwalitas. Biasanya ibu-ibu sering gelap mata saat melihat kata promo, diskon, obral dan sebagainya. Sehingga seringkali memborong berbagai jenis barang tanpa berpikir panjang.

Idealnya, saat menemukan barang yang harganya murah, bunda cek secara teliti mulai dari mereknya, bahannya, dan pastikan barang tersebut telah lulus standart SNI, biasanya ditandai adanya logo SNI yang menempel.

Selain itu, sebisa mungkin minta penujual mencoba langsung barang tersebut, agar lebih yakin lagi. Jika penjual menolak, dan dirasa kurang meyakinkan, maka lebih bijak jika bunda tidak membelinya.

Nah, itulah diatas beberapa tips yang sebaiknya dilakukan sebelum membeli peralatan dapur murah, supaya tak salah beli dan menyesal kemudian hari.

Share It →