Resep Onde onde Wijen Kacang Hijau dan Onde onde Gula Merah

HASBIHTC.COM – Onde-onde adalah salah satu jenis kue jajanan pasar yang berbahan dasar dari tepung ketan dan wijen, kue ini begitu populer di Indonesia. Kue ini sangat digemari oleh semua kalangan tua maupun muda, bahkan menurut sejarah pada kejayaan zaman kerajaan Majapahit salah satu daerah yang terdapat di Mojokerto di kenal dengan julukan kota onde-onde.

Menurut catatan sejarah onde-onde berasal dari Tiongkok yakni pada masa dinasti Tang, di mana kue onde-onde dijadikan sebagai kue resmi daerah Xian (sebelumnya Changan) yang dikenal dengan sebutan ludeui, Penganan ini lalu berkembang luas sampai daerah daerah Asia timur dan tenggara. Konon peyebaran kue ini dibawa oleh pendatang yang berasal dari Cina.

Varian Nama daerah dari kue onde-onde begitu beragam seperti di Vietnam kue onde-onde disebut banh cam, di Negeri jiran Malaysia kue ini dikenal dengan sebutan kue kuih bom, orang cina meyebutnya sebagai kue matuan, sedangkan di negara Filipina kue onde-onde ini dikenal dengan sebutan butsi. Sedangkan-

Di Indonesia kue onde-onde berbentuk bulat, yang warnanya agak coklat serta bagian luarnya dilapis dengan taburn wijen serta isi bagian dalamnya terdapat kacang hijau. Sedangkan di Sulawesi kue onde-onde disajikan dalam bentuk bulat yang warnanya putih dengan taburan parutan kelapa, rasanya yang manis karena di dalamnya terdapat gula merah yang mencair.

Onde onde Wijen Kacang Hijau

Onde onde Wijen Kacang Hijau

CARA MEMBUAT KUE ONDE-ONDE

Kue Onde-onde yang berbahan dari tepung ketan atau tepung terigu yang digoreng ataukah direbus serta permukaannya dibalur atau ditaburi dengan biji wijen/atau parutan kelapa. Terdapat banyak varian dari kue yang satu ini dan yang paling terkenal yaitu kue onde-onde dari tepung terigu/tepung ketan dimana pada bagian dalamnya diisi dengan pasta kacang hijau.

Nah apakah Anda pernah mencicipi kue onde-onde? Jika belum, gak ada salahnya untuk mencobanya membuatnya dirumah Anda, Berikut ini Admin Hasbihtc.com sajikan resep tips cara membuat kue onde2 wijen isi kacang hijau yang begitu praktis dan mudah anda praktekkan, Nah silahkan di catat resepnya, bahan-bahan Yang harus di persiapkan:

Resep Onde onde Wijen Kacang Hijau

Bahan Isi Onde-onde

  • Kacang hijau sebanyak 500 gram yang sudah dikuliti selanjutnya rendam pada air dingin selama empat jam.
  • Garam sebanyak 1 sendok.
  • Gula pasir sebanyak 200 gram.
  • 1 sendok teh vanilla bubuk.

Bahan Untuk Kulit Onde-onde

  • Tepung ketan sebanyak 1 Kilo Gram
  • Tepung beras sebanyak 150 gram
  • Gula pasir sebanyak 500 gram
  • Gula pasir sebanyak 250 gram
  • Air matang yang masih hangat sekitar 300 mililiter
  • Siapkan Wijen secukupnya
  • Minyak Goreng secupnya sesuai kebutuhan.

Setelah semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah siap, saatnya membuat onde-onde. Tahapan pembuatan onde-onde terbagi kedalam 2 tahapan yaitu:

Cara membuat isi dari onde-onde:

  • Kacang hijau yang telah direndam kemuadian direbus sampai matang
  • Masukkan bubuk vanila, gula dan garam aduk secara perlahan sampai merata.
  • Tambahkan Air matang sedikit demi sedikit sambil aduk sampai kacang hijau nampak mengering dan empuk.
  • Angkat dan sisihkan.

Cara Membuat Bagian Kulit Onde-onde:

  1. Campur tepung beras dan tepung ketan pada mangkuk kemudian tambahkan bahan lainnya vanilla bubuk dan garam dan aduk sampai rata.
  2. Tambahkan air hangat secara perlahan sampai campuran bahan pada tahap pertama berbentuk adonan. Aduk-aduk sampai adonan menjadi kalis.
  3. Berikutnya adonan diuleni sampai merata lalu diamkan selama 60 menit.
  4. Setelah itu adonan siap untuk dibentuk menjadi pipih bulat.
  5. Masukan isi bahan isi pada bagian tengah lalu bentuk bulat.
  6. Gulungkan adonan diatas wijen sampai menutupi secara keseluruhan.
  7. Adonan siap di Goreng
  8. Panaskan minyak goreng pada api sedang lalu masukkan onde-onde dan goreng sampai berubah warna menjadi keemasan angkat dan tiriskan siap dihidangkan.

Resep Onde onde Pandan Mini Hijau

Sedangkan untuk membuat kue onde-onde isi gula merah dengan taburan parutan kelapa anda tinggal menganti bahannya saja yakni meyiapkan parutan kepala dan gula merah sebagai bahan isinya dan jika ingin menambah varian warna hijau pada onde-onde anda dapat menambahkan pasta pandan atu pewarna hijau.

Onde onde Pandan

Onde onde Pandan

Cara Membuatnya
Cukup dengan didihkan air lalu rebus onde onde selama lima menit ataukan sampai terapung. Angkat dan tiriskan, selanjunya anda tinggal menggulingkan onde onde pada parutan kelapa parut. Selesai saip dihindangkan.

Nah demikanlah ulasan resep cara membuat onde-onde wijen isi kacang hijau dan Onde onde mini pandan Gula Merah tentunya sangat mudah bukan dalam membuatnya, silahkan dicoba resep diatas. Ke Onde-onde begitu nikmat makan saat masih hangat, terlebih lagi jika disantap bersama keluarga tercinta dirumah. Selamat mencoba persembahan resep onde-onde dari kami. Terima Kasih semoga bermanfaat.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com