Resep Cara Membuat Pasta Gigi Alami

HASBIHTC – Pasta gigi adalah sejenis pasta yang dipakai untuk membersihkan gigi, pasta gigi digunakan bersama sikat gigi. Di Negara Indonesia sendiri pasta gigi dekenal dengan sebutan Odol. Pasta gigi bukanlah harga mati sebagai bahan pelengkap untuk menggosok gigi. Sebenarnya Anda bisa membuat sendiri pengganti pasti gigi dari bahan alami. Bentuknya bukan pasta, melainkan bubuk. Bubuk pembersih gigi ini sama efektifnya untuk membersihkan noda dan kotoran di gigi.

Seperti halnya yang dilansir pada situ kesehatan times of india, dalam membuat bubuk pembersih gigi ini seluruh bahan harus dalam kondisi halus. Tekstur halus ini memudahkan penggosokan noda dan kotoran yang menepempel di gigi terjadi secara halus dan tidak merusak enamel. Dan, bahan-bahan yang dipakai bisa untuk mengatasi noda, tartar, dan plak gigi atau karang gigi.

Resep Cara Membuat Pasta Gigi Alami

Mengosok Gigi

Cara Membuat Pasta Gigi Alami

Secara umum komposisi pasta gigi biasanya terdiri dari bahan dan komposisi seperti :

  • Pembersih dan pemoles, komponen terbesar dalam pasta gigi. Bahan ini bila optimal punya efek pembersih yang maximum dan abrasi yang minimum.
  • Deterjen, pada dasarnya merupakan agen pembersih yang mempunyai aksi mengurangi tegangan permukaan, penetrasi dan melepaskan kotoran, serta mengendapkan kotoran.
  • Agen pengikat, digunakan supaya campuran bahan padat dan cair dari pasta gigi tidak terpisah.
  • Agen penyedap, rasa pada pasta gigi merupakan faktor terpenting, Penelitian pasar kebanyakan konsumen tidak akan membeli lagi dan melanjutkan pemakaian suatu produk pasta gigi bila rasanya tidak memberikan kenyamanan dan kesegaran.
  • Bahan-bahan tambahan lain, memberikan efek-efek tambahan seperti hlorofil, antibiotik, amonium, enzyme, dan fluor beserta derivatnya.

Bahan bahan diatas merupakan bahan yang di gunakan oleh pasta gigi pepsodet sedangkan Untuk membuat bubuk pembersih gigi, berikut cara yang bisa Anda lakukan :

1. Bubuk Pembersih Gigi Rasa Kayu Manis
Bahan yang diperlukan adalah kalsium karbonat setengah cangkir, soda bikarbonat setengah cangkir, minyak peppermint sepuluh tetes, minyak kayu manis lima tetes, bubuk kayu manis halus satu sendok teh, cara membuatnya, campurkan seluruh bahan yang kering menjadi satu di dalam sebuah mangkuk. Tambahkan minyak secara bersamaan lalu aduk sampai merata hal ini untuk mencegah terjadinya penggumpalan. lanjut, simpan dalam wadah kedap udara. Ambil secukupnya saat ingin menggosok gigi.

2. Bubuk Rembersih Gigi Rasa jeruk
Bahan yang diperlukan adalah soda bikarbonat satu cangkir, garam laut yang dihaluskan dua sendok makan, kulit jeruk kering yang ditumbuk halus 1 sendok makan, dan minyak peppermint 5 tetes. Cara membuatnya cukup campurkan dan aduk semua bahan menjadi satu. Simpan ramuan ini ke dalam wadah kedap udara. Jika diperlukan untuk menggosok gigi, tinggal mengambil secukupnya.

Demikian Artikel mengenai resep cara membuat pasta gigi alami yang dapat anda coba.