Resep Barongko Kue Tradisional Khas Bugis Makassar

HASBIHTC.COM – Kota Makassar tak hanya kaya akan tempat wisata akan tetapi Makassar juga terkenal dengan kulinernya, juga menawarkan berbagai jenis masakan seperti coto makassar, pallubasa, sop konro, es pisang ijo dan kue Barongko, Nah pada kesempatan kali ini admin hasbihtc akan membahas secara detail tentang kue Barongko, mulai sejarah kue barongko sampai resep cara membuat kue barongko silahkan disamak ulasan dibawah ini:

Barongko merupakan makanan khas daerah suku Bugis-Makassar Sulawesi Selatan, kue barongko berbahan dasar dari pisang kepok dan pisang raja yang telah dihaluskan, telur ayam kampung, santan kepala, gula pasir, dan garam. Lalu dibungkus dengan menggunakan daun pisang muda dan selanjutnya di kukus atau dimasak sampai matang.

Sekilas ke barongko mirip nagasari hanya saja kue ini memiliki berwarna putih beraroma harum serta teksturnya yang lembut karena pada bagian tengahnya tidak terdapat potongan pisang, rasanya yang manis hingga kue ini sangat cocok disajikan sebagai makanan pembuka (buka puasa), Selain itu kue barongko dipercaya mampu menambah stamina serta aman bagi pencernaan.

Kue Barongko bugis

Gambar Kue Barongko

Kue Barongko Khas Bugis Makassar

Konon pada masa kejayaan kerajaan bugis kue ini disajikan sebagai jamuan penutup untuk para raja-raja bugis. Akan tetapi saat sekarang ini kue barongko kini disajikan pada adat seperti pernikahan, sunatan syukuran dll.

Untuk membuat Barongko ini haruslah dikerjakan oleh tangan-tangan trampil atau orang yang telah berpengalaman. Dengan tujuan untuk mempertahankan kuantitas rasa dan kelezatan yang khas dari Barongko ini. Karena itulah Barongko jarang dijumpai di pasaran. terkecuali saat bulan puasa kue barongko karena banyak pedagang yang menjajakan kue ini.

Bahan dan Alat Kue Barongko

Bahan dan alat yang di butuhkan dalam membuat kue barongko, sebelum membuat Kue Barongko, terdapat beberapa hal yang harus anda persiapkan dalam pembuatan Kue Barongko yakni:

Alat yang harus kita gunakan:
Pisau – Gunting, Hekter, Kompor – Elpiji, Kocokan telur, Gelas atau Cangkir, Blender, Dandang – Baskom.

Bahan
Daun pisang yang masih mudah – 5 Sisir Pisang, 25 Butir Telur, 2,5 Kg Gula pasir, Vanili secukupnya, 4 Biji Kelapa yang sudah parut – 250 Ml Susu Kental Manis – 1,5 Liter Air.

Cara Membuat Kue Barongko

Setelah alat dan bahannya sudah tersedia, maka anda dapat memulai membuat kue barongko. Berikut tahapan dalam membuat kue barongko:

  • Gunting daun pisang dengan sesuai ukuran yang diinginkan misal 30 x 15 cm, selajutnya bentuk daun pisang menyerupai perahu
  • Pisahkan pisang dari kulitnya dengan mengupasnya menggunakan pisau
  • Lalu buang bagian hitam pada pisang yang telah dikupas (bagian tengah pisang, buang bijinya jika ada)
  • Hasil parutan Kelapa disiram dengan air lalu diperas hingga menjadi santan.
  • Masukkan pisang kedalam wadah/baskom lalu blander sampai sambil menuang santan sedikit demi sedikit
  • Tuangkan pisang yang sudah halus kedalam baskom
  • Selanjutnya pecahkan telur dan campurkan kedalam baskom kocok sampai merata dan benar-benar tercampur halus.
  • Masukkan gula pasir dan bubuk vanili aduk sampai rata.
  • Angkat adonan yang sudah tercampur dengan menggunakan cangkir dan tuangkan kedalam cetakan daun pisang yang telah dibentuk
  • Selajutnya ujung daun pisang ditutup dengan menggunakan hekter supaya adonanannya tidak mudah terbongkar
  • Tahap selanjutnya proses pengukusan, susun rapi dalam dandang lalu kukus selama 30 menit atau daun pisang berubah warna hijau tua.
  • Angkat dan diamkan diatas meja sampai dingin, setelah kue barongko jadi dingin masukkan kedalam kulkas agar kue dapat bertahan lama
  • Kue barongko siap untuk dihidangkan.

Kue barongko paling enak dinikmati dalam keadaan dingin terlebih jika disimpan dalu dalam kulkas. Nah demikian ulasan hasbihtc.com tentang Kue Tradisional Khas Bugis Makassar serta cara membuat kue barongko dirumah selamat mencoba dirumah, semoga bermanfaat.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com