Ramuan Alami untuk Mengatasi Rambut Botak dan Rontok

HASBIHTC.COM – Rambut rontok dan masalah kebotakan adalah mimpi buruk yang ditakuti oleh banyak orang. Masalah tersebut bukan hanya menghantui kalangan wanita, namun setiap pria juga tidak ingin mengalami masalah yang serupa. Sebab, rambut rontok dan botak bisa mengurangi rasa percaya diri dalam berpenampilan. Apalagi jika mengingat bahwa mengatasi rambut botak/rontok bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Artinya, upaya yang keras dalam menangani masalah tersebut perlu diterapkan secara maksimal sehingga kondisi rambut bisa kembali sehat dan bebas masalah kerontokan ataupun kebotakan.

Saat ini, ada banyak cara yang seringkali dilakukan untuk mengatasi rambut botak/rontok yang berkepanjangan. Mulai dari cara tradisional hingga metode yang instan menggunakan produk berbahan kimia dilakukan oleh beberapa kalangan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi, salah satu cara yang paling tepat untuk menghadapi masalah tersebut adalah dengan menggunakan ramuan-ramuan alami dari bahan herbal pilihan. Cara ini dipilih sebagian besar kalangan karena hasil yang didapatkan dinilai lebih aman dan tidak memberi dampak buruk yang merugikan.

Ramuan Alami Atasi Botak

Penyebab rambut rontok dan masalah kebotakan

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi rambut botak/rontok, mengenali penyebab timbulnya masalah kerontokan juga perlu dilakukan. Sebab, ada banyak hal yang bisa menimbulkan masalah kerontokan dan kebotakan yang tidak wajar. Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok dan botak bisa terjadi pada Anda ataupun keluarga, yaitu:

  • Faktor genetik atau keturunan.
  • Faktor obat-obatan atau pemakaian produk perawatan yang tidak tepat.
  • Faktor usia.
  • Faktor stress.
  • Faktor perubahan hormon.
  • Faktor perlakuan dan perawatan rambut yang tidak benar.

Ramuan alami untuk mengatasi masalah rambut rontok dan kebotakan

Mengatasi rambut botak/rontok menggunakan ramuan alami dapat dijadikan sebagai solusi yang paling tepat untuk Anda. Memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar bisa memberikan banyak manfaat. Selain aman, penanganan rambut rontok dan botak juga menjadi lebih hemat. Pembaca hasbihtc kiranya Anda tak perlu khawatir akan besarnya biaya yang harus dikeluarkan karena berbagai macam bahan herbal yang ada di sekitar bisa dimanfaatkan dari sekarang. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dijadikan ramuan untuk mengatasi masalah rambut rontok dan botak yang tengah Anda rasakan, yaitu:

1. Lidah buaya
Tanaman ini sangat mudah dijumpai dan memiliki banyak manfaat, terutama untuk menjaga dan merawat kesehatan rambut secara maksimal. Bagian tanaman yang berkhasiat untuk mengatasi rambut botak/rontok adalah pada bagian gel atau lendirnya. Gel lidah buaya bisa dijadikan sebagai masker rambut yang diaplikasikan setiap hari seperti halnya keramas. Apabila lidah buaya dimanfaatkan secara rutin sebagai masker rambut yang Anda gunakan, tentu saja proses pertumbuhan rambut akan berjalan lancar dan dijamin aman.

2. Teh hijau
Bahan alami yang satu ini dikenal sebagai bahan yang sangat berkhasiat dan memiliki banyak manfaat dalam bidang kesehatan maupun kecantikan. Teh hijau mampu mengatasi rambut botak/rontok karena mengandung bahan antioksidan yang efektif untuk memperlancar sirkulasi darah ke bagian kepala dan rambut secara maksimal. Dengan kata lain, stimulasi pertumbuhan rambut akan berjalan dengan lancar apabila teh hijau dimanfaatkan sebagai masker rambut alami yang Anda gunakan. Caranya, seduhlah teh hijau dan aplikasikan pada kepala. Diamkan beberapa menit, bila perlu sambil dibungkus menggunakan handuk lalu dibilas.

3. Minyak kemiri
Minyak yang satu ini sangat sering dijadikan sebagai salah satu bahan alami yang digunakan dalam komposisi produk perawatan rambut. Minyak kemiri memiliki banyak nutrisi yang dapat meningkatkan efektivitas pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut botak/rontok. Rambut yang subur bisa Anda dapatkan dengan menggunakan minyak kemiri secara rutin dua kali sehari sesuai kebutuhan. Tak perlu sengaja membuat minyak kemiri dari bahan mentah, minyak kemiri yang siap pakai kini sudah dijual dan bisa dimanfaatkan untuk mempermudah Anda untuk melakukan perawatan di rumah.

4. Minyak zaitun
Bukan hanya minyak kemiri, rupanya minyak zaitun juga dapat mengatasi rambut botak/rontok secara alami dengan baik karena kandungan nutrisi di dalamnya sangatlah tinggi. Minyak zaitun bisa mempercepat proses pertumbuhan rambut sehingga masalah kebotakan dan kerontokan bisa teratasi. Untuk hasil yang optimal, minyak zaitun bisa diaplikasikan rutin setelah keramas sambil melakukan pijatan ringan di kulit kepala. Jangan lupa untuk membilasnya sampai bersih sebelum beraktivitas.

5. Minyak kelapa
Memanfaatkan minyak kelapa untuk mengatasi rambut botak/rontok juga menjadi salah satu cara termudah yang dapat Anda lakukan sekarang. Minyak kelapa dapat meningkatkan kesuburan kulit kepala dan rambut secara maksimal. Bahkan minyak kelapa juga dapat mengatasi masalah ketombe karena dapat memaksimalkan kebersihan kulit kepala dengan baik dan menyehatkan.

Mengatasi masalah rontok dan botak dari dalam

Selain memanfaatkan beberapa bahan dan ramuan alami di atas, mengatasi rambut botak/rontok juga perlu dilakukan dari dalam. Harus diketahui bahwa rambut rontok dan botak bisa dipicu oleh asupan nutrisi dan zinc yang kurang. Padahal, zinc merupakan kandungan utama yang menentukan kesehatan rambut seseorang. Dengan kata lain, Anda perlu meningkatkan asupan nutrisi dan zinc dengan baik dengan mengonsumsi makanan-makanan yang tepat.

Beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kandungan nutrisi dan memenuhi kebutuhan zinc pada rambut adalah kuning telur, biji-bijian, bayam, jamur dan daging merah. Pertumbuhan rambut yang baik akan didapat apabila beberapa jenis makanan tersebut dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Mengatasi rambut botak/rontok perlu dilakukan secara maksimal sehingga upaya perawatan dari luar dan dalam harus diterapkan secara seimbang.

Tips merawat rambut rontok dan kebotakan

Apabila berbagai cara mengatasi rambut botak/rontok di atas sudah diupayakan, jangan lupa untuk melakukan perawatan penting lainnya agar kondisi rambut kembali normal dan sehat, yaitu:

  • Hindari aktivitas berlama-lama berada di bawah terik matahari untuk mencegah resiko kerusakan rambut yang rontok dan juga kering.
  • Pilih sampo dan produk perawatan rambut yang berkualitas sesuai kebutuhan dan jenis rambut masing-masing.
  • Hindari kebiasaan mengganti sampo dari satu produk ke produk lain untuk mencegah resiko kerontokan rambut dan lain-lain.
  • Hindari penggunaan bahan kimia atau kebiasaan yang dapat merusak rambut, misalnya catokan, rebonding, hair dryer dan masih banyak lagi.
  • Minimalisir kebiasaan mengikat rambut dan menyisirnya ketika basah agar rambut tidak rontok dan mudah rapuh.

Itulah berbagai macam tips dan cara mengatasi rambut botak/rontok yang dapat Anda lakukan dari sekarang guna mencegah masalah kesehatan rambut yang lebih buruk dan memicu permasalahan lain. Berbagai jenis ramuan alami, cara perawatan rambut dan berbagai tips lainnya perlu dilakukan dengan baik untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif. Karena cara tersebut tidak memberikan hasil yang instan, tentu saja berbagai tips tadi perlu dilakukan secara rutin dan penuh konsistensi. Dengan melakukan semua tips di atas, diharapkan kondisi kesehatan rambut akan kembali pulih dan sehat seperti dulu lagi.

Share It →