Perantau Makassar Jika dengar Lagu Ini Pasti teringat kampung halaman

HASBIHTC.COM – Lagu Anging Mammiri adalah salah satu lagu tradisional Sulawesi Selatan khususnya suku Makassar dan Bugis. Lagu ini juga identik dengan Kota Makassar, sebenarnya, apa arti dari lagu anging mammiri? Anging Mammiri dalam bahasa diaerikan Anging = Angin dan Mammiri = Bertiup, dan dari segi lagu anging mammiri menceritakan tentang seorang gadis yang memendam rindu menggunung pada sang pujaan/kekasih hatinya yang jauh dirantau.

Beradar dari rasa rindu tersebutlah menjadikan dirinnya tidak merasa tenang dan gunda gulana. hingga pada suatu waktu, gadis tersebut berdiri diujung tontongan (jendela) rumahnya sambil melantunkan syair-syair yang berisikan nada-nada rindu dan sayang, dengan memberi harapan kepada anging berhembus akan menyampaikan pesan tersebut kepada sang pujaan hatinya. Bahkan menjelang tidur malam gadis tersebut mengambil bantal dan menepuk-nepuknya sambil menyebut nama sang pujaanya dengan penuh harap angin yang berhembus akan menyampaikan rasa rindu dan gundah gulananya.

Lagu anging mammiri

Anging Mammiri lagunya Orang Bugis Makassar

Dan Konon Ajaibnya lagu Anging Mammiri ini, beberapa hari setelah sang gadis melantungkan syair Anging Mammiri, dia pun memperoleh kabar baik bahwa sang kekasihnya sudah datang dari rantau dan pada akhirnya keduanya bertemu kembali. Bedarsar dari kisah inilah hingga menyebar bahwa syair Anging Mammiri ampuh mempertemukan orang yang berjauhan hingga istilah Anging Mamiri cukup populer dan sangat erat kaitannya dengan kerinduan. (demikanlah sepenggal ceita singkat asal usul lagu Anging Mammiri).

Nah sahabat hasbihtc bagi yang belum tahu atau belum kenal/hafal lirik Lagu Anging Mammiri berikut lirik lagunya karya Bora DG Irate beserta Arti lagu Anging Mammiri jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia:

Lirik Lagu Lagu Anging Mammiri

Anging mammiri ku pasang
Pitujui tontonganna
Tusarroa takkaluppa (2X)

E..aule…
Namangngu’rangi
Tutenayya…tutenayya pa’risi’na (2X)

Battumi anging mammiri
Anging ngerang dinging-dinging
Namalantang saribuku

E..aule…
Mangerang nakku
Nalo’lorang… nalo’lorang je’ne mata

Anging mammiri ku pasang
Pitujui tontonganna
Tusarroa takkaluppa

Arti lagu Anging Mammiri terjemahkan kedalam bahasa

Wahai angin yang bertiup semilir, aku menitip pesan
Sampaikanlah hingga ke jendela rumahnya
Pada dia yang sering melupakan

Duhai .. Hingga dia dapat teringat
Si dia yang tak memiliki simpati

Datanglah wahai angin yang bertiup semilir
Angin yang membawa rasa dingin
Yang menusuk hingga ke sumsum tulang

Duhai .. Agar dia teringat
Bercucuranlah, bercucuranlah air mata…..

Anging mamiri adalah lagu daerah makassar sulawesi selatan yang cukup populer. Lagu Anging mamiri memiliki musik yang lembut yang liriknya agak melo. Mungkin bagi pembaca yang masih berada di kampung halaman jika mendengar lagu anging mamiri tak begitu berkesan, akan tetapi begitu Anda berada diperantauan atau keluar daerah, Jika medengar lagu Anging Mammiri akan membuat para pemuda perantau suku bugis akan teringat dan rindu akan kampung halamannya. terima kasih Like Share postingan ini mewakili bahwa Anda rindu Akan kampung Halaman.

Share It →