Penyebab Uban dan Cara Menghilangkanya

HASBIHTC.COM – Uban merupakan rambut yang berubah warna menjadi abu-abu lalu berubah menjadi putih. Pada umumnya rambut orang Indonesia mempunyai warna hitam dan gelap karena terdapatnya kandungan melanin yang lebih tinggi pada rambut. Kala rambut berubah warna jadi putih atau uban, maka berlangsung proses perubahan kadar melanin. Pada rambut yang berwarna putih artinya melanin tidak lagi di produksi, hingga rambut baru tumbuh tidak lagi mendapatkan suplai warna dari melanin. Timbulnya uban sangat erat hubungan dengan usia dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin.

Rambut di kepala di ibaratkan sebuah mahkota, ada ke banggan tersendiri dan rasa percaya diri yang muncul bila mempunyai rambut tampak hitam dan indah. oleh karena itu, gak jarang upaya yang dikerjakan untuk memelihara kesehatan dan keindahan rambut jadi perhatian serius. Walau demikian permasalahan bisa saja timbul saat uban atau rambut putih muncul.

Penyebab Uban dan Cara Menghilang Uban

Uban Pada Rambut

Penyebab Rambut Uban, Cara Mengatasi Rambut Putih

Biasanya uban mulai timbul pada umur 40 tahun ke atas. Walau demikian sebenarnya ada juga kaum muda berumur dibawah 30 tahun yang telah mengalami permasalahan ini, meskipun hanya sebagian helai rambut saja, hal semacam ini di sebabkan dikarenakan ada faktor genetis. yang sekarang ini banyak didapati pada anak muda yang mengalami permasalahan rambut beruban sebelum waktunya. terdapat lima pemicu utama munculnya uban yaitu:

Penyebab Uban

5. Faktor Usia
Factor bertambahnya usia merupakan hal yang tidak bisa dihindari, jadi janganlah menunjukkan sikap pesimis apabila Anda mengalaminya. Siklus perkembangan rambut berlangsung tiap 3 sampai 6 minggu, disaat rambut tumbuh dalam setiap siklus, cenderung semakin ada yang salah dengan pigmennya. Sebagian orang mungkin melalui tujuh atau delapan siklus saat sebelum mereka memerhatikan ada uban yang muncul pada kepala.

4. Faktor Genetik/Keturunan.
Fenomena tubuh Anda sebagian di dapatkan dari orang tua, termasuk juga dalam hal warna rambut. Bila salah satu dari orangtua Anda cepat beruban, jadi Anda juga cenderung mengalami hal yang sama. Faktor genetik benar-benar memegang peran utama tentang kapan Anda akan kehilangan pigmen. Kalau ke dua orangtua Anda mendapatkan uban secara prematur, maka Anda juga dapat lebih cepat beruban dari pada teman-teman seusia Anda.

3. Merokok.
Beberapa studi observasi dalam skala kecil menemukan hubungan pada merokok dan tumbuhnya uban, demikian Pemicunya kemungkinan yaitu radikal bebas yang di produksi kala seseorang merokok. Seperti kita ketahui, asap rokok dapat juga mengakibatkan keriput pada kulit dan gigi yang menguning. Begitu banyak efek membahayakan dari merokok, dan uban juga salah satu di antaranya.

2. Stres.
Stres yang dialami dari hari ke hari mungkin saja tak memengaruhi warna rambut Anda, namun rasa gelisah atau tegang yang sangat kuat dapat menyebabkannya. Belum ada penjelasan dari ilmu pasti tentang hal semacam ini, peristiwa besar yang stress berat dapat memberi dampak fisiologis. Hal semacam ini kemudian dapat saja menyebabkan perubahan dalam pigmentasi dan siklus rambut.

1. Kondisi medis.
Kasusnya mungkin saja terbilang jarang, tetapi keadaan metabolik tertentu, kekurangan zat-zat nutrisi, serta kelainan genetik dapat juga mengakibatkan rambut beruban.

Selain itu juga terdapat banyak penyembuhan kemoterapi untuk pasien kanker yang bisa memengaruhi mekanisme pembuatan pigmen. Walau demikian, Anda tak perlu cemas. Setelah pengobatan usai, rambut Anda bakal kembali ke warna aslinya.

Akan tetapi saat ini anda tidak perlu cemas, dikarenakan banyak cara menghilangkan uban yang mudah untuk diterapkan dirumah. Pada dasarnya memang setiap orang pasti mengalami hal semacam ini namun anda dapat melakukan usaha untuk mencegah sistem terjadinya perubahan warna rambut, berikut cara menghilangkan uban di rambut tanpa harus mencabutnya .

Cara Menghilangkan Uban

1. Minyak kemiri. Gosokkan minyak kemiri pada rambut. caranya sangrai bererapa biji kemiri lalu tumbuk halus sampai mengeluarkan minyak. Usapkan pada rambut dan diamkan selama 20 menit sebelum dicuci.

2. Mengoleskan Jus Labu. Kombinasi juice labu bersama-sama minyak wijen atau minyak zaitun dapat membantu rambut jadi lebih sehat, bercahaya serta tidak tipis hal ini juga menghindarkan rambut beruban, jadi tak ada salahnya jika anda mencoba mengatasi masalah dengan jus labu.

3. Menggunakan daun teh. Caranya saring teh selanjutnya campurlah daun teh dengan satu sendok garam. Lalu taburkan di atas kepala dan rambut selama 1 jam lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini setiap hari, dalam 10 hari maka rambut anda bakal terbebas dari uban.

4. Biji Pepaya. Pada zaman dahulu kala nenek moyang kita sudah memanfaatkan beberapa bahan alami pewarna rambut terbuat dari biji pepaya. Caranya dengan menyangrai terlebih dulu biji pepaya lalu ditumbuk sampai halus lalu tambahkan minyak kelapa. Poleskan ke semua sisi rambut dan lakukan perawatan ini dengan teratur satu minggu sekali.

5. Minyak kelapa. Usapkan kombinasi minyak kelapa dan air perasan jeruk nipis pada rambut. Remas-remas dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas

6. Yogurt Pahit. Campurlah satu gram kopi bubuk atau lada hitam dengan 100 gram yogurt tanpa gula. setelah itu lumuri dengan halus ke kulit kepala dan rambut lalu bersihkan dengan air hangat dan shampo setelah 1 jam. kerjakan rincian ini setiap minggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan jadi tidak hanya singkirkan uban, campuran ini bisa bikin rambut anda bersinar dan terlepas dari ketombe.

Mencabut rambut uban memang solusi paling baik untuk menanggulangi penampilan, terlebih untuk anda yang masih termasuk muda, walau demikian tindakan mencabut tersebut juga mempunyai efek buruk pada kesehatan tubuh lainnya di luar rambut. Dalam agama Islam pun mencabut uban tidak di sarankan seperti yang di sebutkan pada Hadits HR. Al Baihaqi, mengatakan bahwa Uban tidak boleh dicabut, Uban adalah cahaya untuk seorang mukmin. Tidaklah seseorang beruban walaupun sehelai, dalam Islam melainkan setiap ubannya bakal dihitung sebagai suatu kebaikan serta akan meninggikan derajatnya. HR. Abu Daud tidaklah seorang muslim yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, tetapi uban itu bakal jadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.

Demikian ulasan hasbihtc tentang hal-hal yang menyebabkan terjadinya uban dan cara menghilangkan secara alami, silakan dipilih dari keenam cara di atas, cara mana yang cocok dan mudah di kerjakan.