Pengertian Komputer Adalah Sebagai Berikut

HASBIHTC.COM – Pengertian Komputer Adalah Mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Pengertian tersebut Menurut Hamacher, Sedangkan Definisi Komputer itu sendiri berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.

Pengertian komputer menurut Buku Komputer Annual Robert H.Blissmer
Komputer yaitu satu alat elektronik yang dapat lakukan sebagian tugas seperti berikut :
Terima input atau masukan, Mengolah input tersebut cocok dengan programnya, Memberikan perintah-perintah serta hasil dari pengolahan, output atau keluaran didalam wujud informasi

Pengertian komputer menurut Buku Komputer Today Donlad H.Sanders
Komputer merupakan sistem elektronik untuk merekayasa data yang cepat serta pas dan akuran yang sudah dirancang serta diorganisasikan agar dengan otomatis terima serta menaruh data input atau masukan, lantas memprosesnya serta membuahkan output di bawah pengawasan satu beberapa langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori -Stored Program-.

Pengertian Komputer

Gambar Komputer Pertama di Dunia

Untuk mewujudkan konsepsi komputer yang di fungsikan sebagai pengolahan data guna untuk menghasilkan sebuah informasi yang ril, maka diperlukan sistem -computer system- yang Elemen elemennya terdiri Atas hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan.

Pengertian Lengkap Komputer

Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian pula sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia -Brainware- yang mengoperasikan dan mengendalikan komputer yang dioprasika.

1. Hardware sama dengan Perangkat Keras yang merupakan peralatan yang secara fisik terlihat secara kasat mata dan dapat di raba atau dijamah.

2. Software sama dengan Perangkat Lunak merupakan program yang berisi dengan instruksi atau perintah untuk melaksanakan perintah pengolahan data pada komputer.

3. Brainware adalah manusia yang mengoperasikan, menjalankan dan mengendalikan sistem komputer, penggolongan Komputer Literatur terbaru tentang

komputer melakukan penggolongan komputer yang didasari tiga perihal, Yakni : Data yang diolah di proses – Penggunaan – Kapasitas/Ukurannya dan Generasinya. berikut pejelasan rinci mengenai tigal yang dimaksud diatas :

Komputer Berdasarkan Data Yang Diolah Meliputi

  • Komputer Analog
  • Komputer Digital
  • Komputer Hybrid

Komputer Berdasarkan Penggunannya Meliputi

  • Komputer Untuk Tujuan Khusus – Special Purpose Computer
  • Komputer Untuk Tujuan Umum – General Purpose Computer

Komputer Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya seperti

  • Komputer Mikro – Micro Computer
  • Komputer Mini – Mini Computer
  • Komputer Kecil – Small Computer
  • Komputer Menengah – Medium Computer
  • Komputer Besar – Large Computer
  • Komputer Super – Super Computer

Komputer Berdasarkan Generasinya

  • Komputer Generasi Pertama pada tahun 1946-1959
  • Komputer Generasi Kedua pada thn 1959-1964
  • Komputer Generasi Ketiga thn 1964-1970
  • Komputer Generasi Keempat tn 1979-sekarang
  • Komputer Generasi Kelima

Fungsi Dan Manfaat Dari Komputer

Komputer pada saat ini merupakan suatu kebutuhan bagi setiap orang, komputer menjadi suatu bagian yang penting bagi setiap kehidupan manusia karena lewat komputer kita bisa melakukan berbagai aktivitas pekerjaan sehingga menjadi lebih ringan dan untuk mempersingkat waktu pekerjaan tersebut. Komputer tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, namun anak-anak pun juga bisa menggunakannya, mereka bisa belajar sambil bermain.

Fungsi Dan Manfaat Dari Komputer

Fungsi Dan Manfaat Dari Komputer

Berikut beberapa fungsi dari komputer yang sering dimanfaatkan oleh manusia:

1. Fungsi Komputer pada bidang keamanan
Pada bidang keamanan dan pertahanan, komputer merupakan suatu bagian yang sangat penting, karena lewat komputer suatu negara dapat memperkuat pertahanannya dari serangan luar, dengan peralatan-peralatan yang canggih suatu negara cukup menyerang dan bertahan dengan mengendalikan komputer

2. Fungsi Komputer untuk bidang kesehatan
Pada jaman yang canggih seperti sekarang ini, pada bidang kesehatan pun telah mulai memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, diantaranya adalah penggunaan alat kedokteran yang menggunakan aplikasi komputer yaitu Ultra Sonografi (USG).

3. Fungsi Komputer sebagai sarana pengontrolan
Komputer sebagai alat control bagi pemantauan CCTV, tata lampu traffic light, maupun escalator. Dalam hal ini komputer sebagai alat control jarak dekat maupun jarak jauh.

4. Fungsi Komputer sebagai sarana usaha
Dengan adanya komputer, kita dapat membuka usaha misalnya usaha percetakan atau sablon, usaha video editing, usaha desain arsitektur, dan warnet.

5. Fungsi Komputer sebagai sarana informasi
Komputer yang terhubung ke internet akan membuat kita akan lebih mudah mencari informasi, mulai dari berita politik, perdagangan, travel, referensi bagi pelajar, dan lain sebagainya.

6. Fungsi Komputer sebagai sarana Untuk komunikasi
Dengan menggunakan komputer kita bisa mengirim gambar, video, dan audio melalui e-mail, melakukan chatting dengan seseorang, dan berkomunikasi melalui webcam

Pengertian Virus Komputer Dan Aplikasi Komputer

Pengertian Virus Komputer
Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak misalnya dengan merusak data pada dokumen, membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama

Pengertian Aplikasi Komputer
Aplikasi berasal dari kata application yaitu bentuk benda dari kata kerja to apply yang dalam bahasa Indonesia berarti pengolah. Secara istilah, aplikasi komputer adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang menggunakan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pemakai. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah program pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Referensi Artikel Mengenai Pengertian Komputer

V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.
Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.
William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981.

Share It →