Pengertian Dan Jenis-Jenis Kompor

HASBIHTC – Jika saat ini anda memiliki profesi sebagai seorang ibu rumah tangga, sudah pasti anda ingin sekali dianggap oleh banyak orang ibu rumah tangga yang baik. Seorang wanita dikatakan sudah bisa menjadi ibu rumah tangga yang baik jika wanita tersebut memiliki ketrampilan memasak.

Sebetulnya pekerjaan memasak ini tidak hanya mutlak menjadi tugas seorang ibu rumah tangga, semuanya bisa melakukan, apakah itu kaum pria, bahkan anak-anak sekalipun. Jika kita berbicara tentang kegiatan memasak tentunya tidak akan dapat lepas dari alat yang satu ini, yakni kompor.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang kompor, ada baiknya terlebih dahulu kita kupas pengertian dari kompor. Yang dimaksud dengan kompor`adalah suatu alat yang dipakai untuk menghasilkan panas. Artinya suatu benda bisa dipanaskan dengan memakai kompor. Api bisa dihasilkan dari alat yang bernama kompor ini.

Jika suatu ruangan ingin dinaikkan suhunya supaya bisa panas, dapat menggunakan alat berupa kompor ini. Hasil dari pemanasan tadi adalah terjadinya perubahan secara fisik, kimiawi dan biologis suatu benda.

kompor gas

Benda yang dipanaskan biasanya dibedakan menjadi dua, yakni benda padat dan benda cair. Jika berbentuk benda padat maka cara memanaskannya bisa langsung di atas bara apinya, tidak harus menggunakan suatu alat. Hal seperti ini biasanya disebut dengan pemanggangan atau pembakaran.

Pemakaian alat memang harus dilakukan jika ingin memanaskan benda cair. Media yang selalu dipakai untuk itu antara lain panci, wajan dan ketel.

Kompor yang digunakan untuk memasak beraneka ragam jenisnya. Ada yang sampai dengan saat ini masih menggunakan kompor minyak tanah, ada pula yang menggunakan kompor listrik. Jenis kompor lainnya lagi yang digunakan adalah kompor gas. Jenis kompor terakhir inilah yang paling sering dipakai oleh sebagian besar masyarakat.

Seluk Beluk Kompor Gas

Di atas tadi sudah sedikit dibahas tentang kompor gas, yang merupakan salah satu jenis dari kompor yang biasa digunakan untuk memasak setiap harinya. Di pembahasan berikut ini, akan diuraikan secara lebih mendalam segala sesuatu yang ada hubungannya dengan kompor gas. Baca juga Daftar Harga Kompor Gas Murah

Karena namanya saja kompor gas maka supaya bisa dinyalakan, agar dapat menghasilkan api, harus ada bahan bakar berupa gas. Bahan bakar gasnya diperoleh dari bentuk tabung, bisa juga didapatkan dari aliran jaringan pipa gas yang ada di kota.

Komponen utama yang terdapat pada kompor gas itu ada empat macam, yakni tungku, katup, pipa saluran gas dan spuyer. Jika kompor gas yang kita miliki ada pematik otomatisnya maka komponen yang adapun bertambah sehingga nantinya ada tambahan pematiknya, katup cut offnya serta saluran gas tambahan. Saluran gas tambahan ini nantinya akan mengarah ke tungkunya, bukan ke saluran gasnya.

Prinsip kerja yang ada di kompor gas sebetulnya tidak beda jauh dengan semprotan parfum atau cat semprot. Pada saat tabung gasnya memiliki tekanan maka begitu katupnya dibuka pada saat itu juga gas LPGnya akan mengalir atau bergerak.

Pipa saluran gas akan dimasuki atau dialiri oleh gas LPG setelah itu gas LPGnya akan keluar melalui spuyer dan pada akhirnya nanti bermuara ke rongga tungku. Dengan perantara pematik atau korek api gas ini kita bakar atau kita nyalakan.

Tungku gas didesain secara khusus dengan lubang-lubang yang kecil. Karena lubangnya yang begitu kecil itulah saluran gas tidak bisa dialiri oleh api. Pemakaian spruyer juga menjadi penyebab lainnya lagi mengapa api tidak dapat masuk ke dalam saluran gas. Lubang yang sangat kecil pada spruyer juga mengakibatkan spruyer memiliki tekanan yang tinggi. Ganya juga mengalir sangat cepat.

Jika kita memiliki kompor yang sifatnya auto ignition, yang sudah memiliki pematik api secara otomatis maka akan ada sistem mekanisme tersendiri, akan terdapat tiga langkah mekanik yang pada akhirnya nanti akan melakukan integrasi dengan pemutar katup gas. Ketiga langkah mekanik yang dimaksud di sini adalah penyemburan gas, pematik dan satu lagi penutupan gas dengan cara yang cepat.

Kompor gas memang merupakan menjadikan kegiatan memasak kita berlangsung lebih cepat. Yang namanya barang sudah pasti akan rusak jika sudah tiba masanya. Namun meskipun begitu jika barang tersebut kita rawat dengan sebaik-baiknya, dengan maksimal maka kerusakannya dapat kita cegah seminimal mungkin.

Demikian pula halnya dengan kompor gas. Jika kita bisa merawatnya dengan baik maka niscaya kompor gas yang kita miliki akan awet, bisa dipakai selama bertahun-tahun. Salah satu cara merawat kompor gas adalah dengan rajin membersihkannya paling tidak satu bulan sekali.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan dalam hal membersihkan kompor gas. Namun sebelumnya terlebih dahulu kita harus mempersiapkan alat-alat yang digunakan dalam rangkaian atau proses pembersihan kompor gas. Alat-alat yang pastinya nanti sangat dibutuhkan ada tiga, yaitu tang, obeng plus minus dan pompa. Ketiga alat tersebut digunakan untuk hal-hal sebagai berikut :

•Tang digunakan untuk membuka atau melepaskan spuyer atau sprayer. Gunakanlah tang yang pas, yang ukurannya sesuai dengan sprayernya tersebut.
•Melepaskan atau membuka tutup bagian atas yang merupakan cover kompornya dengan menggunakan obeng plus minus.
• Kotoran yang terdapat di dalam selang pipa kompor gas biasanya bisa disebul atau dibuang dengan memakai pompa. Yang dimaksud selang di sini bukanlah selang karetnya.

Kita sudah mengetahui penggunaaan alat tang, obeng plus minus dan pompa. Berikutnya kita melangkah ke tahapan bagaimana cara-cara membersihkan kompor gas :

– Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah melepaskan regulator gas dari tabungnya. Jika tabung gas yang kita punya pada regulatornya terdapat jepitan atau pengencang maka pengencangnya tersebut harus kita buka terlebih dahulu. Sesudah berhasil dilepaskan dari tabungnya, kompor beserta selang dan regulatornya kita bawa ke suatu tempat yang luas.
– Mengangkat grid atau tungku kompor, burning atau tempat menyalanya api dan tatakan atau dudukannya adalah langkah kedua yang kita lakukan. Pada dudukannya biasanya menempel batangan besi yang dikunci dengan kawat kecil. Bukalah dulu kawat kecil ini dengan menggunakan jari tangan.
– Cover bagian atas kemudian kita buka dengan memakai obeng.
– Selanjutnya adalah membuka sprayer dengan tang. Pengatur kepekatan gas dan pegas atau pernya kita buka.
– Setelah itu komponen-komponen yang ada pada kompor kita bersihkan dengan lap yang sudah dicampur dengan sedikit minyak tanah.
– Sprayer dicuci sampai bersih. Agar kotoran yang menempel pada sprayer bisa keluar semua, disebul dengan menggunakan pompa.
– Regulator dilepaskan dari selangnya dengan memakai obeng.
– Langkah kedelapan yang merupakan langkah terakhir adalah menggantikan selang pompa dengan selang regulator. Supaya bagian dalam selang pipa yang ada pada kompor gas bagian dalam bisa bersih, tidak ada kotorannya lagi, kita tiup dengan menggunakan pompa.

Share It →