Niat Mandi Wajib Dan Tata Caranya

Niat Mandi Wajib Dan Tata Caranya terkadang kita menyepelehakan permasalahan yang satu ini mengenai Mandi wajib atau janabah, atau junub adalah mandi yang dilakukan ketika kita mengalami mimpi basah atau habis bersenggama. Nah, pada saat seperti inilah kita diwajibkan untuk mandi wajib janabah mandi besar. Namun tidak seperti hanya dikala mandi biasa, mandi wajib ini harus diperhatikan niat dan tata caranya, Namanya juga mandi wajib, hukumnya pasti harus dikerjakan sebelum kita melaksanakan pekerjaan lain utamanya kewajiban beribadah seperti sholat. Bagi yang belum mengetahui bagaimana tatacara melakukan mandi besar, silahkan di simak selengkapnya Artikel Tata cara mandi wajib beserta niat mandi wajib atau mandi besar :

Mandi Wajib

Niat Mandi Wajib Dan Tata Caranya

Niat mandi besar atau mandi jinabat itu seperti niat niat dalam ibadah yang lain, yaitu di dalam hati, adapun kalimat dan arti Doa Niat Mandi Wajib niatnya adalah sebagai berikut yang di kelompkan dalam tiga bahagian AN :

1. Jika mandi besar disebabkan junub Mimpi basah, keluar mani, senggama maka niat mandi besarnya adalah

BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL JANABATI FARDLON LILLAHI TA’ALA

Artiya Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta’ala

2. Jika mandi besarnya disebabkan karena haid maka niat mandi besarnya adalah

BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL HAIDI FARDLON LILLAHI TA’ALA

Artinya Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari haidl, fardlu karena Allah Ta’ala

3. Jika mandi besarnya disebabab karena nifas, maka niyat mandi besarnya adalah

BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITU GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAN NIFASI FARDLON LILLAHI TA’ALA

Artinya Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta’ala

Adapun Tata Cara Mandi Wajib Mandi Junub sebagai berikut:

  1. Mandi junub-besar harus diniatkan ikhlas semata karena Allah Ta’ala dalam rangka menta’atiNya dan beribadah kepadaNya semata.
  2. Dalam mandi junub-jinabat-besar, harus dipastikan bahwa air telah mengenai seluruh tubuh sampaipun kulit yang ada di balik rambut yang tumbuh di manapun di seluruh tubuh kita. Karena itu siraman air itu harus pula dibantu dingan jari jemari tangan yang mengantarkan air itu ke bagian tubuh yang paling tersembunyi sekalipun.
  3. Mandi junub-jinabat-besar dimulai dengan membasuh kedua telapak tangan sampai pergelangan tangan, masing-masing tiga kali dan cara membasuhnya dengan mengguyur kedua telapak tangan itu dengan air yang diambil dengan gayung. Dan bukannya dengan mencelupkan kedua telapak tangan itu ke bak air.
  4. Setelah itu mengambil air dengan telapak tangan untuk mencuci kemaluan dengan telapak tangan kiri sehingga bersih.
  5. Kemudian telapak tangan kiri itu digosokkan ke lantai atau ke tembok sebanyak tiga kali. Dan setelah itu dicuci dengan air.
  6. Setelah itu berwudlu ‘sebagaimana cara berwudlu’ untuk shalat.
  7. Kemudian mengguyurkan air di mulai dari pundak kanan terus ke kepala dan seluruh tubuh dan menyilang-nyilangkan air dengan jari tangan ke sela-sela rambut kepala dan rambut jenggot dan kumis serta rambut mana saja di tubuh kita sehingga air itu rata mengenai seluruh tubuh.
  8. Kemudian bila diyakini bahwa air telah mengenai seluruh tubuh, maka mandi itu diakhiri dengan membasuh kedua telapak kaki sampai mata kaki.
  9. Disunnahkan untuk tidak mengeringkan badan dengan kain handuk atau kain apa saja untuk mengeringkan badan itu.
  10. Disunnahkan untuk melaksanakan mandi besar junub jinabat itu dengan tertib seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa aalihi wasallam.

Oleh Sheikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairiy

  • Mandi wajib dimulai dengan mengucapkan bismillah, dan berniat untuk menghilangkan hadast besar,
  • Membersihkan kedua telapak tangannya tiga kali, kemudian bercebok.
  • Membersihkan kemaluannya, dan kotoran yang ada di sekitarnya.
  • Berwudhu seperti halnya orang yang berwudhu hendak shalat, kecuali kedua kakinya. Namun boleh membersikan kedua kakinya ketika berwudhu atau mengakhirkannya sampa selesai mandi.
  • Mencelupkan kedua telapak tangannya ke dalam air, lalu menyela-nyela pangkal rambut kepalanya dengan kedua telapak tangannya itu kemudian membersihkan kepalanya dan kedua telinganya tiga kali dengan tiga cidukan.

HR At-TIrmidzi Menyela pangkal rambut hanya khusus bagi laki-laki. Bagi perempuan, cukup dengan mengguyurkan pada kepalanya tiga kali guyuran, dan menggosoknya, tapi jangan mengurai membuka rambutnya yang dikepang, karena ada hadist yand diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dari Ummu Salamah yang bertanya kepada Rasulullah, Aku bertanya, wahai Rasulullah! Sesungguhnya aku ini perempuan yang sangat kuat jalinan rambut kepalanya, apakah aku boleh mengurainya ketika mandi junub (mandi besar)? Maka Rasulullah menjawab, Jangan, sebetulnya cukup bagimu mengguyurkan air pada kepalamu tiga kali guyuran.

Mengguyur tubuhnya yang sebelah kanan dengan air, membersihkannya dari atas sampai ke bawah, kemudian bagian yang kiri seperti itu juga berturut-turut sambil membersihkan bagian-bagian yang tersembunyi pusar, bawah ketiak, lutut, dan lainnya, dan diriwatkan Dari Ali bin Abi Thalib, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa aalihi wasallam telah bersabda:

Barangsiapa yang meningggalkan bagian tubuh yang harus dialiri air dalam mandi janabat walaupun satu rambut untuk tidak dibasuh dengan air mandi itu, maka akan diperlakukan kepadanya demikian dan demikian dari api neraka “. HR. Abu Dawud

Demikianlah Ulsan Hasbi Htc Mengenai Mandi Wajib, semoga artikel tata cara mandi wajib yang benar cara Mandi bersih diatas adalah cara mandi wajib menurut islam, bisa bermanfaat bagi wanita dan pria yang Ingin lebih tahu mengenai Mandi wajib. Wassalam

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com

   

56 thoughts on “Niat Mandi Wajib Dan Tata Caranya

  1. Yoshi Wafat says:

    :D gak sekalian di kasih yang bahasa arabnya sob?

  2. Hasbi Htc says:

    He he Anu Sob Saya Gak Kasi Masuk Bahasa Arabnya di Karenakan Template yang saya Pakai Gak support, saya Pernah coba Tulisan arab di Postingan sebelumnya dan Tulisanya Muncul cuma masalahnya Banyak Erooor di Tempate saya…:D

  3. Hayardin Putra says:

    selamat Pagi sobat Hasbi….Bagaimana kabarnnya ini sob ? Alhamdulillah saya juga sudah terbiasa berniat sesuai dengan yang Mas Hasbi uraikan di atas.sebagai seorang ummat Islam niat dan tata cara Mandi wajib memang wajib kita ketahui dan terapkan….

  4. Hasbi Htc says:

    Hayardin Putra Pagi Juga Sob Alhamdulillah Saya Sehat, Thanks atas Kunjungannya

  5. BlogS of Hariyanto says:

    alhamdulillah, terimakasih kawan sudah diingatkan tentang tata cara mandi wajib :-)

  6. Andi Illank says:

    Saran klo tulisan arab di ketik ulang di Word trus di SS, jadi bentuk PNG lalu post via gambar, sperti di cinikironk… ^_^
    akhirnya ktemu juga blog ta… hahhahaha

  7. Hasbi Htc says:

    @Andi Illank He he he Tarima Kasih Atas Sarannya BOS :D, Kapan-kapan Saya Akan Coba..

  8. daniel dotulong says:

    gan penggen tannya nih misalkan aku mandi junub .. aku niat terus sirem air ke seluruh badan kan setelah itu gosok badan biar merata air nya terus gosok” kemaluan 3x setelah itu gosok” ketembok 3x ambil air hudu tapi engga sampe kaki . nah setela itu aku shampoan,sabunan terus udah selesai baru ngambil air hudu untuk kaki gimana sah engga?

  9. Anonymous says:

    @daniel dotulong
    Sah karena wudhu itu cuma sunah

  10. Assalamualaikum….akhy hasbi….syukron kastr…ilnu pengetahuan yg sangat brmanfaat…..barokallahufikum
    wassalamualaikum

  11. Bjoey Ori says:

    Terima kasih atas infonya,,,

  12. Anonymous says:

    Biar kering gimana?

  13. mus de says:

    terimaksih, saya akan coba..

  14. Anonymous says:

    kalau keluar air mani disertai syahwat bisa?

  15. Anonymous says:

    assalamualaikum wr.wb
    saya mau tanya ni kalo mandinya pakai shower bukan pakai gayung boleh dan sah tidak?

  16. Anonymous says:

    terima kasih senoga menjadi pembelajaran bagi ummat islam ……..sebagaimana ajaran rasulullah nabi muhammad Sallalahi alahi wassalam amin……….

  17. PhysicohoLic says:

    Alhamdulillaah..terima kasih sarannya..

  18. Afdul Jafar says:

    gan wudhu nya make niat wudhu apa enggak ? trims

  19. Koko krisbiantoro says:

    Trimakash atas info nya, semoga kita lebih dekat dan di sayang Allah SWT .amin

  20. arif says:

    kalau wudhunya akhir gmna??? boleh gak….

  21. rio says:

    Kemarin aku sempet nnya ama ustad trus ama orng yg ngerti soal mndi wajib , katanya yang penting mandinya basah dan mengenai seluruh tubuh itu mnrut orng yg ngerti , nah klo kata ustad mending lu mandi pakek ember dan di guyur sebnyak 3X namun pda saat yg prtama harus didahulukan dari sbelah kanan trus menggosok-gosok dari atas smpe kaki , dan guyur kedua di tengah bdan ddan yg ketiga sbelah kiri trus menggosok-gosok dari atas smpe kaki jga .. itu aja yg ane di kasih tau olh ustad dikampung ane, maaf lahir batin atas kekurangan ama keslahannya !! trimakasih :D

  22. Fandi says:

    @Keren :D thanks

  23. pria says:

    @wow keren
    :poop:

    1. Hasbi Htc says:

      He he Thanks

  24. Daffa says:

    Mas mau nanya kalo misalnya belum mimpi basah tapi sudah keluar air mani gimana?

    1. Hasbi Htc says:

      Yach Harus Mandi Wajib Toh Kan Intinya Membersihakan Badan Nah Setelah Badan Bersih Barulah Bisa Mengerjakan Sholat :D

  25. Daffa says:

    Jadi saya termasuk sudah baligh atau belum pak hasbi?

  26. Daffa says:

    Terus kalo mb mandi besar lagi jangan pak?

  27. ijal cs'zasukee says:

    mandi junub hrus d sertai dgn niat,,tampa da niat mandi junub gak disah kan dlm agama islam

  28. satya says:

    Sob,maaf ni sebelumnya,klo habis onani itu mandi besar kaya gitu atau mandi yg lain?hehe maaf saya cuman nanya aja

  29. yongki irawan says:

    mkch ya dach ngasih tw caranya, tp ak pernah baca xlaw udah membersihkan kelamin menggunakn tangn kiri. teruz bukan di gosok ketembok tp mlah dibersihkn menggunakn sabun mandi.

  30. Nhormaliawaty Yunus says:

    Sbelum’x mv eaa udh brani masuk d.commentar nie . . :) :)

    Buat Hasbi Htc , ,
    Thank’z eaa . .
    Udh menjelaskan tentang Mandy Junub . .
    Dgan penjelasan’mu aq Bisa Lebih tau tentang Mandy Junub . :)

  31. Arhy Sinjai Blog says:

    Nice info kanda,

  32. ahmad kanji says:

    ustadz Hasbi pengen tanya, kalo misalnya paginya udah mandi biasa, trus siang/sorenya mandi wajib, mandi wajibnya sah ngga?

  33. Aga says:

    Klo puasa blm mandir besar puasa sah gk??
    Response Chet please

  34. Aga says:

    Klo di Keringkan pke handuk ttp blehkan

  35. mohd faris says:

    apa yang tertera sy mahu pelajari sebagai umat islam dan sebagai umat kepada adam

  36. rendy says:

    Maap ni sblmnya mau tanya, kalo niatnya bgini: nawaitu ghusla liraf’I'll hadasil asghari fardol lilla hita’allah… Truz mndi sprti bysa, sah gak

  37. andi.asrul says:

    assaalamu alaikum wr’wb………….. trima ksh banyak sob tlah menjelaskan ta2 cra mandi JINABAH.. sgat bermanfaat unt bg kaum muslim trutama bg kaum ADAM….. skali lg trimah ksh banyak sob…………… ^_^

  38. Aldi says:

    Saya mimpi basah ketika tidur sehabis sahur,nah saya kan baru sempat mandibesar dipagi harinya,apakah puasa saya masih sah hari itu? Soalnya kan mimpi basah tak ada yg bisa menebak.. Mohon bantuan penjelasannya

  39. reza says:

    assalamualaikum, saya mw tanya jikalau bagian kepla kita yg terkena luka dan jaitan, pada saat kemudian air mani kita yg keluar, diharuskn mandi wajib bagian luka / jaitan tidak boleh terkena air, bagaimana kita melakukan mandi wajib yg mengharuskan air mengenai sluruh tubuh + kepala, apakah mandi wajib saya di terima Allah S.W.T jikalau ,sedangkan sbgian dr kpla saya tidak terkena air? Mohon jawabannya ya…

  40. mimi says:

    niat mandi wajib haid klau niat mcm ni mcm plk? sahaja aku mengangkat hadas besar ke atas diriku tunai kerana ALLAH TAALA..mcm mn plk?

  41. Sandy cheeper says:

    Hukum mencicpi air mani apa min

  42. rizky younghusband says:

    Alhamdulillah. Tks gan informasinya

  43. dede says:

    Mau nanya nih,,
    Tp maafin sya sblumnya, sya beragama islam tp sya krng mengerti dgn mandi wajib,,
    Nah yg sya mau tanya NIFAS itu ap?
    Trs yg menyebabkan nifas itu apaan.
    Mngkn pertanyaannya bodoh bnget, tp srius sya bnar2 gk tau.

  44. dede says:

    Satu lagi mas ustad,,
    Klo kita madi wajib trus pake bahasa indonesia aja atau artinya aja kita baca, bukan bahasa arabnya,,
    Itu sah apa gk???

  45. yoga says:

    nifas itu keluar setelah ibu melahirkan sob,

  46. kenza says:

    @dede: nifas tuh keluarnya darah setelah melahirkan. spt haid selama 40 hari. (kira2 begitu)
    nih yg mo aku tanyain klo wudhu kan g boleh telanjang. nah trus gmn tuh? apa berarti pada awal mandi kita masih pake baju lengkap? trus baru dilepas setelah wudhu gitu?

  47. tantriningsih says:

    mndix pke air hngat syah gag?

  48. dandy says:

    terima kasih atas informasinya pak.
    sangat bermanfaat buat saya

  49. Sardi says:

    Alhamdlillah,,, terimakasih sudah membuat artikel ini sungguh sangat bermanfaat. smoga Allah membalas amal baik antum dengan kebahagiaan. amin

  50. Andalan Internet says:

    terima kasih atas informasinya pak.
    sangat bermanfaat buat saya

  51. kategori tebatas says:

    makasih gan artikelnya

  52. Rizki says:

    makasih sobat, sukses selalu :D

  53. fikran says:

    ass..
    mau nanya . kalo NIAT mandi wajib yang mengeluarkan air mani di sengaja. baccan
    NIAT nya apa. ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>