Mengenal Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

HASBIHTC.COM – Mimisan merupakan pendarahan yang keluar dari lubang hidung, pendarahan ini disebabkan karena lepasnya kelenjar mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil. Mimisan sering terjadi pada balita, anak-anak, dan orang dewasa bahkan mimisan kerap terjadi pada ibu hamil. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan mimisan ini terjadi, salah satu faktornya karena perubahan cuaca. Ada tiga faktor penyebab mimisan antara lain:

Mimisan

Gambar Mimisan/Pendarahan pada Hidung

Penyebab Mimisan Dan Cara Mengobati Mimisan

Faktor Penyebab Mimisan

1. Cuaca Panas. Saat cuaca panas, udara sekitar akan menjadi gersang. Sehingga ada bagian setrum yang mengering. Pada kondisi itu juga mengakibatkan iritasi dan pendarahan dapat terjadi.

2. Tumor. Jika seseorang menderita tumor di rongga hidung biasa disebut juga angiofibroma, dapat menyebabkan terjadinya mimisan. Tumor ini biasanya terjadi pada remaja. Seringkali terlihat seperti tonjolan-tonjolan sebesar biji nangka berwarna merah keputihan di hidungnya.

3. Demam berdarah. Salah satu penyebabnya juga adalah infeksi yang terjadi karena menderita demam berdarah. Hal ini merupakan tanda berbahaya pada kasus demam berdarah, karena merupakan tanda-tanda stadium berat.

Bagi sebagian besar orang, penyakit mimisan ini tidak terlalu berbahaya. Namun, kita harus menyadari jika hal ini terus terjadi dapat berakibat lebih besar terhadap kesehatan. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi mimisan atau pendarahan yang terjadi pada hidung yang hasbihtc rangkum dari berbagai sumber:

Mimisan

Mimisan

Cara Menangani Mimisan Pertolongan Pertama

  • Segera mendudukan penderita, hal ini agar hidung lebih tinggi dari jantung. Jika penderita tidur terlentang aliran darah ke hidung akan semakin cepat dan darah dapat tertelan oleh penderita sendiri.
  • Membungkukkan badan sedikit ke depan, dan biarkan bernapas dengan mulut.
  • Tekan cuping hidung selama kurang lebih lima menit.
  • Kompres hidung dengan kompres dingin, untuk memperlambat aliran darah yang menuju hidung.
  • Jika mimisan belum berhenti selama lima menit, tekan lagi cuping hidung selama kurang lebih sepuluh menit.

Mengatasi Mimisan dengan Daun Sirih

Mengobati Mimisan dengan Daun Sirih juga terbukti efektif, caranya penggunaanya siapkan 5 lembar daun sirih kemudian di remas-remas lalu gulung daun sirih dalam bentuk meruncing, lalu sumbat hidung dengan daun sirih, diamkan selama beberapa menit sampai pendarahan reda. Ingat jangan biarkan penderita menghembuskan nafas secara kencang melalui hidung.

Jika anda telah mengobati mimisan dengan cara diatas namun pendarahan tetap berlansung/tak juga berhenti, solusi yang terbaik adalah, selekasnya membawa anak atau keluarga anda ke rumah sakit untuk ditangani lebih lanjut oleh dokter.

Tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan, kecuali manusia tidak berusaha. Selalu berkonsultasi kepada dokter mengenai kondisi pasien. Ingat siapapun yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan pertolongan Allah. Demikian penjelasan hasbihtc penyebab mimisan dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com

Share It →