Mengenal Penyebab Kulit Bersisik dan cara Mengatasinya

HASBIHTC.COM – Kulit mulus adalah dambaan setiap orang, namun jika sebaliknya tentunya akan menganggu penampilan seseorang, hal inilah kadang menjadikan seseorang frustasi atau bahkan minder untuk tampil didepan umum, tahukah anda apa saja peyebab kulit bersisik? sebenarnya kondisi kulit bersisik disebabkan karena terkikisnya lapisan kulit yang paling luar yang di kenal dengan nama lapisan epidermis hal inilah yang menyebabkan kulit tidak elastis.

Jika kulit bersisik pada umumnya akan rentan terkena masalah serius, nah pada kondisi ini kadang timbul rasa gatal dan mau tidak mau pasti akan digaruk hingga dapat mengakibatkan kulit jadi iritasi dan mengalami ruam. Kulit bersisik kadang ditandai dengan mengelupasnya bagian kulit luar, kulit tampak kemerahan dan kasar. Pada saat kondisi seperti ini maka secara otomatis seseorang yang mengalami ganguan kulit bersisik, maka kulit tidak lagi bekerja sebagai pelindung tubuh bagian luar.

Penyebab Kulit Besisik dan cara Mengatasinya

Kulit Sehat dan Indah

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Bersisik

Penyebab Kulit Bersisik

Terdapat beberapa faktor penyebab kuit besisik antara lain:

  • Kurangnya perawatan kulit seperti memakai sabun atau krim pembersih kulit yang tidak tepat.
  • Untuk permasalahan pada kaki kadang diakibatkan oleh pemakian sepatu yang tidak atau pas atau sesuai dengan bentuk kaki hal ini akan menimbulkan rasa sakit dan dapat mengakibatkan infeksi jamur.
  • Gizi yang buruk atau pola makan tidak sehat adalah salah satu pemicu kulit bersisik
  • Kulit bersisik kadang muncul pada saat perubahan musim seperti terjadinya musim dingin yang tidak dapat kita hindari sehingga dapat terbentuk kulit kasar dan bersisik.
  • Selain itu peyebab kulit bersisik karena terjadinya regenarasi pada lapisan kulit yang terjadi secara cepat hinggah berakibat kulit bersisik dan terkelupas.

Nah bagi Anda yang mengalami kulit bersisik pada bagian tubuh tertentu, kiranya janganlah berkecil hati karena terdapat beberapa cara yang dapat anda kerjakan dalam mengatasinya, baik itu menggunakan ramuan alami kulit bersisik, ataupun menggunakan produk kesehatan dan kecantikan. Berikut tips mengatasi kulit bersisik.

Cara mengatasi kulit bersisik

1. Memakai minyak vitamin E
Minyak vitamin E di ketahui dapat dimanfaatkan untuk bermacam masalah kaki, lantaran ia memiliki sifat anti-oksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut

pada beberapa sel kulit dan mendorong pertumbuhan membran sel kulit yang sehat. Sebagian dermatologis juga mereferensikan pemakaian pelembab yang memiliki kandungan vitamin E sebagai bahan utama.

2. Menggosok Kulit
Basahi kulit yang bersisik, lalu mulailah menggosoknya dengan lembut memakai sarung tangan atau spons. Hal semacam ini dapat membantu menghilangkan beberapa sel kulit mati dan juga mengelupaskan kulit secara alami.

4. Meningkatkan konsumsi air
Kurangnya asupan air dapat bikin kulit kering yang bisa menyebabkan kulit bersisik serta kusam. Maka dari itu pastikan tubuh memperoleh asupan air yang cukup hingga kelembabannya terus terjaga.

5. Memakai pelembab kulit yang cocok
Salah satu langkah paling baik untuk menangani kulit bersisik yaitu memakai pelembab yang cocok dan memang di rancang untuk itu. Gunakan pelembab sambil dilakukan pemijatan saat sebelum tidur dan sesudah selesai mandi.

6. Memakai minyak zaitun
Perawatan memanfaatkan minyak zaitun adalah cara yang gampang untuk mengembalikan elastisitas kulit serta menyembuhkan kulit bersisik, lantaran ia membantu menjaga kelembapan. Langkah pemakaiannya dapat dicampur dengan minyak vitamin E selanjutnya dioleskan ke kulit yang bersisik.

Ramuan tradisional mengatasi kulit bersisik

Apabila kulit bersisik belum juga teratasi meskipun sudah menggunakan cara diatas kiranya anda tak perlu cemas. Cobalah mengunakan cara tradisional berikut untuk mengatasinya.

Ramuan Tradisional Kulit Bersisik

Buah yang baik untuk Kulit Bersisik

1. Jeruk Purut
Anda dapat mengunakan Jeruk purut yang sudah tua caranya cukup mudah dikerjakan yakni cukup membelah menjadi dua bagian kemudian digosokkan pada kulit kasar dan bersisik, lakukan hal ini sekali dalam sehari saat menjelang tidur malam, dan bersihkan saat pagi dengan air hangat.

2. Buah Nanas
Siapkan Buah nenas yang sudah matang kupas kulit nanas dan parut, dan hasil parutan buah nanas digosokkan pada kulit yang mengelupas dan bersisik, kerjakan sekali dalam sehari saat malam hari menjelang tidur, dan bersihkan pada pagi harinya.

3. Buah Mengkudu
Anda padat menggunakan Buah mengkudu yang telah matang belah dua lalu gosokan pada bagian kulit kaki yang bersisik diamkan selama 10-15 menit, dan bersihkan dengan air hangat, Ulangi hal ini sekali dalam sehari hingga memperoleh hasil yang memuaskan.

Nah demikian pejelasan mengenai peyebab dan cara mengatasi kulit bersisik secara alami, silahkan dipilih cara yang mana yang Anda anggap mudah untuk dikerjakan hingga anda mendapatkan kulit yang sehat indah dan mulus. Atas kehendak Tuhan hasilnya tidak akan mengecewakan anda, yang di perlukan hanyalah ketelatenan dan kesabaran dalam mengatasinya. Akan tetapi jika hal demikian tidak membuahkan hasil alangkah baiknya jika anda berkunjung ke dokter kulit terdekat dikota anda guna untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Share It →