Mengenal Penyebab Dan Cara Deteksi Kanker Payudara

HASBIHTC.COM – Payudara adalah salah satu bagian terpenting pada tubuh wanita yang harus di perhatikan kesehatannya, tahukah Anda bahwa penyebab kematian terbesar pada kaum wanita di Indonesia adalah Kanker Payudara, meskipun kanker payudara dapat disembuhkan namun bila terlambat mendapatkan pertolongan maka nyawa penderita tidak dapat diselamatkan, 1 dari 8 perempuan didiagnosa menderita kanker payudara, lantas bagaimana cara mengenali dan tahu jika seorang wanita terkena kanker payudara, berikut ini penjelasan singkat mengenai penyebab dan cara mengetahui kanker payudara sejak dini.

Ilustrasi Gambar Kanker Payudara

Ilustrasi Gambar Kanker Payudara sumber:Shutterstock

Penyebab Deteksi Dini Kanker Payudara

Penyebab Rasa Nyeri Pada Payudara

KETIDAKSEIMBANGAN HORMONAL/PENGARUH HORMON
Timbulnya rasa sakit/nyeri pada payudara diakibatkan karena terjadinya ketidakseimbangan dalam tubuh atau perubahan hormonal, Fase kehamilan, siklus menstruasi dan masa menopause adalah penyebab umum terjadinya perubahan hormonal wanita. Pada hakikatnya rasa nyeri pada payudara dapat dipicu karena terjadinya pengurangan pada hormon estrogen dalam tubuh wanita.

EFEK DARI PENGGUNAAN OBAT-OBATAN
Nyeri pada payudara Anda juga bisa disebabkan oleh efek samping yang disebabkan oleh obat-obatan. Beberapa obat memiliki dampak buruk pada produksi hormone estrogen dalam tubuh Anda. Padahal hormon ini penting untuk fungsi payudara agar tetap baik. Jika merasa sakit pada payudara, cobalah cek obat-obatan yang sedang Anda minum saat itu apakah memiliki efek samping.

PEMAKAIAN BRA TERLALU KETAT
Pemakaian bra yang terlalu ketat adalah hal yang dapat mengakibatkan rasa nyeri pada payudara. Sebaiknya gunakanlah bra yang ketat tidak karena hal ini dapat memberikan ruang payudara untuk bernapas. Atau kadang rasa nyeri disebabkan karena terjadinya perubahan pada payudara atau payudara sedang bertumbuh dan tidak diketahui, normalnya payudara wanita mengalami pembesaran 2 atau 4 tahun jika seorang remaja mengalami haid pertama.

TIDAK MENGGUNAKAN BRA SAAT BERAKTIFITAS
Beberapa perempuan merasa senang jika tidak menggunakan bra saat berada dirumah, terlebih saat berolahraga dalam rumah. Hal demikian merupakan cara yang salah untuk berolahraga. Karena tanpa ada bra, maka tidak ada yang menyangga payudara saat Anda melakukan berbagai gerakan dan hal ini dapat menjadi sebab rasa nyeri pada payudara.

KISTA
Jika anda merasakan ada benjolan pada puyudara yang disertai dengan rasa sakit ada baiknya jika anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapatkan penjelasan dan penanganan yang yang lebih serius. Karena bisa saja hal demikian merupakan kista yang mengakibatkan rasa sakit sakit pada payudara. dan lebih fatal jika kista dapat berkembang menjadi kanker, maka harus ditangani sesegera mungkin.

Cara Mendeksi Kanker Payudara Sendiri

Nah setelah anda mengetahui hal-hal yang dapat memicu terjadinya kanker payudara selanjutnya kenali juga cara mendeksi kanker payudara sendiri dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Berdirilah tegak menghadap cermin dalam kondisi terang. Amati jika adanya perubahan pada bentuk, permukaan kulit payudara, terjadi pembengkakan, atau perubahan pada bagian puting.

2. Letakkan kedua tangan pada pinggang, lalu condongkan bahu ke depan. Kembali dorong kedua siku ke depan dengan kuat sehingga membuat otot dada berkontraksi. Amati apabila terdapat perubahan pada payudara Anda.

3. Angkat kedua lengan dan letakkan di belakang kepala. Setelah itu, dorong siku ke depan dan amati payudara Anda. Dorong juga siku ke belakang dan amati bentuk serta ukuran payudara. Ketika melakukan gerakan ini, otot dada akan berkontraksi.

4. Angkat lengan kiri ke atas dan tekuk siku. Sementara itu, gunakan tangan kanan untuk meraba dan menekan area payudara. Cermati seluruh bagian kedua payudara dan raba hingga ke area ketiak. Raba lah dengan gerakan lurus dari atas ke bawah payudara dan sebaliknya. Kemudian lakukan gerakan melingkar di payudara. Lakukan juga dengan gerakan lurus dari tepi lingkaran payudara ke daerah puting dan sebaliknya.

5. Lakukan dalam posisi tidur. Letakkan bantal di bawah pundak kanan dan angkat lengan kiri ke atas. Kemudian amati payudara sebelah kanan sambil melakukan gerakan meraba seperti langkah keempat. Gunakan jari-jari Anda untuk tekan seluruh bagian payudara hingga daerah ketiak. Lakukan pula pada payudara sebelah kiri.

6. Terkahir Cubit kedua puting. Lalu, amatialah apakah ada cairan yang keluar dari puting payudara Anda.

Nah demikian ulasan admin hasbihtc.com mengenai penyebab rasa nyeri pada puyudara dan cara mendeteksinya, meskipun umumnya hal demikian dapat terjadi pada wanita akan tetapi Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi. ayo ajak teman Anda utuk mengenali penyebab rasa sakit pada payudara Jangan sampai diabaikan.