Mengenal Penyebab Bau Mulut dan Cara Perawatannya

HASBIHTC.COM – Mengenal Penyebab Bau Mulut dan Cara Perawatannya, atau Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Ampuh, Cara Sederhana Menghilangkan Bau Mulut ini saya dapatkan dari seorang dokter gigi berikut ini hasil Konsultasi saya pada pusat kesehatan gigi dan mulut yang ada di indonesia

Namun sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai tips dan solusi menanggulangi nafas tak sedap alangkah baiknya jika kita mengenal Definisi bau mulut atau Halitosis adalah istilah yang digunakan untuk Bau mulut, merupakan masalah yang sering dialami banyak orang dan menjadi hal yang dianggap memalukan.

Mengenal Penyebab Bau Mulut dan Cara Perawatannya

Gambar Ilustrasi Bau Mulut

Mengenal Penyebab Bau Mulut dan Cara Perawatan

Pasti anda sering menjumpai kejadian kejadian ini dikala anda sedang ngobrol atau berbincang-bincang dengan seseorang dengan jarak yang cukup dekat, sungguh satu hal yang tidak enak dan bagi kita jika mencium aroma bau tak sedap tersebut, serasa ingin menegurnya namun tak sampai hati, jaga etika dan perasaan,

Nah bagi anda yang merasa atau meragukan hal mengenai bau mulut terjadi pada diri anda kiranya anda tidak perlu cemas karena pada kesempatan kali ini hasbi htc akan berbagi tips kesehatan seputar gigi dan mulut silahkan di simak selengkapnya

Penyebab Bau mulut timbul karena adanya kandungan sulfur dalam napas. Halitosis dapat disebabkan oleh banyak hal, yaitu :

  • Kebersihan mulut yang buruk, sehingga jumlah bakteri sangat banyak dalam mulut dan di permukaan lidah. Tanpa pembersihan mulut yang baik, sisa makanan akan tertinggal dalam mulut dan menjadi lingkungan yang cocok untuk bakteri berkembang biak yang akan menyebabkan bau pada mulut. Selain itu, sisa makanan yang menempel pada gigi, gusi, dan lidah akan menyebabkan gingivitis (radang gusi) dan gigi berlubang, sehingga akan meningkatkan bau mulut dan rasa yang tidak enak di dalam mulut.
  • Pembersihan gigi tiruan yang kurang baik, Gigi tiruan atau gigi palsu yang jarang dibersihkan dengan baik dapat menyebabkan penumpukan sisa makanan dan bakteri pada permukaan gigi tiruan sehingga bisa menimbulkan bau dan nafas tidak sedap.
  • Penyakit gusi atau jaringan periodontal (jaringan penyangga gigi).
  • Penyakit sistemik. Bau mulut dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit tertentu, misalnya infeksi saluran pernapasan, gangguan pencernaan, diabetes, atau kelainan pada hati.
  • Xerostomia lebih dikenal dengan sebutan mulut kering.
  • Pemakaian beberapa obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mulut menjadi kering, terutama obat-obatan untuk mengatasi depresi dan tekanan darah tinggi. mulut kering juga dapat disebabkan oleh kelainan pada kelenjar ludah sehingga produksi ludah menurun. Selain itu, kebiasaan bernapas lewat mulut juga dapat menyebabkan mulut cenderung menjadi lebih kering.
  • kebiasaan Merokok.
  • Makanan yang membuat masam napas Anda contoh mengkomsumsi pete atau jengkol.
  • Sikat dan floss atau terlalu sering menyikat gigi

Setelah anda memahami Penyebab Bau mulut berikut 10 tips Menghilangkan Bau Mulut

  1. Gosoklah gigi sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi? Setelah makan pagi dan sebelum tidur.
  2. Sekali dalam seminggu, berkumurlah dengan obat kumur. Ini dapat membantu mencegah terjadinya plak dan karang gigi.
  3. Sikat gigi dengan baik dan benar, yaitu dengan menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi.
  4. Berhati-hati dalam menggunakan pemutih gigi.
  5. Pilih sikat gigi yang mempunyai bulu sikat lembut.
  6. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula seperti permen, atau makanan bertepung. Sisa-sisa makanan ini dapat melekat pada gigi.
  7. Konsumsi buah dan sayur yang dapat membersihkan gigi seperti apel, wortel, dan seledri.
  8. Batasi anggur merah, kopi, dan teh.
  9. Berhenti merokok.
  10. Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali secara rutin

Apakah Sahabat Pembaca Hasbi Htc Ingin Mengenal lebih jauh mengenai kesehatan gigi anda silahkan konsultasikan kesehatan anda pada dokter gigi terdekat di kota anda demikianlah ulasan artikel mengenai Mengenal Penyebab Bau Mulut dan Cara Perawatannya semoga dapat bermanfaat, baca juga Cara merawat gigi yang berlubang.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com

Share It →