Mengenal Penyakit Asam Urat dan Cara Mengobatinya

HASBIHTC.COM – Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelebihan zat purin dalam darah. Penyakit Asam urat adalah sisa metabolisme zat-zat purin yang berasal dari zat makanan yang masuk kedalam tubuh. Penyakit Asam urat di kategorikan dalam penyakit radang sendi dan merupakan salah satu dari 200 lebih bentuk penyakit radang sendi yang berbeda-beda.

Kadar asam urat dalam tubuh manusia memiliki standar tersendiri. Kandungannya diwajibkan tak boleh lebih dari dari 7 mg dalam tubuh. Dan apabila kandungan asam urat dalam tubuh melebihi jumlah standar tersebut, maka hal demikan dapat menimbulkan penyakit asam urat dan timbul rasa sakit yang begitu hebat pada bagian persendian tubuh.

Gejala Penyakit Asam Urat
Gejala awal terjadinya Asam urat adalah terjadinya pembengkakan di dalam serta di sekitar sendi mengalami peradangan, kulit pada atas sendi yang tampak mengilap dan memerah. Rasa sakit yang tak tertahankan terlebih saat sendi tersentuh oleh tangan atau benda apapun, bahkan jika tersentuh sarung atau selimut sekali pun. Saat radang pada sendi mereda, kulit pada area tersebut terlihat terkelupas dan timbul rasa gatal. Sendi-sendi yang rawan serangan penyakit asam urat seperti : pergelangan kaki, kaki bagian tengah, lutut, pergelangan tangan, jari tangan dan siku.

Penyakit Asam Urat

Faktor Penyebab Asam Urat
Gaya hidup tidak sehat, seperti makan makanan yang mengandung kadar zat purin yang tinggi, juga akan mempengaruhi tingginya resiko seseorang dalam mengidap penyakit asam urat.
Faktor Genetik penyakit asam urat sering dikaitkan dengan faktor gen atau keturunan, dengan faktor ini akan mudah terkena asam urat apabila seseorang memiliki garis keturunan asam urat dalam keluarganya.
Jenis Kelamin, Kaum Pria memiliki resiko mengalami penyakit asam urat lebih tinggi ketimbang wanita.

Bahaya Penyakit Asam Urat

  • Rasa sakit yang berlebih pada bagian sendi begitu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.
  • Asam urat tinggi, dapat membentuk kristal yang dapat memperngaruhi kinerja ginjal.
  • Bahaya asam urat tinggi serta kelebihan asam urat pada urine dapat menjadi pemicu terjadinya batu ginjal.
  • Asam urat atau Hiperurkemia memiliki hubungan erat dengan penyakit jantung koroner yang dapat berujung pada kematian.

Ramuan Tradisional Asam Urat

Asam urat tidak hanya menyerang kalangan orang tua saja akan tetapi semua umur dapat terserang penyakit ini, Ada beberapa pilihan obat asam urat yang dapat anda manfaatkan dan setiap orang memiliki kecocokan yang berbeda-beda mengenai obat alami asam urat tersebut silahkan memilih mana yang terbaik. Berikut ini adalah beberapa resep alami obat tradisional asam urat yang mampu untuk mengobati penyakit Anda.

Daun Seledri
Siapakan 5 lembar daun seledri lalu cuci sampai bersih, lalu iris tipis-tipis, selanjutnya rebus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas saja, Matikan api dan dinginkan lalu saring. Minum ramuan sambiloto ini secara sekaligus, peringatan resep daun seledri ini tidak cocok diminum oleh penderita gangguan ginjal.

Daun Sambiloto
Ambil 7 sampai 8 helai daun sambiloto dan giling kering sampai halus. Selanjutnya masukkan kedalam gelas dan seduh dengan air panas lalu tunggu hingga dingin. Minum ramuan ini sekaligus, Ingat sebaiknya jangan berlebihan takaran karena dapat menimbulkan rasa mual dan tak enak dilambung.

Buah Pare
Siapakan 3 biji buah pare yang sudah di cuci sampai bersih selanjutnya potong tipis-tipis dan rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Tunggu sampai dingin dan saring, minum ramuan ini dua kali sehari masing-masing setengah gelas sekali minum.

Daun Salam
Siapakan 10 lemabr daun salam, cuci sampai bersih selanjutnya rebus dengan tiga gelas air dan biarkan hingga tersisa satu gelas. Angkat dan dinginkan lalu disaring. Minum ramuan daun salam ini dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

Daun Avokad
Siapkan tujuh helai daun avokad dan cuci sampai bersih selanjutnya rebus daun avokad ini dengan tiga gelas air bersih hingga tersisa satu gelas. Tunggu sampai benar-benar dingin lalu saring, minum ramuan ini dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

Tips mengurangi kadar asam urat dalam tubuh

Perbanyak minum air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas perhari
Konsumsi Makanan yang mengandung potasium tinggi
Sebaiknya menghindari makanan pemicu asam urat seperti Jeroan, coklat, kafein, melinjo, emping, kedelai dan makanan hasil laut.

Saat ini, obat-obat kimia untuk mengobati penyakit ini sangat mudah ditemukan di apotik bahkan bisa dijual bebas. Akan tetapi sebagian orang lebih memilih pengobatan secara alami. Selain aman dari efek samping juga kita dapat meminimalisir konsumsi dari bahan-bahan kimia.

Nah dimikianlah ulasan tips kesehatan Hasbihtc mengenai Asam urat dan pengobatanya, jika anda telah menempuh cara-cara diatas dan tidak membuahkan hasil sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit, atau tubuh mengalami demam akibat asam urat tinggi, serta terjadi pembengkakan dan rasa sakit pada sendi yang terus menerus selama 24 jam. Dikhawatirkan Anda mengalami infeksi di dalam sendi yang harus mendapat penanganan medis karena dapat berpotensi fatal.

Share It →