Mengenal Manfaat Dan Khasiat Buah Pinang

HASBIHTC.COM –  Pinang yaitu sejenis palm yang tumbuh di daerah Pasifik yakni kawasan asia serta Afrika bagian timur. Pinang juga ialah nama buah yang diperdagangkan orang terdapat beragan nama daerah salah satunya yaitu pineung Aceh, pining Batak Toba, Alosi dalam bahasa bugis, rappo dalam bahasa makassar, penang jambe wua, pua bua, ua, fua, hua bermacam bhs di Nusa Tenggara serta Maluku dan terdapat beragam sebutan lainnya dari buah pinang sedangkan dalam bhs Inggrisnya di kenal sbg Betel palm atau Betel nut tree, serta nama ilmiahnya yaitu Areca catechu.

Cir ciri Tumbuhan Pinang

  • Batang lurus langsing, bisa meraih ketinggian dua puluh lima meter dengan diameter lingkaran 15 cm, Tajuk tak rimbun.
  • Pelepah daun berwujud menyerupai tabung dengan panjang 80 cm
  • Tangkai daun pendek helaian daun panjangnya hingga 80 cm
  • Anak daun 85 x 5 cm, dengan ujung sobek serta bergerigi.
  • Tongkol bunga yang memanjang serta gampang rontok Keluar di bawah daun
  • Biji Berwujud Lonjong menyerupai telur.
  • Pinang bisa tumbuh pada sampai ketinggian 1. 400 mtr. di atas permukaan laut.
Manfaat Dan Khasiat Buah Pinang

Gambar Buah Pinang

Manfaat Dan Khasiat Buah Pinang

Pinang khususnya ditanam untuk digunakan bijinya, yang didunia Barat di kenal sbg betel nut. Biji ini di kenal untuk diantara campuran saat orang makan sirih, tak hanya gambir dan kapur. Manfaat Buah Pinang Secara tradisional yakni biji pinang dipakai dalam ramuan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti:

1. Menghentikan Pendarahan

Buah pinang diakui bisa menghentikan pendarahan, hal semacam ini disebabkan lantaran pada buah pinang mempunyai kandungan senyawa choline atau Kolina merupakan bahan kimia organik yang perlu untuk makanan, bahan kimia yang ada pada pinang ini banyak memiliki kandungan Vitamin B.

2. Menyembuhkan Kudis

Khasiat Dan Manfaat Buah Pinang bisa dipakai untuk obat kudis caranya ambilah sebagian buah pinang yang sudah kering. Tumbuk hingga halus seperti bubuk jamu. Supaya bubuk pinang bisa menempel pada permukaan kulit pergunakanlah minyak kelapa. Minyak kelapa ini digabungkan serta di aduk hingga rata. Sebelum akan menggunakan obat ini terlebih dulu tangan atau kaki yang kudisan dicuci bersih dengan air hangat.

3. Sebagai Obat Cacing

Manfaat Serta Kegunaan Buah Pinang yang lainnya yaitu bisa dipakai untuk obat cacing atau cacingan. cara ambilah bubuk pinang, lalu di seduh dengan air panas. Minumkanlah pada anak yang cacingan. Perut anak yang cacingan dan terlihat buncit bakal kempes serta cacing dalalm perut bakal mabuk dan mencari jalan keluar.

4. Memperkecil Rahim

Biji buah pinang yang masih muda diakui bisa memperkecil rahim wanita sehabis melahirkan. Biji buah pinang yang masih muda bisa di rebus serta meminum air rebusan biji buah pinang itu.

5. Zat Pewarna Alami

Zat pewarna alami yang terdapat didalam buah pinang muda benar-benar banyak dipakai untuk bahan pewarna serat. Jauh lebih gampang, alami dan pasti berkwalitas. Warna merah pada pinang yang masih muda ini berasal dari senyawa phobapheen yang terdapat didalamnya.

6. Mencegah Mata Rabun

Mengunyah serta meminum air buah pinang bisa hindari terjadinya mata rabun meminum serta menguyah buah pinang juga dipercaya dapat menambah gairah pada pria dewasa.

Fungsi Akar Daun dan Batang buah Pinang

Akar pinang type pinang itam, di zaman dahulu dipakai untuk bahan peracun untuk singkirkan musuh atau orang yg tidak disenangi. Pelepah daun yang seperti tabung (di kenal untuk upih) dipakai untuk pembungkus kue-kue serta makanan. Umbutnya dimakan untuk lalapan atau dibikin acar. batang pinang sangat berjasa yang senantiasa turut serta pada waktu memperingati HUT RI yang batangnya dipakai untuk lomba panjat pinang.

Ditinjau Secara medis mereka yang teratur konsumsi pinang muda malahan mendapatkan faedah yang lebih baik. Bila tidak senang dengan warnanya yang menempel pada gigi, Anda dapat coba kapsul ekstrak pinang muda yang saat ini mulai marak di kembangkan oleh produsen obat herbal. Demikan ulasan singkat mengenai manfaat pinang semoga bermanfaat.

Share It →