Mengenal Legenda Putri Duyung Manusia Setengah Ikan

HASBIHHTC.COM – Asal Usul Putri Duyung, putri duyung sebuah kajian tentang mitos secara ilmiah yang masih menjadi rahasia yang tak tepecahkan. Mahluk laut bertubuh manusia setengah ikan ini di anggap ada oleh hampir seluruh penduduk bumi. Banyak wilayah di belahan dunia memiliki ceritanya masing-masing mengenai sosok misterius putri duyung.

Legenda asal mula kisah legenda putri duyung (Mahluk yang bagian pinggang keatas berwujud tubuh wanita cantik serta pinggang ke bawah tertutup sisik seperti ekor ikan besar) yang selama ribuan tahun duyung sudah menjadi legenda.

Penasaran! bagaimana alam ilmiah menyikapi fenomena duyung di Lautan? apa sajakah cerita asal usul putri duyung itu? Seperti apa mitologi orang-orang melihat keberadaan putri duyung. nah di bawah ini admin hasbihtc mengemas secara khusus tentang kisah putri duyung dari berbagai belahan Dunia.

Legenda Putri Duyung

Legenda Putri Duyung Dari Berbagai Belahan Dunia

1. Putri Yang Dikutuk Versi Assyiria
Dari beberapa bukti sejarah, asal usul putri duyung pertama kalinya diketemukan dalam perkamen serta naskah-naskah tua budaya Assyria yang diprediksikan berasal dari sekitar tahun 1. 000 Sebelum Masehi. Dalam sebuah catatan sejarah yang ditemukan para arkeolog di wilayah sekitar, di ketahui bahwa orang-orang Assyria saat itu percaya bila putri duyung adalah putri raja yang dikutuk oleh alam lantaran membunuh suaminya.

Dari kesalahan yang diperbuatnya Ia menceburkan diri ke Laut tengah dan berubah bentuk menjadi manusia setengah ikan. di mana bagian pinggang ke atas berwujud perempuan bertubuh cantik, sedangkan bagian pinggang kebawah bersisik dan bebentuk ikan. Ia kemudian tinggal di laut dan kerap mengganggu kapal2 yang lewat diatas tempat tinggalnya. Ia bakal menenggelamkan dan membunuh seluruhnya awak kapal yang berlayar di lautnya sebagai balasan atas kutukan alam yang didapatkannya.

Dalam kisah lain diceritakan bahwa dewi atargatis jatuh hati pada seseorang gembala, yang lalu terbunuh olehnya. Karena merasa malu, lalu ia menceburkan diri ke danau untuk merubah diri menjadi ikan. Tetapi, air tidak dapat merubah dirinya seutuhnya lantaran ia masih memiliki kemampuan sebagai seorang dewi. dan selanjutnya hanya separuh badannya yang menjadi ikan.

2. Nelayan yang Dikutuk Versi Jepang
Dalam keyakinan Shinto di Kota Fujinomiya Jepang, asal usul putri duyung dihubungkan dengan cerita seorang nelayan yang dikutuk lantaran ia tidak mematuhi janji. Ia berjanji pada gurunya tidak untuk mengonsumsi makanan yang bersumber dari hewan, tetapi ia memungkiri janjinya. Ia malah membunuh banyak hewan untuk di ambil dagingnya serta dikonsumsi. dari pengingkaran itu. Wujudnya berubah menyerupai moster setengah ikan dan menghilang ditelan laut.

Seiring waktu berjalan, kepercayaan agama Shinto itu membuahkan sebuah hukum. Beberapa pengikutnya dilarang untuk mengonsumsi semua makanan yang mempunyai nyawa. Mereka percaya, pelanggaran pada hukum ini bakal membuat mereka berubah jadi monter ikan. hal tersebut bukan sekedar omong kosong, bukti keampuhan hukum ini benar-benar ada. Bukti yang dapat kita saksikan sampai sekarang ini.

Bukti itu terdapat di sebuah Kuil Shinto Fujinomiya. Disana ada sebuah mummi duyung berumur 1. 400 tahun, tinggi 170 cm, setengah badannya bersisik persis ekor ikan, kuku-kukunya panjang mencapai 20 cm, berkepala besar, hanya mempunyai sedikit rambut, hanya sejumput rambut yang tumbuh di depan kepala, mata serta mulutnya terbuka, Mummi duyung yang saat ini menjadi satu-satunya yang ada di dunia.

3. Duyung Si Pengawal Dewa Dewi Laut Versi Yunani dan Romawi
Lain perihalnya dengan mitologi Assyiria, mitologi Romawi dan Yunani malah berasumsi asal usul putri duyung benar-benar sengaja di ciptakan dewa dan dewi laut seperti Neptune,Poseidondan Triton. Mereka di ciptakan untuk menjadi pengawal kerajaan serta menemani beberapa dewa dan dewi dalam perjalanan mengitari laut.

Putri duyung dalam mitologi Romawi dan Yunani tak terbatas pada wanita. Mereka yakin bila duyung juga memiliki 2 jenis kelamin, wanita serta laki-laki sama dengan manusia. Mereka juga yakin beberapa duyung pengawal kerajaan mempunyai kemampuan yang amat dahsyat. Duyung-duyung ini di anggap juga sebagai penjaga laut hingga ia kerap menenggelamkan kapal-kapal dengan muatan dan orang-orang jahat.

4. Kisah Ikan Duyung Versi Indonesia
Di Indonesia, ikan duyung memiliki bentuk seperti lumba-lumba yang hidup berkelompok di perairan Timur Indonesia. Ikan ini sangat jinak serta termasuk binatang mamalia laut, dikarenakan menyusui anaknya seperti ikan paus yang kerap tertangkap oleh para nelayan. Uniknya apabila bersentuhan dengan udara, pada bagian kelopak mata keluar air. Air inilah mungkin yang kerap dikenal dengan nama air mata duyung diambil dan diolah jadi minyak duyung yang konon bermanfaat dalam pengobatan.

5. Cerita Asal Usul Putri Duyung dari Belahan Dunia Lainnya
Terkecuali keempat mitos diatas, ternyata cerita asal usul putri duyung juga masih tetap dapat diketemukan di belahan bumi yang lain. Seperti di Eropa barat mengaitkan putri duyung dengan gadis yang bunuh dirl dengan cara terjun ke lautan, di Rusia Timur yang mengaitkan asal usul putri duyung dengan Rusalka sesosok hantu wanita yang kerap menakuti beberapa pria di pesisir laut, di China yang mengaitkan putri duyung dengan cerita kerajaan laut.

Penjelasan Dalam Al Quraan Mengenai Jenis Hewan Air:

Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Allah menciptakan Hewan-hewan hidup di darat dan lautan, dengan sifat-sifat yang beraneka ragam sungguh menyenangkan jika di pelajari (Al-Qur’an/An-Nur)

Fakta tentang Putri Duyung menurut Kajian Ilmiah

Walau cerita asal usul serta bukti-bukti fosil banyak diketemukan di beberapa belahan dunia, sampai saat ini putri duyung masih tetap menjadi misteri. Tentang benar atau tidaknya kehadiran manusia setengah ikan ini di laut dunia, sampai saat ini masih tetap belum bisa dibuktikan, bahkan setelah beberapa pakar biologi yang tergabung dalam World Association Biological (WAB) danmelakukan penelitian panjang.

Hasil penelitian yang menghabiskan dana sampai 3 juta US, dan hanya menghasilkan temuan-teemuan hewan laut langka yang memang secara fisik mempunyai kemiripan dengan ciri fisik putri duyung dalam mitologi dunia. sekurang-kurangnya ada tiga hewan tersebut. Dugong, Sea cow, Manatee itulah namanya.

  • Dugong yaitu mamalia laut yang diketemukan di perairan dangkal pantai India sampai Australi, yang warnanya coklat kelabu, tubuhnya panjang kurang lebih 2, 7 meter, dan hidup sampai usia 70 tahun.
  • Sapi Laut/Sea Cow merupakan mamalia laut yang besar tubuhnya panjang 6, 7 meter. Memiliki bentuk seperti sapi hanya saja tidak memiliki kaki. Bagian badan belakangnya sama dengan ikan pada umumnya, mempunyai sirip dan bersisik.
  • Mantee yaitu ikan sepanjang dua meter dengan bentuk tubuh bagian atas mirip seperti wanita. Mempunyai rambut panang serta hidup di perairan karibia sampai Amerika Selatan persis sama dengan Jengl0t berbentuk raksasa

Sampai saat ini asal usul mengenai kebenaran adanya putri duyung masih dipercaya sebagai perwujudan makhluk setengah ikan setengah manusia. Mulai dari belahan bumi barat sampai timur, utara dan selatan. Kisah-kisah duyung memberi warna khazanah mitologi serta misteri dari lautan yang tidak terpecahkan, entalah apakah putri duyung hanyalah sebuah cerita misteri belaka, atau hanya sekeder dogeng atau legenda ataukah hal ini benar-banar nyata adanya.

Share It →