Mengenal Kandungan dan Banyaknya Manfaat Kunyit

HASBIHTC.COM – Siapa tak kenal kunyit? Rempah tradisional yang satu ini sangat mudah ditemukan di Indonesia dan menjadi bumbu dapur yang sangat khas untuk membuat berbagai macam masakan. Kunyit dikenal sebagai salah satu bahan rempah tradisional yang bukan hanya berguna untuk melengkapi kebutuhan bumbu dapur di rumah, tetapi juga berkhasiat untuk memberikan pengaruh yang baik pada kesehatan. Segudang manfaat kunyit terhadap kesehatan telah dimanfaatkan oleh berbagai kalangan. Para ahli pun menemukan berbagai macam kandungan penting di dalam kunyit yang dipercaya mampu memberikan khasiat luar biasa pada kesehatan.

Kandungan nutrisi dalam kunyit

Curcuma demostica alias kunyit termasuk ke dalam kategori tanaman temu-temuan atau jahe-jahean. Warnanya yang kuning merupakan salah satu ciri khas yang membedakan kunyit dengan tanaman rempah atau bahan herbal lainnya. Rempah yang satu ini memiliki banyak manfaat. Berbagai macam manfaat kunyit untuk kesehatan diperoleh karena kandungannya sangatlah beragam. Beberapa bahan alami yang terkandung di dalam kunyit antara lain:

Mineral berupa kalsium, mangan, zat besi dan lain-lain.

  1. Zat kurkuminoid.
  2. Minyak atsiri.
  3. Vitamin C.
  4. Glukosa, arabinosa dan masih banyak lagi.

Manfaat Kunyit

Segudang manfaat kunyit bagi kesehatan

Sebagai bahan herbal yang berasal dari alam, tentu saja kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berbagai macam penyakit bisa diatasi dengan memanfaatkan kunyit sebagai salah satu bahan herbal pengobatan yang digunakan. Selain itu, kunyit juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagi macam penyakit sehingga pemanfaatannya bisa diterapkan oleh semua orang. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat kunyit yang sangat spesial sebagai salah satu bahan herbal yang mudah ditemukan.

Menangani radang sendi

Kunyit terbukti secara klinis mampu menetralisir pengaruh buruk radikal bebas dan bahan kimia dalam tubuh yang memicu masalah kerusakan sendi. Manfaat kunyit sebagai penetralisir radang sendi kronis dapat diperoleh karena kunyit memiliki antioksidan yang sangat tinggi. Berbagai masalah sendi seperti rasa kaku dan nyeri sendi bisa ditangani dengan memanfaatkan kunyit. Hal ini jelas jauh lebih aman dan efektif daripada mengonsumsi obat-obatan berbahan kimia yang lain.

Mencegah kanker

Tingkat antioksidan yang tinggi di dalam kunyit juga membuat bahan herbal satu ini dapat mencegah resiko kanker dengan baik. Zat kuning pada kunyit atau biasa disebut dengan curcumin dapat menghambat proses pembentukan tumor dan mencegah perkembangan sel kanker secara efektif. Bahkan sel-sel kanker dapat dihancurkan sehingga resiko dan proses pertumbuhannya dapat dihentikan. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dengan memaksimalkan manfaat kunyit yaitu kanker hati, usus besar, kanker prostat dan kanker darah.

Meminimalisir resiko penyakit kardiovaskular

Bagi Anda yang memiliki resiko penyakit kolesterol, darah tinggi, jantung, stroke dan berbagai masalah kardiovaskular lainnya, kunyit bisa dijadikan sebagai salah satu bahan herbal berkhasiat yang efektif untuk meminimalisir resiko yang ada. Manfaat kunyit yang satu ini bisa diperoleh dengan mudah karena kandungan vitamin di dalamnya sangatlah besar. Berikut ini cara memanfaatkan kunyit untuk menurunkan tekanan darah dan melindungi sistem peredaran darah, yaitu:

  • Siapkan kunyit segar, daun pegagan, madu dan air secukupnya.
  • Haluskan dan rebus semua bahan sampai mendidih dan matang.
  • Biarkan sedikit dingin lalu minum secara rutin untuk mendapat khasiatnya.

Mencegah depresi

Aktivitas yang padat memicu banyak masalah kesehatan, termasuk depresi dan rasa stress yang memuncak. Untuk menghilangkan depresi yang mulai Anda rasakan, kunyit bisa menjadi salah satu bahan herbal yang tepat untuk dijadikan pilihan. Kandungan alami dalam kunyit bisa membantu fungsi neutropik lebih maksimal sehingga manfaat kunyit sebagai bahan herbal anti depresi bisa didapatkan.

Menurunkan demam

Panas demam merupakan masalah kesehatan yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Pemicu peningkatan suhu badan diantaranya yaitu penurunan sistem imun tubuh akibat faktor cuaca yang tidak bersahabat. Menurunkan panas demam menjadi salah satu manfaat kunyit yang bisa Anda manfaatkan. Berikut ini cara menurunkan panas demam menggunakan kunyit sebagai bahan herbal, yaitu:

  • Bersihkan kunyit secukupnya dan parut sampai halus.
  • Tambahkan air panas dan aduk sampai kunyit larut.
  • Saring air tersebut dan minum larutan kunyit secara rutin agar panas demam turun.

Menambah stamina

Salah satu manfaat kunyit yang sangat berguna untuk semua orang adalah sebagai penambah stamina. Seperti tanaman herbal temu-temuan yang lainnya, kunyit juga berguna untuk meningkatkan stamina tubuh Anda dalam beraktivitas. Selain itu, vitalitas tubuh pun akan meningkat dengan mengonsumsi kunyit secara berkala. Berikut ini cara memanfaatkan kunyit sebagai obat herbal penambah vitalitas, yaitu:

  • Parut kunyit yang sudah dibersihkan.
  • Ambil air perasan kunyit parut dan campurkan dengan telur ayam kampung, madu, air jeruk nipis dan lada secukupnya.
  • Konsumsi ramuan tersebut secara rutin dan rasakanlah khasiatnya.

Menghilangkan bau badan

Bermasalah dengan bau badan? Tak perlu bingung mencari deodorant atau parfum mahal, kini kunyit bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal penghilang bau badan yang bekerja dari dalam. Manfaat kunyit yang satu ini bisa didapat dengan mudah. Berikut ini cara memanfaatkannya, yaitu:

  • Siapkan kunyit segar yang sudah dibersihkan.
  • Parut kunyit hingga halus dan larutkan dengan air panas.
  • Campurkan gula aren ke dalamnya, aduk sampai tercampur rata.
  • Saring air tersebut dan minum secara rutin sebelum tidur untuk mengatasi bau badan.

Ragam manfaat lainnya

Selain bermanfaat untuk menghadapi berbagai macam masalah kesehatan di atas, kunyit juga memiliki segudang manfaat lain yang tidak ada habisnya. Beberapa manfaat kunyit yang dimaksud yaitu meredakan gatal akibat cacar air, mencegah dan mengobati malaria, menangani masalah diare dan buang air besar, menghilangkan borok, kurap dan gatal-gatal sebagai obat luar, mengatasi keputihan, menangani terlambat datang bulan, memperlancar ASI dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Bahkan ada juga berbagai macam manfaat kunyit yang bisa diperoleh dalam bidang kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan kunyit sebagai bahan herbal kecantikan, yaitu:

  1. Mengobati dan menghilangkan jerawat.
  2. Menghaluskan kulit dan menyamarkan kerutan.
  3. Menjaga keremajaan kulit dan mencegah penuaan.
  4. Mengatasi masalah kulit berminyak yang berlebihan.
  5. Mengangkat sel-sel kulit mati dan mengatasi kulit gelap.
  6. Meminimalisir rambut rontok dan masalah ketombe yang berkepanjangan.

Memanfaatkan kunyit sebagai obat herbal

Walaupun kunyit memiliki segudang manfaat yang luar biasa, tentu saja pemanfaatannya perlu dilakukan dengan cerdas dan cermat, yaitu:

  • Pastikan komposisi penggunaannya diperhatikan dengan seksama.
  • Amati khasiat yang dihasilkan dan hentikan pemakaian jika muncul efek samping yang ditimbulkan.
  • Sesuaikan cara pemakaian berdasarkan kebutuhan, misalnya diolah sebagai bumbu masakan, ramuan tradisional atau diaplikasikan untuk bagian luar.

Dengan memahami kandungan, manfaat kunyit dan cara memanfaatkannya dengan benar, maka semua khasiat yang ditawarkan pasti bisa Anda dapatkan secara maksimal!

Share It →