Mengenal Jenis Manfaat Dan Arti Bunga Teratai

HASBIHTC.COM – Jenis jenis bunga teratai serta manfaat dan makna bunga Teratai, teratai atau Nymphaea yaitu nama genus untuk tanaman air yang berasal dari suku Nymphaeaceae. Dalam bhs Inggris di kenal untuk water-lily atau waterlily. Sedangkan negara Indonesia sendiri teratai juga dipakai untuk menyebutkan tanaman dari genus Nelumbo lotus. Pada zaman dahulu kala, orang orang memanglah kerap mencampuradukkan pada tanaman genus Nelumbo seperti seroja dengan genus Nymphaea teratai. Pada Nelumbo, bunga ada diatas permukaan air namum tdk mengapung, yang kelopaknya bersemu merah teratai berwarna putih sampai kuning, bentuk daun berupa lingkaran penuh serta rimpangnya umum dikonsumsi.

Mengenal Jenis Manfaat Dan Makna Bunga Teratai

Gambar Bunga Teratai

Mengenal Jenis Manfaat Dan Makna Bunga Teratai

Ciri ciri Bunga Teratai
Tanaman teratai tumbuh diatas permukaan air yang tenang. Bunga serta daun ada di permukaan air yang keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang ada didalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau kawasan rawa rawa. Tangkainya terdapat di tengah-tengah daun. Daun berupa bundar atau wujud oval yang lebar yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Permukaan daun tak memiliki kandungan susunan lilin hingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membuat butiran air.

Bunga ada pada tangkai yang disebut perpanjangan dari rimpang. Yang berdiameter bunga pada 5-10 cm. Teratai terbagi dalam kurang lebih 50 spesies yang menyebar dari lokasi tropis sampai daerah subtropis seluruh belahan bumi. sedangkan jenis teratai yang tumbuh di daerah tropis berasal dari Mesir.

Arti Bunga Teratai
Teratai putih melambangkan Bodhi Sansekerta untuk pencerahan. Murni melambangkan badan, pikiran serta jiwa, berbarengan dengan kesempurnaan spiritual serta perdamaian karakter seorang. Suatu bunga teratai biasanya dilengkapi dgn 8 kelopak saja, yang sesuai dengan Delapan Jalan Hukum Baik. Teratai putih di anggap sbg teratai dari Budha (namun tdk Buddha sendiri) lantaran dijelaskan diatas simbol-simbol yang berkenaan dengannya.

# Teratai Biru
Teratai biru melambangkan semangat kontrol atas satu diantara indera material. Jadi lambang pengetahuan, kebijaksanaan serta kecerdasan. Teratai biru yaitu teratai yang berkenaan dengan Manjusri, serta juga adalah satu diantara atribut dari Prajnaparamita, perwujudan dari kesempurnaan kebijaksanaan.

# Teratai Merah
Teratai merah melambangkan situasi asli hati. lambang cinta, kasih sayang, keaktifannya, nafsu serta emosi lain yang berkenaan dengan hati Teratai merah umumnya digambarkan dengan kelopak terbuka, yang barangkali untuk melambangkan keindahan serta keterbukaan hati yang berikan.

# Teratai Merah Muda
Teratai merah muda yaitu teratai paling tinggi, kerap dihubungkan dengan dewa paling tinggi, Sang Buddha sendiri. Walau kerap bingung dengan teratai putih, itu yaitu teratai merah muda yang melambangkan Buddha di mana teratai putih dipakai untuk tokoh-tokoh suci yang lebih rendah.

# Teratai Ungu
Teratai ungu di kenal untuk mistik teratai, dan cuma diwakili dalam sebagian sekte Buddha esoterik. Teratai ini kerapkali digambarkan cara-cara itu kemungkinan mekar atau cuma suatu kuncup saja. Hal semacam ini bisa di dukung oleh satu batang, sebuah batang 3 yang melambangkan tiga sisi dari Garbhadhatu

Khasiat Manfaat Bunga Teratai
Adapun khasiat bunga teratai untuk mengobati beberapa type penyakit dan dibawah ini cara cara mengolaah bunga tertai :.

1. Batuk berdarah
Ambillah rimpang teratai seperlunya, bersihkan hingga bersih, lalu potong-potong sekedarnya lalu kita buat juice, sampai terkumpul 1 gelas 250 cc, minumlah sekaligus.

2. Darah tinggi
Ambillah 10 gram biji teratai serta 15 gram tunas biji teratai (lien sim), lalu ke-2 bahan itu rebus dengan 350 cc air sampai mendidih serta airnya menyusut jadi 200 cc. Minum tiap-tiap hari seperti dikala minum teh atau kopi.

3. Obat disentri
Ambillah 50 gram rimpang teratai serta 10 gram jahe, bersihkan hingga bersih, buat juice lewat cara diblender lalu imbuhkan air 100 cc, setelah itu di rebus hingga mendidih, sesudah dingin imbuhkan 1 sendok makan madu. Aduk hingga rata lalu minum.

4. Obat mimisan
Ruas akar teratai dicuci hingga bersih setelah itu kita blender, ambillah airnya. teteskan air ramuan itu kehidung.

5. Obat diare
Ambillah 50 gram rimpang teratai serta 15 gram jahe, buat juice ke-2 bahan itu, lalu minum tiga kali satu hari.

Demikian artikel tentang Makna Bunga Teratai, Khasiat bunga tertai serta jenis jenis bunga teratai semoga dapat bermanfat.