Mengenal Jenis Ikan Arwana Dan Cara Perawatannya

Ikan arwana yang lebih dikenal dengan nama latinya Scleropages formosus, jenis ikan merupakan ikan jenis yang paling faforitkan di belahan dunia mana saja, jenis ikan ini mempuyai keistimewaan tersendiri karena daya ketahanan fisiknya cukup kuat, berbicara mengenai harga ikan arwana harganya sangatlah mahal dan sampai saat ini pengemar ikan arwana kian hari makin bertambah, mungkin karena harganya sehingga ikan arwana menjadi ikan nomor satu didunia

Mengenal Jenis Ikan Arwana Dan Cara Perawatannya

Gambar Ikan Arwana Super Red

Jenis Ikan Arwana Dan Cara Perawatannya

Ikan Arwana dikelompokkan dalam keluarga ikan karuhun yang merupakan jenis Osteoglasidae dan masih family dengan ikan bony-tongue (ikan lidah bertulang) jenis ikan ini memiliki dasar pada mulutnya berupa susunan tulang yakni giginya, Ikan Arwana sangat dikenal dengan beberapa nama latin seperti :

Dragon Fish – Ikan Naga – Barramundi – Saratoga – Platapad – Kelesa – Siluk – Kayangan – Peyang – Tangkelese – Aruwana- Arowana atau tergantung dari tempatnya.

Jenis ikan arwana diatas tidak terlepas dari para pebisnis ikan, ada begitu banyak pencinta arwana dengan membeli bibitnya yang masih berumur belasan hari dan mereka memeliharannya hingga besar, maka secara otomatis akan memperoleh keuntungan yang belipat ganda hanya dengan kurun waktu satu tahun saja.

Pada dasarnya ikan arwana adalah jenis ikan yang kuat, jenis ikan ini jika tidak diberi makanan selama seminggu bahkan selama dua minggu pun ikan tidak beri makan masih dapat bertahan hidup, berikut ini bagi anda pencinta ikan arwana sedikit persembahan tips cara perawatan dan pemiliharaan ikan arwana silhakan disimak.

Mengenal Jenis Ikan Arwana Dan Cara Perawatannya

Gambar Jenis Ikan arwana tipe Arwana Cross Back, Cross Back Golden

Jika jarak tempat Anda membeli ikan Arwana jauh dari tempat tinggal Anda, hendaknya sesampai dirumah jangan memasukkan kedalam Aquarium, letakkan saja ikan tersebut bersama dengan tempatnya/kantongan ikan, guna agar ikan arwana dapat menyusuaikan diri setelah menempuh perjanan jauh.

Disaat membuka bukusan plastik ikan arwana, hendaknya jangan memaksa ikan keluar dari dalam plastik, biarkanlah ikan keluar dengan sendirinya, dan jika ikanya sudah keluar barulah plastik tersebut bisa dibuang. Hal demikian bertujuan supaya ikan arwana dapat beradaptasi terhadap lingkungan barunya.

Tips Alangkah baiknya jika Aquarium jangan di beri batu karang dan batu kecil, mengapa karena batu karang bisa membuat sisik ikan tergores dan batu kecil dapat menghalangi ikan pada saat makan.

Variasi Makanan Ikan Arwana
Kelabang adalah makanan utama ikan arwana yang ada dalam Aquaruim, tapi hendaknya jangan memberi makanan jenis itu secara terus menerus, alangkah baiknya jika diberi makanan selingan lainya misalnya, udang, kadal, jangkik, lipan, katak dan kecoa, anda bisa mendapatkan semua itu pada toko makanan ikan hias.

Bila ikan arwana masih muda, maka cara memberi makananan dengan memeberikan jenis makanan diatas secara utuh, hendaknya makanan di cincang terlebih dahulu, kelabang dan jangkrik sangat baik untuk pertumbuhan Arwana karena memiliki kandungan protein yang tinggi.

Peralatan Aquarium
Aquarium adalah tempat yang nyaman bagi ikan hias, tapi kita harus memperhatikan kelengkapan sarana yang ada pada aquarium, bagi Anda pencinta arwana rajinlah membersihkan aquarium, agar arwana dapat tumbuh sehat dan kuat dan indah dipandang.

Menganti Air Secara Berkala
Alanfkah baiknya jika setiap hari anda mengontrol keadaan suhu dan tingkat Ph Air, suhu air yang baik untuk ikan arwana antara 24 sampai 27 derajat c, bila suhu air menjadi dingin nyalakanlah heater sampai suhu air kembali menjadi normal. dan Ph yang di baik adalah antara 6,8,dan 5.

Dan apabila ph air terlalu rendah maka untuk mengatasinya dengan menambahkan kapur kedalam Aquarium. selain dari pada itu yang harus kita perhatikan adalah air aquarium yang kita gunakan jika sudah cukup satu bulan atau tiga minggu air aquarium harus diganti dengan cara pengatian air secara reguler setiap dua hari sekali dengan volume sepuluh persen dari jumlah volume keseluruhan.

Demikianlah ulasan hasbihtc mengenai Jenis jenis Ikan Arwana dan cara perawatannya semoga dapat bermanfaat bagi anda pencinta ikan hias jenis arwana, nah untuk anda pencinta ikan baca juga postingan hasbihtc mengenai jenis jenis ikan cupang. Wassalam