Mengenal Empat Manfaat Buah Mahoni

HASBIHTC.COM – Manfaat Buah Mahoni, Mahoni adalah tumbuhan yang berasal dari Afrika serta Hindia Barat. Pohon mahoni tumbuh di daerah yang berpasir payau yang berdekatan dengan pantai. Selain itu, pohon mahoni dapat juga kita dapatkan di sekitar rimba jati atau di tepi jalan raya yang berperan sebagai tanaman penyejuk kota.

Manfaat Buah Mahoni

Pohon Dan Buah Mahoni

Manfaat Buah Mahoni

Sampai kini, orang cuma memakai pohon mahoni untuk bahan furniture atau untuk menunjang kurangi polusi udara saja. Tetapi, tiada disadari nyatanya buahnya dapat juga dimanfaatkan. Manfaat buah mahoni untuk kesehatan sudah teruji. Buah ini bisa jadikan untuk ramuan obat yang bisa mengobati sebagian penyakit.

Jenis Pohon Mahoni
Ada dua type pohon mahoni, yakni mahoni berdaun lebar (Swietenia Macrophylla King) serta mahoni berdaun kecil (Swietenia Mahagoni Jacg). Mahoni berdaun lebar bisa tumbuh subur di daerah yang mempunyai curah hujan berkisar pada 1600 s/d 4000 milimeter per th. dengan ketinggian 0-1000 mtr. diatas permukaan laut. Pohon mahoni type ini dapat bertahan di daerah yang kerap tergenang. Pohon ini benar-benar tinggi, ketinggiannya dapat menggapai tiga puluh mtr..

Karakteristik Buah Mahoni
Pohon mahoni mulai berbunga pada umur tujuh th.. Buah yang tetap muda berwarna hijau, sedang yang tua berwarna coklat, berupa bulat telur, serta berlekuk lima. Buah ini mempunyai biji yang pipih serta ujungnya agak tidak tipis. Biji ini berwarna coklat atau hitam. Jika buah itu tua, kulit buah mahoni bakal terpecah serta bijinya bakal terbang jika tertiup angin. Dari biji inilah bakal tumbuh pohon mahoni baru.

Manfaat Buah Mahoni
Manfaat buah mahoni benar-benar banyak untuk kesehatan. Buah ini bisa jadikan untuk obat dalam pengobatan sebagian penyakit. Sisi yang dipakai dalam pengobatan yaitu bijinya. Penyakit yang bisa diobati oleh biji buah mahoni diantaranya :

1. Buah Mahoni Untuk Hipertensi
Langkah penyembuhan dikerjakan dengan menyeduh delapan gram biji buah mahoni fresh dengan dua gelas air panas. Tunggulah sampai agak dingin serta lalu disaring serta dibagi jadi dua sisi. Minum pagi serta sore. Langkah lain yaitu dengan memakai serbuk biji mahoni. 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni disebuh dengan 1/2 gelas air panas. Lalu tambahkan madu, serta siap untuk diminum.

2. Demam
Ambil seperempat gelas air panas untuk menyeduh 1/2 serbuk biji mahoni, lalu imbuhkan satu sendok madu. Minum pada saat hangat.

3. Masuk angin
Untuk menyembuhkan masuk angin, 1/2 serbuk biji mahoni diseduh dengan seperempat cangkir air panas serta tambahkan madu.

4. Diabetes kencing manis
1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan sepertiga gelas air panas serta tambahkan madu.

Demikanlah Atrikel kesehatan mengenai Manfaat Buah Mahoni baca juga atrikel sejuta manfaat buah manggis.

Share It →