Mengenal Apa Itu Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya

HASBIHTC.COM – Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak misalnya dengan merusak data pada dokumen, serta menjadikan pemakai komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Sejarah Virus Komputer
Pada awalnya terciptanya virus bersamaan dengan terciptanya komputer. Tepatnya pada tahun 1949, pencipta Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) yang juga merupakan salah seorang pencipta komputer, John Von Newman memaparkan suatu makalah hasil penemuannya. Makalah tersebut berjudul “Theory and Organization of Complicated Automata, makalah tersebut berisi teori self altering automata yang merupakan hasil riset dari para ahli matematika. Dalam makalah tersebut dibahas kemungkinan program dapat menyebar dengan sendirinya.

Mengenal Apa Itu Virus Komputer Dan Cara Mengatasi

Ilustrasi Gambar Virus Komputer

Apa Itu Virus Komputer Dan Cara Mengatasi Virus

Selanjutnya sejarah perkembangan virus komputer dilakukan pada tahun 1960 di AT&T Bell Laboratory, salah satu lab terbesar di dunia yang telah menghasilkan banyak hal seperti bahasa C++ dsb. Di laboratorium ini peneliti membuat suatu permainan dengan suatu program berdasarkan penemuan jhon newman tersebut. Pada waktu istirahat, para peneliti tersebut membuat permainan games dengan suatu program yang mampu memperbanyak dirinya, menghancurkan program lawan dan mampu memperbaiki dirinya sendiri secara otomatis.

Virus komputer pada umumnya bisa merusak perangkat lunak komputer dan saecara tidak langsung dapat merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Dampak negatif virus komputer yaitu memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer seperti lamat laun kapasitas memori jadi berkurang. Hampir sembilan puluh lima persen virus komputer berbasis sistem operasi Windows. sedangkan sisa lainya dapat menyerang komputer yang menggunakan sistem oprasi Linux – GNU – MAC – FreeBSD, OS22 IBM, dan Sun Operating System. Virus virus ganas tersebut dapat merusak perangkat lunak dan perangkat keras komputer.

Jenis jenis Virus Komputer

Jenis Virus Komputer

Jenis jenis Virus Komputer
Virus komputer adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:

  • Trojan dapat mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  • Backdoor hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
  • Spyware Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  • Rootkit Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  • Polymorphic virus Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • Worm Adalah jenis Virus yan mampu Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  • Metamorphic virus Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  • Virus ponsel Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.
  • Rogue merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.

Cara mengatasi Virus Komputer
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan Perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis database signature-based detection, heuristik, atau peringkat dari program itu sendiri. Anda pun dapat menghapus secara permanent virus dari komputer Anda dengan mendowload Anti Virus terbaik yang tersedia secara gratis maupun berbayar. dan menjalankannya pada Komputer atau Laptop Anda.