Mengenal 4 Manfaat Luar Biasa Dari Ampas Teh

HASBIHTC.COM – Teh adalah minuman yang paling sering dikonsumsi oleh banyak orang. Teh biasanya memiliki rasa pahit dan sedikit sepat. Agar lebih nikmat beberapa orang akan menambahkan sedikit gula. Sering kali teh dikonsumsi saat pagi atau sore selagi hangat.

Saat teh sudah habis biasanya akan meninggalkan ampas yang berupa batang dan daun teh setelah direbus. Ampas ini sering kali dibuang begitu saja. Padahal ampas ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Manfaat Luar Biasa dari Ampas Teh

Khasiat Ampas Teh

Pada ampas teh terdapat senyawa Tanin (Senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan yang rasanya pahit dan pekat, yang berfungsi menggumpalkan protein senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan). Para dokter dan ilmuwan menemukan aktivitas tannin sangat ampuh melawan mikroba jahat. Dengan manfaat yang terdapat didalamnya, sangat disayangkan apabila Anda tidak memanfaatkan ampas teh.

Manfaat ampas teh untuk kesehatan antara lain

4. Mencegah timbulnya uban rambut
Bagi Anda yang ingin rambut tetap hitam saat hari tua, gunakanlah ampas teh ini. Caranya mudah guyurkan dan gosokkan ampas tersebut ke kepala Anda. Biarkan beberapa saat lalu bilas dan keramasi rambut Anda. Terapkan cara ini minimal tiga kali seminggu maka uban tak akan berani singgah.

3. Mengempeskan jerawat
Ampas teh mengandung antioksidan dan vitamin C tinggi. Kedua bahan ini sangat baik untuk mengempeskan jerawat pada wajah. Caranya adalah dengan menggunakan ampas ini sebagai masker wajah. Pastika ampas teh yang digunakan masih bersih dan telah dibiarkan sehari semalam.

2. Mencerahkan kulit
Tak hanya mengempeskan wajah saja, ampas teh ternyata juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit. Karena di dalam ampas teh terdapat kandungan polifenol yang tinggi. Jadi jadikan ampas teh ini sebagai masker saja jika menginginkan kulit wajah yang lebih cerah.

1. Meredakan iritasi
Beberapa orang sering kali mengalami iritasi pada saat terpapar sinar matahari. Ampas teh ternyata bisa mengatasi permasalahan ini. Jika iritasi karena sinar matahari timbul segeralah mengambil ampas teh dan letakkan pada bagian kulit yang kemerahan. Biarkan beberapa saat lalu cuci permukaan kulit.

Ternyata banyak sekali manfaat ampas teh ini. Jadi jika memiliki ampas teh sebaiknya jangan terburu-buru untuk membuangnya. Karena dibalik ampas yang terlihat tak berguna terdapat manfaat yang besar baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Gunakan treatmen ampas teh ini secara teratur sehingga hasilnya akan cepat terlihat dan lebih maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat.

Share It →