Melihat Sejarah Uang dan Ekonomi Indonesia di Museum Bank Indonesia

Hasbihtc.com – Wisata sejarah di Jakarta cukup banyak berupa museum. Salah satu museum yang wajib Anda kunjungi di Jakarta adalah Museum Bank Indonesia. Museum ini merupakan museum yang menyimpan berbagai benda kuno yang berhubungan dengan keuangan dan perekonomian di Indonesia. Letak museum ini ada didaerah Jakarta Barat, tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 3 Kelurahan Panangsia, Kecamatan Tamansari. Museum ini termasuk salah satu museum paling tua di Jakarta. Disini Anda bisa melihat berbagai koleksi yang bisa menambah pengetahuan Anda tentang uang.

museum bank indonesia

Fasilitas Menarik yang Ada di Museum Bank Indonesia

Jika Anda mengunjungi Museum Bank Indonesia maka ada banyak fasilitas menarik yang ada disini. Berikut ini fasilitas dan koleksi yang ada di museum ini:

Koleksi uang kuno Indonesia dan Mancanegara

Salah satu fasilitas yang menarik di museum ini adalah koleksi uang kuno yang ada di Indonesia dan berbagai negara di dunia. Ketika Anda memasuki museum, maka Anda melewati terowongan yang cukup panjang yang menghubungkan pintu utama dengan ruangan utama museum. Setelah masuk ke dalam museum, maka Anda bisa melihat berbagai koleksi uang kuno dan tumpukan emas batangan yang disusun secara menumpuk.

Diorama kehidupan ekonomi Indonesia zaman dulu sampai sekarang

Di Museum Bank Indonesia, selain ada koleksi uang kuno, Anda juga bisa menyaksikan diorama yang menggambarkan perkembangan ekonomi yang ada di Indonesia. Diorama-diorama ini tidak hanya menggambarkan kehidupan perekonomian Indonesia saja, tapi juga perkembangan ekonomi dan juga uang yang ada di Indonesia. Dengan diorama ini, Anda bisa menambah pengetahuan mengenai perekonomian Indonesia tempo dulu dan sekarang.

Teater Mini tentang Pembuatan Uang

Tidak hanya diorama dan koleksi uang kuno saja yang ada di Museum Bank Indonesia, disini juga terdapat mini teater yang memutar film mengenai sejarah pembuatan uang. Setelah lelah mengelilingi dan melihat-lihat koleksi di museum ini, Anda bisa melihat bagaimana uang dicetak kemudian diedarkan lalu kembali lagi ke bank Indonesia di teater mini ini. Melalui film pendek ini, pengunjung diajak untuk memahami bagaimana perputaran uang sebenarnya di Indonesia.

Perpustakaan Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia juga menyediakan perpustakaan yang bisa dikunjungi oleh pengunjungnya. Perpustakaan di museum ini terdapat dua jenis, yaitu perpustakaan umum dan perpustakaan khusus untuk penelitian. Anda bisa mengunjungi perpustakaan umum dengan leluasa, hal ini dikarenakan perpustakaan ini memang diperuntukkan untuk semua pengunjung. Sedangkan perpustakaan khusus penelitian hanya digunakan oleh peneliti dan analis keuangan yang ada di Indonesia.

Kios Oleh-Oleh dan Buku

Di museum ini juga sudah disediakan kios khusus oleh-oleh dan buku. Di kios oleh-oleh ini, Anda bisa mendapatkan berbagai oleh-oleh yang berhubungan dengan Bank Indonesia. Benda oleh-oleh ini berupa gantungan kunci, hiasan meja, dan berbagai cinderamata lainnya. Anda bisa membeli cinderamata ini sebagai buah tangan untuk teman ataupun kerabat Anda dirumah. Untuk harga cinderamata di kios ini juga tidak mahal.

Museum Bank Indonesia memang terletak di jantung kota sehingga tidak sulit untuk dijangkau. Namun jika Anda ingin mengunjungi museum ini, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Dengan mengendarai mobil pribadi, maka perjalanan wisata sejarah Anda di Jakarta bisa menyenangkan dan memuaskan. Untuk Anda yang ingin menggunakan kendaraan pribadi bisa sewa di Docar sewa mobil Jakarta. Docar ini merupakan jasa persewaan mobil dengan harga yang terjangkau dan menyediakan berbagai jenis mobil. Docar menjangkau 14 kota besar salh satunya Padang, Medan dan Aceh. Segera kunjungi docar.co.id untuk memesan mobil.

Museum Bank Indonesia merupakan salah satu museum di Jakarta yang menyimpan berbagai koleksi yang berhubungan dengan perkembangan uang dan perekonomian di Indonesia.

Share It →