Mau Tahu apa saja Manfaat buah Bengkoang, Simak tulisan berikut

HASBIHTC.COM – Buah bengkoang sudah lama dikenal di Indonesia sebagai buah yang sangat berharga bagi kecantikan. Umbi-umbian yang mempunyai nama latin Pachyrhizus erosus ini sangat mudah didapatkan di mana saja dan juga murah, sehingga Anda yang memerlukannya bisa membelinya dengan bebas. Mau tahu apa saja manfaat buah bengkoang ini bagi Anda? Simak tulisan berikut!

Kandungan Nutrisi di Bengkoang

Bengkoang memiliki rasa yang segar, dan jika digigit, sensasinya mirip dengan apel dan buah pir. Manfaat buah bengkoang ini sendiri juga tak kalah bergunanya dibandingkan kedua buah-buahan tersebut. Lihatlah beberapa nutrisi yang ada di dalam buah ini:

Buah Bengkoang

Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Vitamin C
Di dalam bengkoang terkandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Dengan ini, ketahanan tubuh bisa ditingkatkan, dan kadar kolesterol diturunkan.
Insulin
Rasa manis bengkoang membuatnya lezat dimakan, dan aman bagi penderita diabetes karena adanya insulin. Anda bisa mengkonsumsi bengkoang dengan bebas tanpa takut gula darah naik.
Senyawa alkali
Untuk Anda yang punya penyakit maag, bengkoang bisa menjadi makanan untuk meredakannya. Alkali di dalam bengkoang akan membuat asam lambung Anda kembali stabil.
Fosfor dan kalsium
Zat fosfor serta kalsium di dalam bengkoang sangatlah bagus untuk pertumbuhan tulang dan juga gigi. Dengan mengkonsumsi bengkoang, maka fosfor dan kalsium di dalam tubuh akan seimbang.

Bengkoang untuk Kecantikan

Kandungan nutrisi bengkoang di atas tak hanya itu saja, dan semua bagian-bagian di dalam bengkoang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Tentu saja, manfaat buah bengkoang yang paling banyak diketahui oleh orang-orang adalah manfaatnya bagi kecantikan dan kesehatan kulit. Apa saja tepatnya manfaat dari buah ini? Lihatlah daftar berikut:

Membuat kulit cerah
Banyaknya kandungan vitamin B1 serta vitamin C di dalam bengkoang membuatnya mampu membuat kulit menjadi tampak lebih cerah, segar dan bersinar. Anda bisa membuat wajah lebih cerah dengan dua macam cara, yaitu:

  • Membuat masker dari parutan bengkoang, yang dioleskan di wajah, dan didiamkan beberapa menit, lalu bilas.
  • Memeras parutan bengkoang, ambil sarinya, endapkan dan gunakan untuk olesan wajah pada malam hari.

Mengurangi noda hitam di wajah
Noda hitam ataupun bintik-bintik hitam di wajah juga bisa diatasi dengan bengkoang menggunakan cara berikut ini:

  • Kupas dan parut bengkoang, kemudian tempelkan parutan tersebut di wajah yang bernoda.
  • Tunggu sekitar 15 menit atau sampai kering.
  • Bilas bersih pakai air hangat, dan lanjutkan dengan membilas pakai air dingin.
  • Lakukan 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

Mencegah terjadinya penuaan dini
Kandungan vitamin C pada bengkoang menjadi poin utama untuk pencegahan penuaan dini. Anda bisa melakukannya dengan:

  • Mengkonsumsi bengkoang secara teratur setiap hari.
  • Memakai masker dari parutan daging bengkoang setiap malam sebelum tidur.

Membuat kulit lebih lembab
Bengkoang memiliki kandungan air yang sangat tinggi di dalamnya. Air ini mengandung anti-inflamasi, yang bisa membuat kulit terbakar jadi lebih dingin ketika terkena sinar matahari, membuat kulit kering lebih lembab, dan membuatnya jadi lebih segar. Penggunaannya bisa seperti ini:

  • Masukkan buah bengkoang ke dalam lemari es selama beberapa jam untuk membuatnya dingin.
  • Iris dan parut bengkoang, letakkan di bagian kulit serta wajah yang terasa kering dan perih.

Memberikan nutrisi ke kulit
Dengan banyaknya vitamin dan mineral penting dalam bengkoang, tidaklah mengherankan jika dengan mengkonsumsinya, kulit pun akan lebih sehat dan penuh nutrisi. Anda bisa memakannya secara rutin setiap hari, atau membuatnya menjadi jus.

Membasmi jerawat
Bila wajah Anda penuh jerawat yang perih dan mengganggu, maka bengkoang bisa menjadi cara pengobatan yang efektif. Anda bisa menggunakannya dengan cara:

  • Mengupas dan memarut bengkoang, kemudian langsung menggunakannya di wajah.
  • Tunggu 15 sampai 30 menit, kemudian bilas sampai bersih.
  • Pakai masker sebanyak 2-3 kali seminggu.

Bengkoang untuk Kesehatan

Meski bengkoang lebih dikenal karena kegunaannya untuk kecantikan, namun manfaat buah bengkoang tak hanya itu saja. Untuk kesehatan misalnya, bengkoang memegang peranan sangat penting untuk memerangi banyak penyakit dan membuat tubuh berfungsi lebih baik. Berikut ini manfaat-manfaatnya:

1. Mengurangi efek dari menopause
Bengkoang memiliki kandungan fitoestrogen yang bisa mencegah terjadinya kerutan di kulit, dan konsumsi teratur bengkoang akan membuat kulit tetap segar.

2. Menurunkan demam
Kandungan kimiawi di bengkoang membuatnya menjadi obat demam efektif. Meminum jus bengkoang 2 kali sehari di pagi dan sore hari akan menurunkan demam cukup cepat.

3. Membuat pencernaan menjadi lancar
Ada kandungan yang disebut inulin di dalam bengkoang. Kandungan ini berfungsi sebagai serat, yang bisa membuat pencernaan bertambah lancar, melancarkan pembuangan air besar, dan menyeimbangkan lemak di dalam darah.

4. Mengatasi sariawan
Kandungan vitamin C pada bengkoang cukup tinggi, membuatnya bisa mencegah atau mengobati sariawan yang terjadi di dalam mulut dan lidah. Anda bisa memakannya dengan tambahan madu dan air, atau dengan dijus.

5. Meningkatkan imunitas tubuh
Banyaknya vitamin dan mineral yang mengandung antioksidan di dalam bengkoang membuatnya sangat cocok untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda akan terhindar dari banyak penyakit, infeksi, dan efek negatif dari virus dan mikroba lain.

6. Membantu mengatasi wasir
Dengan mengkonsumsi jus bengkoang di pagi hari secara teratur, BAB akan lebih lancar dan tak terlalu menyakitkan bagi penderita wasir.

7. Membantu diet
Di dalam bengkoang, Anda akan menemukan karbohidrat dan serat, yang bisa membuat Anda cukup kenyang dalam waktu lama, dan membantu mengurangi rasa lapar ketika diet. Kandungan gula di dalam bengkoang juga sedikit, membuatnya menjadi buah rendah kalori yang tak akan membuat berat badan bertambah.

8. Membuat tulang dan gigi lebih kuat
Karena ada kandungan fosfor dan kalsium di dalam bengkoang ini, sangatlah penting untuk mengkonsumsinya secara teratur, baik Anda masih muda atau sudah berusia lanjut, demi kokohnya tulang dan gigi.

Biji Bengkoang, Berbahaya Sekaligus Bermanfaat

Meski manfaat buah bengkoang sudah dikenal masyarakat luas, tak banyak yang menyadari bahwa bengkoang juga memiliki sisi negatifnya, yaitu di bijinya. Bagian biji bengkoang ini sangatlah beracun, karena adanya kandungan rotenon. Anda yang mengkonsumsi biji bengkoang secara tak sengaja akan mengalami sakit perut yang cukup parah. Anda yang terkena racun dari biji bengkoang secara tak sengaja bisa meminum air kelapa muda sebagai obat penawarnya.

Tapi bukan berarti biji bengkoang tersebut tak bermanfaat. Manfaat buah bengkoang untuk manusia tak terbatas hanya di dagingnya saja, tapi bahkan bijinya yang beracun bisa membantu untuk :

Membasmi serangga yang mengganggu, dan juga untuk menangkap ikan.
Setengah butir dari biji bengkoang sangat ampuh sebagai obat urus-urus atau cuci perut, sehingga buang air besar lebih lancar.

Dari kesehatan hingga produk kecantikan, bengkoang sangatlah berharga dan tak tergantikan. Jangan ragu untuk memanfaatkan buah ini ketika Anda mendapatkannya.

Share It →