Manfaat Buah Nanas, Dari Lancarkan Pencernaan Sampai Atasi Bibir Pecah-pecah

HASBIHTC.COM – Buah nanas adalah buah tropis dari Brazil, dan telah dibudidayakan dengan sukses di Indonesia. Bentuknya yang khas membuat orang bisa langsung mengenalinya, demikian juga dengan rasanya yang manis dan asam. Selain lezat, manfaat buah nanas juga sangat besar. Nanas mempunyai banyak vitamin dan mineral yang sangat berharga untuk kesehatan, serta juga untuk perawatan kulit dan wajah.

Di dalam nanas, Anda akan mendapatkan kandungan vitamin seperti A dan C, kemudian mineral-mineral seperti fosfor, zat besi, magnesium, kalium, dan enzim-enzim lain. Nanas dipenuhi dengan berbagai kandungan nutrisi, yang akan membuat asupan nutrisi Anda dalam sehari terpenuhi. Pembaca hasbihtc berikut ini 10 manfaat buah nanas bagi kesehatan:

Buah Nanas

Nanas Bagi Kesehatan

1. Membantu memperlancar pencernaan
Di dalam nanas, terdapat enzim yang disebut dengan enzim bromelain. Enzim ini bisa membantu dalam memecahkan protein yang ada di dalam makanan, membantu membuatnya lebih lunak sehingga bisa lebih mudah diserap usus. Enzim ini juga berguna sebagai anti radang dan anti oksidan.

2. Mencegah degenerasi penglihatan
Semakin bertambahnya umur, banyak orang yang mengalami kemunduran dalam fungsi penglihatan mereka (disebut juga dengan degenerasi makula), membuatnya tak bisa lagi melihat jauh atau mengenali bentuk dengan tepat. Nanas mengandung zat beta karoten yang bisa membantu mata menjaga fungsinya tetap normal.

3. Meredakan rasa mual
Ibu-ibu hamil yang sering mengalami rasa mual dan muntah-muntah di pagi hari (morning sickness) bisa dibantu dengan meminum jus nanas. Rasanya yang segar dan asam akan membuat rasa mual jadi reda. Nanas juga bisa dipakai untuk obat mual dalam perjalanan.

4. Asupan vitamin C
Kandungan vitamin C di dalam nanas sangatlah tinggi, sehingga mengkonsumsi satu nanas saja bisa memenuhi separuh dari kebutuhan vitamin C wajib untuk 1 hari, membuat tubuh jadi lebih kuat dan tahan penyakit.

5. Menguatkan tulang
Nanas mengandung zat mangan dalam kadar yang sangat tinggi. Memakan nanas bisa memenuhi sekitar 70% lebih dari rekomendasi asupan mineral ini untuk tubuh. Mangan bisa membantu dalam membuat tulang menjadi lebih kuat dan juga mempererat jaringan ikat, dan mencegah terjadinya osteoporosis ketika wanita mengalami menopause.

6. Mencegah tekanan darah tinggi
Kalium di dalam nanas juga sangat tinggi, dan kandungan sodiumnya juga rendah. Ini membuat Anda bisa memakannya tanpa takut tekanan darah menjadi naik, membuatnya kembali normal.

7. Mencegah kanker
Antioksidan dalam nanas karena adanya kandungan vitamin A dan C akan mencegah radikal bebas masuk ke tubuh dan tumbuh dengan bebas. Jadi dengan demikian, pertumbuhan sel kanker juga bisa dicegah.

8. Mempercepat kesembuhan
Jika Anda mengalami luka, bengkak, peradangan, ataupun flu, enzim bromelain di dalam nanas bisa membantu sistem imunitas tubuh untuk bekerja lebih maksimal, membuat Anda lebih cepat sembuh.

9. Menstabilkan kadar gula darah rendah
Kalau Anda mempunyai tingkat gula darah yang rendah, dan sering merasa pusing dan tak bersemangat karenanya, konsumsi buah nanas dengan teratur untuk membuat gula darah menjadi stabil kembali.

10. Atasi flu dan alergi
Vitamin C dan juga enzim bromelain di dalam nanas bisa membantu mengurangi produksi lendir yang berlebihan pada hidung dan tenggorokan, baik itu karena flu ataupun karena alergi. Anda tinggal makan saja irisan nanas secara teratur, dan lendir tersebut akan semakin berkurang. Ini bisa menjadi solusi jangka panjang.

Manfaat Nanas untuk Kecantikan

Tak hanya berguna untuk kesehatan di tubuh saja, manfaat buah nanas juga termasuk ke dalam ranah kecantikan. Anda yang peduli dengan kesehatan kulit dan rambut bisa menggunakan nanas seperti berikut ini:

1. Mengatasi ketombe
Rambut penuh dengan ketombe yang membuat Anda tidak percaya diri? Nanas bisa mengatasinya dengan cara berikut ini:

  • Siapkan ¼ nanas yang sudah matang, kupas, parut, dan peras parutannya.
  • Saring air perasan, dan tambahkan air jeruk nipis, aduk sampai rata.
  • Gosokkan di kulit kepala sebelum Anda tidur, dan keramaslah pagi harinya.
  • Lakukan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil paling efektif.

2. Membuat kulit terlihat lebih segar
Nanas membantu dalam membuat kolagen di tubuh bekerja dengan baik, dan membuat kulit terasa lebih kenyal jika dipegang. Asam amino dan vitamin C di dalam nanas akan membuatnya mudah melakukan regenerasi. Cara menggunakannya pun mudah, lakukan ini:

Buat nanas menjadi jus dengan sedikit air/tanpa air.
Oleskan di wajah, tunggu sampai 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Bagus untuk kuku
Kuku yang retak dan mudah terbelah, ataupun kuku yang rapuh tentu tidak akan sedap dipandang, dan menjadi tanda bahwa Anda kekurangan vitamin A dan B. Konsumsi nanas secukupnya secara rutin, dan oleskan jus atau air nanas ke bagian kuku yang rusak, dan kuku pun akan terasa lebih kuat dan lembut.

4. Masker wajah anti penuaan
Nanas yang dijadikan masker untuk wajah bisa mencegah terjadinya keriput. Ini karena ada kandungan antioksidan dan asam alpha-hidroksi yang bisa membasmi radikal bebas. Caranya adalah:

Cari nanas yang benar-benar telah matang semuanya.
Haluskan nanas tersebut, lalu campurkan dengan sedikit madu.
Oleskan di wajah, biarkan selama 5 menit.
Bilas pakai air bersih.

5. Mengatasi kulit kaki bersisik
Kulit kaki Anda bersisik, pecah-pecah dan kapalan? Anda bisa mengembalikannya menjadi halus dan lembut kembali dengan mencampur parutan nanas dan garam, lalu melakukan scrub setiap kali saat mandi. Kulit yang meradang, pecah-pecah, dan perih nantinya akan sembuh sendiri.

6. Menghilangkan kutil dan noda
Jika di wajah ada noda, kutil, ataupun tahi lalat yang mengganggu, Anda bisa mengatasinya dengan nanas, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun. Ini dia caranya:

Langsung menggosokkan irisan nanas ke kulit dan tunggu selama 10 menit.
Bilas sampai bersih. Lakukan ini secara teratur.

7. Melembutkan bibir pecah-pecah
Kalau Anda mengalami bibir pecah-pecah yang perih, campurkan nanas dengan minyak kelapa, dan oleskan di bibir Anda. Nantinya bibir Anda akan menjadi lembut, lunak, dan lebih berkilau secara alami.

Efek Negatif Nanas

Tentu saja, meskipun manfaat buah nanas sangatlah besar, Anda juga tak bisa mengkonsumsi atau menggunakannya di atas jumlah yang wajar. Hal ini karena demi menghindari efek negatif dari nanas, yaitu:

  • Nanas mengandung kadar gula yang cukup tinggi, sehingga jika Anda mempunyai diabetes, sebaiknya Anda tidak sering mengkonsumsinya.
  • Jika terlalu banyak, alergi bisa muncul sehingga menyebabkan gatal-gatal pada lidah dan wajah.
  • Nanas sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, apalagi nanas muda. Ini karena nanas merupakan buah abortivum, yang berpotensi men99u9urkan kandungan.
  • Bisa memicu rematik karena nanas bisa berfermentasi di saluran pencernaan, dan menghasilkan alkohol.

Seperti yang Anda lihat, nanas memang sangat berguna bagi tubuh, namun manfaatkan buah ini dalam dosis yang wajar saja. Nah demikianlah ulasan hasbihtc yang sudah membahas mengenai manfaat dan efek samping buah nanas bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga dapat bermanfaat.

Share It →