Manfaat Buah Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Manfaat buah kolang kaling Bagi Kesehatan, kolang-kaling merupakan makanan khas yang biasa dijadikan sebagai sajian istimewa untuk menu diet Anda. kolang kaling pun populer dengan sebutan cangkaleng. Banyak makanan dan minuman yang berbahan dasar dari kolang kaling, seperti resep manisan, kolak, resep ronde, roti, minuman kaleng,es campur, dan bajigur, dan masih banyak lagi hasil olahan dari kolang kaling.

Selain rasanya yang begitu kenyal sungguh menjadi sensasi tersendiri saat berada dalam mulut. Tidak hanya enak disantap saat bersatai, akan tetapi kandungan gizi di yang terdapat pada kolang kaling sangatlah cocok untuk mengembalikan stamina dan kebugaran badan setelah seharian menahan lapar dan haus.

Manfaat Buah Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Buah Kolang Kaling

Khasiat Buah Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Kolang-kaling adalah produk olahan hasil perebusan endosperm biji buah pohon aren/enau yang masih berwara hijau. Buah ini sebenarnya hanya merupakan protein albumin yang dibutuhkan benih pohon aren sebagai cadangan makanan. Buah yang tinggi kadar airnya ini, diambil dari biji buah aren yang berbentuk lonjong pipih, bergetah, dan dapat menimbulkan rasa gatal. Buah Aren ini sangat mirip dengan kelapa namun kelihatan tidak bersih di sebabkan dibaluti oleh ijuk.

Tanaman bernama Latin arenga pinnata ini dapar tumbuh dengan baik mulai dari China-Indo ke selatan sampai wilayah Asia Tenggara, kolang-kaling dalam bahasa Belanda biasa disebut glibbertkjes. Pohon Aren dapat kita jumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia. Biasanya tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian dua ratus lima puluh sampai seribu empat ratus meter diatas permukaan laut. Meskipun Buah Aren ini memiliki getah yang dapat menimbulkan gatal jika melekat pada kulit.

Pada saat buah Aren dalam keadaan muda maka kulit bagian luarnya akan tampak berwarna hijau, biji aren mempunyai tekstur yang kenal, lembek serta berwarna bening. Kulitnya berwarna kuning dan tipis, bentuk bijinya lonjong. Biji muda inilah yang dinamakan kolang kaling.

buah Aren

Gambar buah Aren Muda

Untuk menghasilkan kolang-kaling, buah aren ini terlebih dahulu harus dibakar hingga gosong kita pun dapat merebusnya selama beberapa jam. Setelah direndam dengan air kapur beberapa hari untuk menghilangkan getahnya yang gatal dan beracun, barulah biji-biji ini bisa diolah.

Dalam Seratus gram kolang kaling mengandungi 0,69 gram protein, karbohidrat 4,0 gram, kadar abu 1 gram serta serat kasar 0,95 gram. Kandungan Kadar air kolang-kaling sangatlah tinggi, yaitu sekitar sembilan puluh empat persen, Mungkin itulah sebebnya sehingga kolang-kaling ini akan terasa segar dan nikmat ketika mengkomsusinya.

Sementara Kandungan Kadar gelatin yang terkandung dalam kolang kaling pun cukup tinggi sehingga mempunyai khsaiat dapat membantu mengehilangkan rasa haus dan lapar, fungsi kolang kaling dalam menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun sehingga sangat bagus dikonsumsi sebagai makanan diet. Bagi anda yang ingin mejalankan program diet alangkah baiknya jika rutin mengomsusi buah yang satu ini.

Kandungan Serat pada kolang-kaling yang terdapat dalam tubuh mengakibatkan proses pembuangan air besar menjadi lancar sehingga kolang kaling dapat mencegah madalah kegemukan pada tubuh kita. Meskipun secara tidak sadar saat mengomsumsi kolang kaling untuk diet namun mengonsumsi kolang-kaling secara rutin, sudah merupakan diet yang sangat bauk sekaligus menyehatkan. Jadi jikalau ingin langsing, makanlah kolang-kaling. Bagi Anda yang pengen mencoba membuat kolang kaling silahkan dibaca resep kolang kaling. Semoga bermanfaat.

Original Posted By Creative Commons License Manfaat Buah Kolang Kaling