Kue Tradisional Masyarakat Bugis Makassar

HASBIHTC – Indonesia mempunyai banyak kuliner yang enak serta lezat satu diantaranya yaitu beragam kue tradisional yang ada di berbagai wilayah di Nuasantara. Beragam macam kue tradisional Indonesia tersebut juga banyak variasi dimulai dari kue basah tradisional dan kue kering tradisional, namun pada kesemptan kali ini admin akan mengulas secara khusus kue tradisional masyarakat bugis makassar di mana kue kue ini merupakan kue yang kadang dijadikan jamuan atau hidangan kue yang umumnya senantiasa ada dalam acara pernikahan atau acara-acara masyarakat Bugis Makassar.

Kue Tradisional Bugis Makassar

1. Kue Barongko

Barongko

Barongko

Kue ini adalah makanan tradisional yang di kenal dengan nama Barongko yang bahan pokoknya dari pisang yang dihaluskan serta digabung dengan bahan kue yang lain. Uniknya kue ini dibungkus dengan daun pisang yang mempunyai wujud sendiri.

2. Kue Karasa

Kue Karasa

Kue Karasa

Panganan yang terbuat dari tepung beras serta gula aren. Walau untuk bikin kue Karasa ini dibutuhkan ketrampilan serta kesabaran spesial tetapi ada banyak juga warga yang konsisten memproduksinya kue ini. Panganan ini senantiasa ada di tiap-tiap acara-acara spesial/acara tradisi di Sulawesi Selatan khusnya Kabupaten Pinrang.

3. Kue Didara Belanda

Didara Belanda

Didara Belanda

Didara Belanda, kue tradisonal ini bahan intinya tepung terigu serta telur yang memilki warna khas oranye serta kuning. Panganan kue ini mempunyai rasa yang manis. Belum ada sumber peristiwa yang pasti kenapa kue ini diberi nama didara belanda, kemungkinan dikarenakan warnanya yang oranye yang merupakan warna kegemaran orang Belanda hingga diberi nama didara Belanda.

4. Kue Beppa Pute

Beppa Pute

Beppa Pute

Kue ini adalah makanan tradisional yang mempunyai rasa khas, manis serta renyah. Untuk acara pernikahan penduduk Bugis kue ini jadi syarat yang harus ada. Kue tradisional ini di kenal dengan sebutan beppa pute yang bahan intinya terbuat dari putih telur.

5. Kue Beppa Golla Cella

Beppa Golla Cella

Beppa Golla Cella

Kue ini adalah makanan tradisional yang memilki rasa manis yang khas di mana rasa golla cella atau kue gula merah dominan pada kue ini. Kue ini di kenal dengan nama Beppa golla cella lantaran dominasi bahan adonanya yaitu golla cella serta dalam pembuatannya memilki cetakan spesial.

6. Kue Sikaporo

Sikaporo

Sikaporo

Kue ini adalah kue yang banyak disukai pada tiap-tiap acara hajatan atau pesta. Kue ini rasanya serupa dengan puding tahu atau puding karamel, hanya saja sikaporo dirasuki semakin banyak karamel serta putih telurnya dikocok kaku jadi teksturnya lebih spongy. Terasa manis, karamel banget.

7. Kue Katirisala

Katirisala

Kue Katirisala

Katirisala, kue tradisonal ini bahan intinya beras ketan hitam, gula merah serta telur yang memilki rasa enak, manis serta khas. Dalam pembuatannya kue ini umumnya memilki cetakan spesial berwujud bundar, kue yang satu ini terbagi dalam dua susunan di mana susunan bawahnya terbuat dari beras ketan serta susunan atasnya terbuat dari kombinasi gula merah serta telur. Katirisala jadi satu diantara jamuan bosara yaitu hidangan kue yang umumnya senantiasa ada dalam acara pernikahan atau acara-acara penduduk Bugis Makassar.

8. Kue Cucuru Tenne

Cucuru Tenne

Cucuru Tenne

Kue tradisional yang satu ini di kenal dengan nama cucuru tekne yang bahan intinya terbuat dari tepung beras serta gula merah. Keu ini memilki khas rasa manis gula merah, renyah serta enak. Memiliki bentuk yang khas lonjong serta sedikit mengkerucut diujungnya menjadikanya lebih unik.

9. Kue Bolu Peca

Bolu Peca

Bolu Peca

Kue bolu yaitu kue yang telah benar-benar familiar di Indonesia. Menurut bahan, kue bolu benar-benar banyak macamnya, dimulai dari bolu coklat, bolu keju, bolu pisang, bolu karamel, bolu ketan hitam dan sebagainya. Nah, di sini kami bakal berikanlah resep kue bolu ketan hitam. Lantaran ini merupakan Kampung Bugis, maka sudah pasti resep kue bolu ketan hitam yang bakal kami bagikan yaitu yang versus bugisnya, yang dimaksud bolu peca’ atau baulu peca silahkan baca resepnya disini resep lengkap kue bugis.

Share It →