Kiat-kiat Sukses Memasuki Tahun Baru

HASBIHTC – Berhubung masih di permulaan 2018, sepertinya masih sangat mengena kalau kita berbicara tentang kiat-kiat sukses memasuki tahun baru. Semua orang menginginkan kesuksesan dan kelancaran di tahun yang baru ini, namun tidak semua orang bersedia “membayar harganya”. Banyak orang mengira bahwa kesuksesan dan keberuntungan bisa datang begitu saja tanpa usaha dari diri sendiri. Padahal kenyataannya, orang-orang yang sukses adalah mereka yang mau bekerja keras untuk meraih kesuksesan itu. Seperti yang pernah diucapkan oleh salah seorang filsuf besar Romawi, Seneca, “Orang yang beruntung adalah mereka yang menyadari bahwa keberuntungan bisa didapatkan jika mereka siap ketika kesempatan datang.” [terjemahan]

kiat Sukses
Bila Anda merupakan salah satu orang yang beruntung tersebut, maka di bawah ini ada 5 kiat yang dapat Anda pertimbangkan untuk memperlancar usaha Anda di kemudian hari:

Berubah

Berubah di sini mengacu bukan hanya pada perubahan sikap dan pemikiran, melainkan juga pada perubahan di lingkungan sekitar Anda. Riset membuktikan bahwa ada hubungan antara mengalami sesuatu yang baru dan pengembangan diri. Mereka yang mengenakan pakaian baru atau bekerja di tempat yang baru, misalnya, lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas mereka.

Cobalah mengubah gaya berpakaian Anda, jadwal keseharian Anda, ataupun jenis-jenis makanan yang biasa Anda makan. Bila Anda beralasan tidak memiliki dana untuk mengubah pola hidup, misalnya, mungkin kalau Anda masih menyimpan dan mengenakan baju-baju kusam yang terkena noda dengan alasan penghematan, sudah waktunya Anda mengetahui Cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju. Niscaya perubahan-perubahan kecil ini akan membuahkan hasil pada akhirnya.

Bersemangat

Salah satu orang sukses, Steve Jobs, dalam sebuah wawancara pernah mengatakan bahwa setiap orang harus memiliki semangat menjalankan usahanya, karena kalau tidak, mereka akan langsung menyerah menghadapi kesulitan pertama. Nasihat ini diutarakan sang perintis perusahaan internasional, Apple, bukan tanpa alasan. Setiap usaha, apalagi di awal perintisannya, pasti mengalami pasang-surut. Apabila Anda tidak memiliki semangat dan visi menjalankannya, begitu mengalami kesulitan, otak Anda pati akan mencari jalan keluar yang praktis, yaitu berhenti mengerjakannya. Bila Anda mengikuti kehendak otak, maka Anda akan selalu berhenti di tengah jalan dalam mengerjakan segala sesuatu.

Belajar dari kegagalan

Cerita-cerita sukses dari Albert Einstein yang tidak melanjutkan sekolah, Bill Gates yang tidak melanjutkan kuliah, maupun Thomas Alfa Edison yang mengalami 9000 kegagalan sebelum akhirnya menjadi penemu lampu pijar, tentunya sudah beberapa kali Anda dengar. Benang merah dari semua cerita di atas adalah tidak menyerah dalam kegagalan, dan mau terus belajar. Bila cara yang pertama, kedua, maupun yang ke-10 tidak berhasil, coba dan coba lagi, tentunya dengan cara lainnya. Dengan mengalami kegagalan, maka Anda pun akan belajar melakukan hal-hal yang baru dalam usaha Anda.

Berolahraga

“Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.” – peribahasa ini semakin menjadi kenyataan di belakangan ini, di mana dunia menjadi semakin kompetitif dan hanya orang-orang yang tangguh bisa tetap bertahan. Tahukah Anda, menurut survei oleh ComRes, salah satu perusahaan riset di Inggris, 38% peserta survei menyebutkan “lebih sering berolahraga” sebagai resolusi tahun baru mereka? Olahraga tidak hanya menjadikan fisik Anda lebih kuat dan berstamina, namun juga berdampak pada kesehatan jiwa Anda. Mereka yang kerap berolahraga menjadi lebih tangguh secara emosi, dan lebih toleran dan bisa beradaptasi terhadap perubahan-perubahan di sekeliling mereka.

Berbenah

Dengan berbenah, Anda membuang dan melupakan yang sudah lewat, dan menyediakan ruang untuk hal-hal baru.. Contohnya, apabila Anda masih menyimpan perasaan dendam atau pun sakit hati kepada orang lain, di permulaan tahun baru ini, cobalah mengalah dan berdamai dengan mereka. Terus mendendam akan merugikan Anda sendiri, karena kita semua pada suatu hari membutuhkan kontak antarsesama, dan bahkan mungkin pertolongan.

Contoh lainnya adalah apabila banyak barang-barang lama yang sudah bertahun-tahun menumpuk di gudang, cobalah sumbangkan ke orang lain. Namun apabila ada baju-baju bekas yang masih sangat Anda cintai, namun tidak bisa dikenakan karena terkena noda tinta, misalnya, cobalah cari cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju. Selebihnya, bisa dibuang saja.

Demikian kiat-kiat sukses memasuki 2018 yang bisa Anda coba mulai dari sekarang. Selamat tahun baru, dan semoga sukses!

Share It →