Inilah 4 Daerah Penghasil Batu Akik terbaik di Sulsel

HASBIHTC.COM – Hampir seluruh wilayah di Indonesia mempunyai batu akik yang terdapat dari daerah masing-masing. Tak terkecuali dengan wilayah Susel yang sejak dahulu kala masyarakat sudah gemar mengoleksi batu permata, atau batu mulia. Jadi janganlah merasa heran jika anda berkunjung ke Makassar dan meyaksikan jejeran penjual/pedagang baru akik di pinggir jalan, terebih di daerah karena asal batu akik yang di perjual belikan di kota makassar umumnya berasal dari beberapa kabupaten.

Nah pada kesepatan kali ini admin hasbihtc.com akan mengulas mengenai daerah-daerah penghasil batu akik khas di sulsel, setidaknya terdapat 4 kabupaten yang batu permatanya paling dikenal, untuk lebih jelasnya silahkan disimak berikut ini:

Batu Akiks Sulsel

Batu Akik

Kabupaten Penghasil Batu Mulia di Sulsel

4. BATU AKIK ASAL MAROS
Maros tak hanya dikenal dengan ke indahan alamnya (Taman Nasional Batimurung), akan tetapi Maros pun dikenal akan Batu Akinya, kabupaten maros adalah kabupaten yang berbatasan secara langsung dengan Ibukota Provinsi Sulsel (Makassar) ini mempunyai batu akik jenis batuan akik darah (orang maros meyebutnya dengan nama Ako darah) atau yang lebih dikenal dengan sebutan batu jasper. Batuan ini dapat kita jumpai tepatnya di desa Pattiro Deceng kecamatan Camba, Maros.

Akik Maros

Batu Akik Maros

Selain itu terdapat terdapat juga jenis batu Calcedony hitam dari Tompobulu tepatnya di kampoeng Kacici Desa Toddo’ limayya dan beberapa batuan fosil yang berasal dari kecamatan Mallawa. Sebuah penelian uji laboratorium yang sedang di lakukan oleh Koperasi Wisata Salewangang (KWS) Untuk menggali potensi batu akik tersebut.

3. BATU AKIK PANGKEP TONDONG TALLASA

Batu Tondong

Batu Tondong

Kabupaten Pangkep yang terdiri dari 3 bentang alam berupa lautan, daratan dan pegunungan juga mempunyai batu akik yang tak kalah menarik dari beberapa kabupaten yang terdapat di suslsel, disana kita bisa menjumapi beraneka jenis baru akik yang dinamakan batu akik Tondong salah satu jenis batu tondong yang paling terkenal adalah akik pasir emas, teratai, badar perak dan badar emas pangkep bahkan di sana pun terdapat batu akik jenis lavender, sisik naga celebes dan bacan tondong. Menurut keterangan salah satu pengrajin batu setidaknya terdapat 1000 macam jenis batu akik di Pangkep.

2. BATU AKIK SISIK NAGA ENREKANG

Batu sisik Naga Enrekang

Batu sisik Naga Enrekang

Batu akik sisik naga (septarian noudels) adalah salah satu jenis batu akik yang paling populer saat ini. Jenis batu akik sisik naga yang terdapat dari sebuah kawasan yang tedapat pada hulu sungai di Kabupaten Enrekang. Keunikan dari batu sisik naga ini yakni memiliki corak yang bervariasi. Harganya pun tergolong berkelas 1 biji batu sisik naga yang sudah di bentuk di barendol dengan harga antara 500 ribu – 1000.000,- Rupiah bahkan lebih.

1. BATU MULIA ASAL PINRANG
Beberapa jenis batu Akik yang ditemukan dari penambangan di Kab. Pinrang seperti yang diberitakan pada website resmi pemerintah DPRD Pinrang seperti, akik lumut putih, akik lumut hitam, batu fosil sarang tawon, akik hitam totol putih, akik lumut hijau (corak kembang), dan akik amber (batu sulaeman susu coklat) yang berasal dari Kecamatan Patampanua kabupaten Pinrang.

batu pinrang

Batu Akik Pinrang

Selain itu, di Kecamatan Duampanua pun mempunyai batu mulia berupa akik amber motif kembang, akik amber serat coklat, akik jasper hijau, akik amber panca warna, akik serat lumut (merah hati ayam), akik hijau serat benang, akik jasper putih (serat hitam coklat), akik jasper hijau, akik jasmer merah, akik cempaka, akik hitam serat renda putih dan akik lumut hijau.

Dari Kecamatan Batu Lappa yaitu akik serat renda putih ayam, akik teratai hitam, akik ati ayam, akik salu-saludung (motif urat), akik fosil kayu nangka, akik cempaka bening, akik lumut kembang merah, akik malachite hijau, kecubung es putih dan ungu, akik fosil kayu bitti, akik anggur putih, akik fosil kayu bambu dan akik cempaka kuning. dan batu akik yang bersal dari kecamatan Suppa, akik kembang teratai, serta dari Kecamatan Lanrisang dapat dijumpai akik fosil kayu lapis.

Nah demikian persembahan Hasbi Hct tentang 4 kabupaten penghasil batu akik di Sulawesi Selatan.