Hasil UKG Sertifikasi Guru 2013 Sergur.Kemdiknas.Go.Id

Hasbihtc.com Hasil UKA UKG Sertifikasi Guru 2013 Sergur.Kemdiknas.Go.Id, Info berita terkait UKA Uji kompetensi guru 2013 secara online ini tercatat sebanyak 601.363 guru sebagai peserta terdaftar UKG 2013, dari jumlah itu sebanyak 562.315 orang telah meyelesaikan ujian. Sedangkan yang tidak mengikuti ujian sebanyak 38.980 orang dan sebanyak 68 orang tidak menyelesaikan ujian (status 0).

Hasil UKA UKG Sertifikasi Guru 2013 Sergur.Kemdiknas.Go.Id

Hasil UKA UKG Sertifikasi Guru 2013

Hasil UKG Sertifikasi Guru 2013 Sergur.Kemdiknas.Go.Id

Dan Sampai saat ini belum ada pengumuman di situs resmi sergur.kemdiknas.go.id tentang nama peserta yang lulus hanya tertulis masih dalam proses Validasi. Informasi pengumuman juga bisa dilihat di kantor Diknas BKD Daerah masing-masing

Bagi guru yang nantinya dinyatakan lulus pada Hasil UK Sertifikasi Guru 2013 ini akan mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) 2013. Setelah mengikuti PLPG kurang lebih selama dua minggu dan lulus akan mendapatkan sertifikat pendidik sitiap kali membuka situs cek hasil sertifikasi hanya bertuliskan Daftar Guru Belum Bersertifikat Pendidik ::::Sedang dalam proses validasi data::::

Mohon Kiranya para rekan guru yang lagi menantikan kapan bisa melihat Hasil UKG Sertifikasi Guru 2013 pada situs Sergur.Kemdiknas.Go.Id Dapat Bersabar dan Pasti Akan ada Infonya….

   

138 thoughts on “Hasil UKG Sertifikasi Guru 2013 Sergur.Kemdiknas.Go.Id

  1. MARMINI,S.Pd says:

    LHA kpan tho genahnyaa, katanya tgl 30 juni, di undur lagi 4 Juli terus kapan lagi yo saaaabaaaaar…..

  2. nurhayati says:

    cepetan dong….pak diknas.masak diundur terus,selak basin informasine

  3. wiwik endang Am.a.pd says:

    ko katanya sudah ada di website tentang hasil UKG 2013…yang bener yang mana yaaaaa….

  4. LUSI DWI TARA says:

    ternyata menunggu adalah pekerjaan yang membosankan… kapan dong kepastiannya ???

  5. suratno says:

    kepastian tanggal 7 juli sudah bisa dibuka di sergur kemendiknas. tapi sayng lelet banget. gak bisa bisa. bosan sendiri jadinya

  6. suratno says:

    tanggal 7 juli bu…tapi juga masih gangguan terus

  7. ratna says:

    lebih cepet lebih baik

  8. muksin says:

    infokan aja kalo di undur ….biar gak di tunggu banyak orang

  9. rias says:

    The connection was reset

  10. NIDZAR says:

    LELET BANGET Y,,,,,

  11. sheykun says:

    tak tunggu aja….dengan sabar….

  12. sheykun says:

    tak tunggu aja …dengan sabar..

  13. ana says:

    kok suwi yo,????

  14. muryani says:

    katanya tanggal 7 tetapi koq websitenya di buka enggx bisa ya?? bikin penasaran ni

  15. maryani says:

    Kapan dibuka pengumuman ukgnya,yach dengan kesabaran pastiny ,selalu kutunggu

  16. andriyani says:

    semoga hasilnya bardasarkan TMt n Ijazah lebih di utamakan , jgn usia tok bisa aja baru bekerja n lulusan gk relevan tpi umur udh tuwir

  17. turyani says:

    orang sabar dikasihi TUHAN ,,,,,,,,,,yuuuukkkk kt belajar sabar……

  18. narmin says:

    kasih tau dong pak dikdas

  19. suli says:

    katanya pengumumannya sudah ada tapi kok dak bisa di lihat pa masih dirahasiakan

  20. irma.y says:

    Kapan dong…dibuka pengumumannya, diundur z sich…H2C Nich…

  21. ilmu surga says:

    sabaaaarrr

  22. guru qdul says:

    orang sabar pasti ketinggalan….

  23. sitinurjannah says:

    cape–cape isi pulsa kalu tau gini mah

  24. ucca says:

    sebaiknya hasilnya tampilkan supaya ngga ada penasaran . dan semuga aka ini ngga ada kecurangan

  25. Asep says:

    kapan dooooooooooooooooong dibuka pengumumannya kelulusan uka 2013 molor melulu????????

  26. Dwi says:

    Pengumuman sudah bisa dilihat. buka sergur.kemdiknas . go. id, klik Daftar Calon Peserta Sertifikasi Pendidik 2013, lihat melalui Kriteria (isi prov dn kab) atau pencarian (isi nuptk). Yang masuk daftar berarti lulus UKG dan memenuhi kriteria, dan persiapan memenuhi persyaratan. Trimakasih….

  27. trie,,,,,,,,,,,, says:

    pak/ibu infone ukg ko suwimen tho……………….. sak benere ki kapan…..?

  28. tien says:

    alhamdulillah …. Akhirnya yang ditunggu2 dah …. keluar … n aku lulus … terimakasih Tuhan …. terima kasih semuanya…

  29. dian says:

    betapa susahnya cari pengumuman hasil UKA ONLINE 2013 yah!

  30. dian says:

    betapa susahnya info sergur yah bu ani royani cicelot!

  31. immah says:

    sy ykin,ALLAH psti mmberi yg terbaik buat qt smua.
    key!

  32. ningsih says:

    walah….,ujung ujung jawabannya..coba lagi..anda belum beruntung..

  33. edy says:

    ini udah pengumuman apa blm to…pak?

  34. iwanfredy says:

    Hasil UKA udah bisa dilihat kok sekarang. rata-rata lulus semua. Peserta PLPG didasarkan pada usia, lama kerja, baru nilai.

  35. Ikeu Sudaryanti says:

    hahooooo,….LAMBRETA!

  36. siti muallimah says:

    meskipun hasil UKA di undur yang penting lulus smua amiiiin

  37. sucani says:

    sdh jaman IT……ayo cepetin donk di lihatin nama peserta UKG yang lulus. mudah@an aku lulus deh…ha…ha….untuk yang LULUS …Selamat.

  38. suwandi says:

    yo -sabar -sabar idep -idep sinau to yora …………..ko yen kesusu mundak kenaen ,yen kesikut loro ot hehehe

  39. yudi says:

    kpnko ga ad yah

  40. ubay egois says:

    udah ada belum yua ?

  41. ining taswini says:

    Alhamdulilah akhirnya yang pada nunggu sudah tahu….

  42. dadiv says:

    Calon sergur dah ada mana hasilnya kok gaada

  43. reni sumartini says:

    waduuh susahh nyaaaa

  44. Dr. hendrik. M, Pd. says:

    Pusing nyarinya ????

  45. de says:

    wah ga canggih nich,,,, masa masih dalam validasi data mulu.
    nunggu info mpe njamur…

    capcay dah…

  46. salfianto says:

    Kapan info keluarnya pengunguman hasil UKG nya, yo saran lau bisa nama nama yang Lulus UKG nya di prioritaskan S1/ D4…

  47. ivan says:

    lambat…..sangat…….

  48. Deasy dwi astutik says:

    yah memang harus sabar yg penting lulus smua rejeki gak akan keliru he…………he………..he

  49. Deasy dwi astutik says:

    yaaah memang harus sabar rejeki gak akan keliru yg penting lulus smua ok !.

  50. tiwi says:

    terima kasih infonya

  51. hasyim asngari says:

    Alhamdulillah, namaku melu katut. thanx to Allah…..

  52. gusmade says:

    jarene kenek di delok kang, kok pancet ora kenekkkkkkkkkk……………………
    sido po raaaaaaaaaaaaaaa……………………….

  53. RATMINI says:

    sbar slh stu bntuk cntoh pnddkn karakter yg perlu kta latih, inyaallah kalau pnddiknya BISA BERSABAR …ANAK DDIK JGA BSA MENELADANINYA.AMIN

  54. arif says:

    katanya udh terbuka nama2 yang lulus ukg tp kenapa blm ketemu juga namanya gmna ya tlg bantuin

  55. budi says:

    lebih bagus blog ini penulisnya jujur dibanding blog tetangga, yg butuhin rating doang
    “bahwa blum ada daftar yg menyatakan lulus ga lulus”
    blog tetangga mah,,,cuman boongin pengunjung

  56. nurma says:

    apa harus pake uang yaaa baru bisa di tauu

  57. ayoeb says:

    info : sertifikasi sudah bisa dilihat hasilnya

  58. aqis says:

    uwahhhhhhhhhh bisa tidur bangun tidur bangun tidur lagi dan bangun lagi tapi belum kebuka wahahahahahah lemuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuut

  59. yoenee says:

    smoga hasilnya memuaskan…aminnnn

  60. yoenee says:

    semoga sy lulus….aminnnn

  61. wiwin hodijah s.pd says:

    biar lambat asal selamat yang penting di luluskan semua itu yang ku nanti

  62. ira says:

    apa tanda bagi yang lulus pak/buk,,kasih tau dong..

  63. fitrotul says:

    Trimksh infonya…

  64. lestari,s.pd says:

    jo,garai wong greges ae yang jelas dong woro-woroe

  65. lestari,s.pd says:

    ayo tunjangan guru di perjelas dong,murid,e podo dadi polisi n pejabat guru kok tunjanagane koyo ngene

  66. wigati says:

    yang tahun ini namanya belum terdaftar,ya sabar tahun depan ada kesempatan lagi….memang belum memenuhi syarat….

  67. erny says:

    caranya gimana udah coba berulang-ulang gak bisa

  68. Suroso says:

    Lihat pengumuman hasil UKA 2013 dimana yach…?? saya melihat koq gk ada?
    Apa pengumumannya tidak diperlihatkan keseluruhan yang lulus…??

  69. DINA DELFINA, S.Pd says:

    tadi malam bisa dibuka, tapi pagi ini tidak bisa lagi. tadi malam lupa ngeprintnya. haaaah….. dinaspun belum bisa meyakininya

  70. igus says:

    Wah server dalam perawatan…daftar calon peserta sertifikasi ga bisa dilihat……kenapa ya…???

  71. Dami says:

    kapan ya pastinya pengumuman hasil Uka 2013, yang su dapat info tlg ya tnks,,

  72. dedy says:

    apa emang begini ya hasil ya,,,,, maksudku? mang dibuat penasaran xl ya,,,,

  73. trie says:

    udah pa blom ya pengumumannya kok sulit banget nyarinya…..

  74. atiesna@73 says:

    Bikin…penasaran aja…..kapan selesainya perbaikan srrver………………………….

  75. calon S.Pd says:

    nie yang lelet yang update info pa jaringannya ya? #heran

  76. trisna firaz says:

    sabar bae mas ,,lelet banget

  77. SAPENDI HASAN says:

    YANG PASTINYA KAPAN INFO HASIL UKA .

  78. trisna firaz says:

    sabar bae pa ngentenin bentar

  79. sukma says:

    lagi nyariin punya tetanga nihhh tapi kok.setelah aku klikDaftar Calon Peserta kok ga bisa ya??????????????

  80. helen says:

    katanya hasil pengumuman dah keluar… mana….?? yang ada malah server msh dlm perawatan…cape deh….

  81. Khayati says:

    berharap yang usia sudah mentog diprioritaskan lulus

  82. zulfahmi says:

    gimana mau lihat hasil ukg,, lulus atau tdaknya,,udh mutr2 aku nyrinya msih gk ada..

  83. yayan says:

    masalah hasil UKA kayaknya ada permainan nih, makanya tidak transparan masalah pengumuman dan ini sudah biasa di negara yang korup seperti ini, mudah2 tuhan membalas Nya

  84. ucca says:

    makasi ya ALLAH AHIRNYA APA yang kutungu jadi kenyatan

  85. SRI says:

    bgmn caranya ngeliat hasil UKG…… knp udh berulang kali sy coba tdk ada

  86. iyut says:

    Liat hasilnya dimana

  87. irwan says:

    ko buka webnya segur. kemndikna .co . id lelet banget ia

  88. bu lis says:

    slamat bagi yang punya sk sebelum 30 desember 2005,,,,,,,,,,,,,,,,,,anda punya harapan ikut plpg 2013,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,emang kaloudah rejeki juga gk kan kmana ya,,,,,,,,,,,,,,,,

  89. pasti adi putra says:

    gmn nich menunggu dgn ketidak pastian hasil ukg 2013 sabar and sabar sampai kapan??

  90. muthia hani pratiwi says:

    kalau memang persyaratan lulus UKG itu min usia 50 th dan masa kerja min 20 th, kenapa semua guru yg usianya masih di bawah persyaratan dan masa keja nya baru 3 thn atau strs ny bsa masuk sebagai peserta UKG??? kenapa tdk di awal d sesuaikan dg KRITERIA PERSYARATAN???? bukan nya itu hanya membuat peserta kecewa dg HASIL seperti itu?????????????

  91. M Rizky Kurniawan says:

    @muthia hani pratiwi : btuul bngeet…
    bikiiin orang kecewaa jha…
    emaang….dasaar !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  92. pebri says:

    ntah hapo2

  93. sri jiana says:

    alhamdulillah usaha dan do’a ku di kabulkan Allah…

  94. sumartana says:

    temenku di Unfal katanya udah ijo,buka pengumuman dimana?………apa di mading school yah

  95. sumartana says:

    suweeee mbanget,ngenteni hasil UKG

  96. chumaidi says:

    piye to pak tak buka buka kok ora muncull2…??????? akuu selak kpingin werroh hasile,, smg cepet terakses datae….

  97. arman says:

    masih bingung cari pengumuman nama yang lulus sergur 2013.mohon informasi bpk, ibu yang tau alamatnya.trima kasih

  98. Fenty says:

    Emang hrs sbar para pemirsa….sy jg ngakses trs tp ttp aj ktanya blm validasi,pye jal?

  99. Fenty says:

    Emang hrs tmbah sbr para pemirsa…….

  100. jongmy says:

    waduh pusing lah gak ketemu nih hasil UKG !

  101. eliamsa says:

    hahahhahahha…..
    Trus diundur, mpe banyak yg berguguran dan hasil ukg-nya jd masuk anginnnnnnn

  102. jongmy says:

    Alhamdulillah………… akhirnya ketemu juga. Tapi sangat disayangkan nilai hasil UKA tidak ditampilkan euy. Tapi biarlah itu urusan yang pake bendo aja

  103. pasti adi putra says:

    sabar tapi klo kelewatan piye tohhhh…

  104. sapendi hasan says:

    kalo uda di umumkan kok susah di buka ?

    belum di umumkan apa masalanya, katanya tanggal 30 juni.

  105. dewi says:

    telambat pengumuman ga’ apa asalkan di luluskan semua / di tambah kuotanya. he…

  106. agus tirta says:

    ini emg hasil blum kluar apa ada kong kali kong nya biar yg tidak murni tes bisa masuk sertifikasi???

  107. esdi says:

    Tggal 8 juli, Hsil ukg sdh bs di lihat di sergur.kemdiknas. Klo payah msuk,itu karna byk yg mmbuka almt trsbut, Alhamdulillah nama sya ada,dan memenuhi syrat,mdh2an ikut PLPG..amiin

  108. Eva says:

    Teman2 saya tidak lulus. Trimakasih

  109. Endang Ayu Dharma says:

    Haduhhhh….. pengumuman hasil UKA gk jeLas.!!

    kita dbuat sprti Manusia Bodoh.

  110. farah diba says:

    gimana cara bukanya

  111. dede surtinah says:

    Saya lihat katanya ada penguman hasil uka gak bisa d buka

  112. nick says:

    kenapa syarat peserta sertifikasi 2013 yang point kedua baru diberlakukan sekarang? kenapa ga dr kmaren2 syarat itu diberlakukan. buktinya ada guru yang ngajar dari th 2006 tetapi dia sudah sertifikasi tahun 2012. bikin kecewa aja….!!!!!

  113. kang asund tea says:

    masih bresin dl amplop kali hehehe….

  114. rasita says:

    mang msknya susah liat hasil uka ni,sy dri pgi smpe sore bru ktemu,yah untungnya gk sia2 sy lulus, mmkasi tuhan smga u brikutnya diberi kelancaran….amiiiiinnnnn

  115. rasita says:

    dgn adanya web ini kta dimudahkan y,gk repot2 hrs pergi kedinas dri rmh ja bsa,hmat wktu,hmat biaya,hmat tenaga,makasi u infonya smga berlanjut trs,smoga u info plpg jga olne jdi bsa lbih mdah…smangat trs……

  116. laila says:

    la… kalau taunya yang lulus UKG harus punya SK 30 desember 2005 . ya… di tentukan mulai dari awal pak…. biar yang ngak punya sk des 2005 juga ngak harap-harap cemas. pusing…..pusing…..di rewangi doa ing gusti Allah dila lah ngak lulus, wess passrah ae ning gusti Allah.

  117. agung says:

    Kok tahun ini proses pengumuman UKA nya lama ya….tahun kemarin, bulan puasa sdh mengikuti PLPG………
    Tolong dipercepat prosesnya,biar utk kuota tahun 2014 bisa lbh jelas lagi prosedurnya…

  118. Lah, koq gini says:

    Kemdikbud ini kaya akan sumber daya uang (79,7 Triliun), tp untuk membangun server yang bermutu saja susahnya minta ampun, berapa banyak sih yang mengakses situs http:// sergur.kemdiknas . go . id/ sg13/ ? kalo berdasarkan jumlah peserta ya cuma 601.363 orang. tapi aksesnya super lelet. Belum lagi tidak adanya pemberitahuan mengenai syarat2 peserta.. lha koq yang ga memenuhi syarat juga terdaftar sebagai peserta (yang pastinya tidak akan lulus). mudah2an ditahun berikutnya kemdikbud mau menyisihkan sebagian anggaran untuk kegiatan peningkatan mutu operator/tenaga teknis UKG dan perbaikan ..

  119. riyadi says:

    yaa sabar wae to

  120. Sawardi says:

    Persyaratan sertifikasi pola PLPG harus TMT 2005 itu sudah dari 2011 diberlakukannya.. Apa nggak pernah baca aturan? Mbok ya sebelum nyari nama lulus atau nggak dibaca dulu itu loo aturan mainnyaaa… Jadinya nggak marah-marah salah sasaran.. Ngakunya guru.. Guru itu harusnya pinter, cerdas, bijaksana dan berbaik sangka. Kalau yang TMT 2006 sudah sertifikasi, cek saja, apa guru ybs pernah menjadi guru sebelum jadi PNS. Honorer atau guru yayasan misalnya? Pengajuan peserta itu pake aplikasi loo.. Kalau ndak sesuai persyaratan, otomatis nggak diterima sistem.

  121. Sawardi says:

    Persyaratan sertifikasi pola PLPG harus TMT 2005 itu sudah dari 2011 diberlakukannya.. Apa nggak pernah baca aturan? Mbok ya sebelum nyari namanya lulus atau nggak, dibaca dulu itu loo aturan mainnyaaa… Jadinya nggak marah-marah salah sasaran.. Ngakunya guru.. Guru itu harusnya pinter, cerdas, bijaksana dan berbaik sangka. Kalau yang TMT 2006 sudah sertifikasi, cek saja, apa guru ybs pernah menjadi guru sebelum jadi PNS. Honorer atau guru yayasan misalnya? Pengajuan peserta itu pake aplikasi loo.. Kalau ndak sesuai persyaratan, otomatis ndak diterima sistem. Sudah itu datanya diverifikasi Universitas penyelenggara PLPG. Jadi, semua bukti dokumen diperiksa. UKA 2013 itu bukan penentu lolos-tidaknya sebagai peserta sertifikasi, tapi lebih ke pemetaan kemampuan guru. Wajib diikuti semua guru yang belum memiliki sertifikat pendidik. Ayooo.. Jadi guru harus well informed. Sikap kritis harus disertai dengan pengetahuan.

  122. Muslimin Mappe says:

    gimana caranya bila kita buka kab/kota yg terdaftar sesuia dengan kouta kab/kota

  123. SITI MULYANI says:

    ALHAMDULILAH AKHIRNYA YANG DITUNGGU MUNCUL JUGA ,SEMOGA DIMUDAHKAN DALAM PEMBERKASAN DAN LULUS PLPG AMIIIIIIN

  124. christina says:

    kapan keluarny hasil UKG?????
    denger info bln agustus mw PLPG, tp hasilny blm keluar jg, gmn sih?????!!!! ^_^

  125. Dedy Heriyudi says:

    Hasil UKG 13 udh bs dliat. contohnya saya udh Lulus, terimakasih to teman2 yg udh ngsih spirit n smngt. langsung aj ke informasi sertifikasi Guru psti dpat dliat infonya. SEMANGAT………….

  126. medi says:

    yg masa kerja min blm 8 th udah pasti tdk luus. cara ngecek spt waktu lihat daftar peserta. smg yg blm lulus tetp semangat mencoba lg th depan

  127. arun says:

    itu bukan namanya kompeten.

  128. Amhal says:

    Pengumuman UKG udah keluar, apakah nama yang udah ada pasti dapat PLPG tahun ini atau nama-nama tersebut masih akan diferifikasi kembali dan apakah ada kemungkinan yang tidak ada namaya akan bida lulus

  129. Amhal says:

    kreteria apa yang dipakai dalam penetapan kelulusan UKA, kalau melihat masa kerja saya sampai januari 2013 sudah 11 tahun kenapa saya nggak lulus,

  130. ocha says:

    koq pengumuman hasik UK di http:// sergur .kemendiknas.s o .id selalu berubah-ubah. profesional dan konsisten dong…

  131. Karjono says:

    Hasil UKA sudah di umumkan, tinggal PLPGnya saja…

  132. Wagimin says:

    Guru jasanya memang besar namun akan lebih merasa berdosa besar kalau anak didiknya menjadi pejabat yang korup, Ya Alloh ampunilah dosa anak” saya, tunjukkanlah mereke pada jalan yang Engkau ridloi… agar menjadi keberkahan hidupnya, Amiin..

  133. rasta prayoga says:

    bagaimana sih sebenarnya aturan main sertifikasi guru ini,kayaknya ada udang di balik bakwan…saya TMT 2006 merasa kecewa ko gak lolos,padahal DI SISTEM di daftar guru yang lolos sertifikasi sangat jelas terpampang ( data base) NAMA,NUPTK,TEMPAT BEKERJA, malah di suruh pemberkasan lagi dari dinas kabupaten, sudah jarak tempuh dari tempat mengajar dengan kabupaten cukup jauh…..dan yang lebih mengherankan kok TMT 2007 bisa lolos.. dan alasannya faktor usialah,inilah itulah,,,,memang yang membuat aturan sertifikasi ini dinas pusat atau daerah!!!!!dan lebih parah dan menyakitkan hati di satu instansi seperti LPMP misalnya ada pegawai yang mempunyai opsi yang berbeda padahal dalam satu bidang yang sama. yang satu bilang guru si A bisa lolos,ternyata pegawai yang satu bilang tidak bisa….dan bukti paling nyata sudah jelas guru yang bersangkutan terdaftar sebagai guru yang lolos sertifikasi,namun berlaku untuk beberapa hari nama itu berada di sistem di hari berikutnya nama ybs sudah di delete…dimana letak keadilannya malah guru yang namanya sebelumya tidak terdaftar malah muncul seperti siluman di sistem…..ADA APA GTU LHO!!!!!!!!!!!!apakah yang menjadi penjahat di institusi pendidikan pegawai pusat atau daerah!!!!!TOLONG BEHANI KINERJA PEGAWAI JANGAN BUAT GURU SEPERTI SAPI YANG DI CUCUK HIDUNGNYA, TOLONG TEGAKKAN ASAS KEJUJURAN,ttd guru yang paling teraniaya……

  134. rasta prayoga says:

    klo ga genah aturan gak salah tindakan para teroris mereka rela bom bunuh diri untuk sebuah keadilan,wajar karena hak asasi mereka di rampas.

  135. sharon,s.pd says:

    heran dgn aturan yang ada, di KEMENAG guru yg TMT 2007 bisa ikut PLPG,,,, apakh aturan yg ada di kemenag itu berbeda dgn di diknas,,?? paling menyakitkan lgi ktika nama sdh trpampang lulus UKG kemudian tidk dikikutkan pada PLPG hanya karna TMT 2005. pertanyaannya knp tahun-tahun kmarn yg TMT 2006 bisa lolos setfikasi,?? yg lbh mengherankan ada nama-nama siluman yg muncul sbgai peserta yg lulus ukG…..
    ADA APA INI…..???

  136. SUPARDI,S.Pd says:

    salam salam sory pendatang baru,mau gabung jejaring sosial

  137. sulaeha says:

    mko,,,,,,m. pak gue,,,, mau nax,, apakah nama saya masuk dalam ukg, mohon penjelasanxa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>