Hari Lebaran Idul Fitri 2013 Akan Jatuh Pada Tanggal

Hasbihtc.com – Hari Raya Idul Fitri 2013 Jatuh Pada Tanggal Gak terasa dah hampir sebulan penuh kita puasa dan tinggal menghitung hari saja maka saatnya ummat Islam akan merayakan hari kemenangan adalah hari yang dinanti nantikan dimana orang orang muslim yang melaksanakan puasa ramadhan selama sebulan penuh akan memperoleh fitra dari Allah SWT, Hari Raya Idul Fitri tahun ini 1434

Kira kira akan jatuh tempo pada tanggal berapa yach ? menurut kelender Hari lebaran 2013 antara 08,09 dan 10 Agustus 2013 dan untuk info lengkap lebaran 2013 tentunya kita masih menunggu penetuan dari pemerintah dan badan hilal untuk menentukan kepastian 1 syahwal 1434

Hari Lebaran Idul Fitri 2013

Hari Lebaran Idul Fitri 2013

Hari Lebaran Idul Fitri 2013 Akan Jatuh Pada Tanggal

Namum Perbedaan kadang terkait penentuan 1 Syawal 1434/2013 Kerap terjadi, terutama pada dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama.

Harapan hasbihtcom semoga lebaran 2013 akan diadakan secara serentak, dengan berpedoman dari perhitungan hisab tersebut berarti 1 Syawal akan jatuh pada hari ?… Agustus 2013. Oleh karena itu, bagi kaum muslimin tentu harus memanfaatkan waktu yang tinggal sedikit ini untuk lebih khusyuk berpuasa di bulan Ramadhan dan mudah-mudahan termasuk salah satu umat yang mendapatkan malam lailatul Qadr.. Oh ya jangan lupa membayar zakat fitrah

Dekianlah sedikit info mengenai Kapan Lebaran 2013 Semoga Puasanya diterima oleh Allah SWT, Selamat berpuasa dan bersiaplah menyambut hari kemenangan, hari lebaran 1 Syawal 1434/2013 H atau Hari Raya Idul Fitri 2013 Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Original Posted By Creative Commons License Hasbihtc.com

   

90 thoughts on “Hari Lebaran Idul Fitri 2013 Akan Jatuh Pada Tanggal

  1. sugeng Riyadi says:

    nggapa ya….dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama ngga mau kompak buat nentuin…..PUASA or LEBARAN…..

  2. onarya says:

    Kenapa? Karena keduanya memakai acuan yang berbeda. Kenapa acuannya tidak disamakan?
    Karena makmum itu tergantung imamnya. Kenapa Imamnya tidak memakai acuan yang sama? Kerena tiap orang punya punya kepalanya sendiri, pikirannya sendiri, pendapatnya sendiri.

  3. onarya says:

    Lebaran kemungkian tanggal 9 agustus.

  4. johan says:

    Karena Pemimpin di Negara (Pemerintah) ini tidak Punya wibawa. sehingga hanya formalitas saja, dan masyarakat tidak patuh terhadap negaranya.
    Wibawa nya hilang karena tindakan tindakan yang tidak benar ( Korupsi, Munafik, Dsb)

  5. roess says:

    Semoga aja tanggal 9 itu semuanya serentak ya

  6. vivine says:

    jadi bingung nih mau nentuin jadwal mudik.

  7. triyanto says:

    ikut sono, ikut sini. Sebagai umat mestinya kita juga belajar dong… bagaimana caranya mengetahui pergantian waktu.. tuh. Haram hukumnya untuk selalu taklid buta, so sesuai anjuran dan perintah Rasul Allah… belajar sejak di ayunan sampai datangnya ajal.

  8. warkoni says:

    Mudah2 jatuh hari dan tgl sm untuk smua umat islam biar kompak

  9. sadar says:

    walaupun lebaran tidak bersamaan tapi semuanya mengakui paling benar itu, ato ikut2an..?? padahal yang benar cuma satu, nah kita termasuk golongan yang benar ato sesat..? jadi yang benar itu yang mana…?? jwbnya : ” cuma satu yaitu yang tidak salah”.

  10. nurali says:

    Perbedaan adalah rahmat, janganlah kita memperbesar perbedaan,perkuatlah ukhuwah islamiah diantara kita…. karena kebenaran yang hakiki hanya milik allog, semoga alloh memberi rahmat dan ampunannya kepada kita semua umat muslim indonesia….amiin……

  11. iwan says:

    Lebaran tahun ini insya alloh bareng 8 agustus 2013, yang terpenting amaliah puasa kita diterima oleh alloh swt ,dan 1 syawal 1434 H kita menjadi hamba alloh yg fitri …amiin…

  12. zainimjk says:

    jangan selalu saling menyalahkan ,,,,, krn organisasi terbesar Di Indonesia ini
    sama sama mempunyai pedoman,,,,,, alquran Dan hadits……

  13. kassum says:

    Walaupun kepala berbeda tp alquran ttap satu, ikutlah ulil amri, itulah perintah Allah

  14. Gharib says:

    Assalamualaikum

    Saya mengikuti ulil amri, karena itulah perintah Allah subhanahu wa ta’ala
    mereka ulil amri–beliau-beliau yang hendak memenuhi kewajiban pada posisinya,
    karena saya sadar keterbatasan ilmu saya untuk saat ini, dan kemalasan yang dibisikkan–bukan berarti tidak tholabul ilmi, tidak kritis dsb… saya (kita) akan lebih rajin inshallah

    bila kepala berbeda, padahal satu pedoman, mengapa tidak sama?

    menurut hemat saya dalam mengimani pedoman tersebut, di sanalah kita mungkin saja salah, sebab kita tidak benar-benar mengikuti Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam, apa yang telah diwasiat kan?… apakah kita tahu? sampai saat ini apa kita benar mencari tahunya dengan sungguh2? tidak, selama keraguan itu ada, selama taklid itu ada, dsb…
    terima kasih telah membaca wasalam…

  15. jalal Rosyidi says:

    sing bermasalah justru orang islam yg tidak mau puasa tetapi mengharap datangnya hari raya idul fitri!

  16. herman says:

    sudah-sudah jangan berdebat terus dengan mempermasalakan kpan hri lebaran..? ikut aja ap keputusan pemerintah kita (presiden) to penentuan hari lebaran dari pemerintah ga sembarangan ko, seperti kata Nabi kita, ” Taati.lh kata atau suruhan dari ketua / pemimpin mhu” kalopun salah dosanya bukan kita yang tanggung kan pemerintah hehehe… kapanpun lebarannya, Allah tuhan kita tau ko.. kita mau yang terbaik.. Amiiinn ” mohon maaf lahir batin sodara2.q :-)

  17. ady says:

    kalau kebanyakan para oknum pemerintahnya pandai bermain kebusukan yang merugikan rakyatnya (korupsi. munafik. dsb), apa kita mesti ngikut juga ???. Pemerintah yang berhak untuk ditaati rakyatnya adalah pemerintah yang tidak mendzalimi rakyatnya sendiri..

  18. kassum says:

    Yg anda ktkan sangat keliru, krena yg berhak menentukan lebaran mentri agama, bsert ulamak dn pra tokoh agama, jd bkn kruptor.

  19. robby says:

    Kapan lebaraN kapaN lebaraN iduL fitri jelas kan …??
    Knp harus di bikin bingung….
    Knp harus jadi sebuah pertanya’an besar
    Harus ny pemerintah n tokoh” yg yg bersangkutan harus sudah puny keputusan dr hasil musawarah ny.
    Jangn sampai menunggu di pertanyakan begini
    Apa sebelum ny belum di musawarahkan sebelum kita rakyat bertanya harus ny pemerin tah tokoh pemerintah agama harus punya jawaban jngn sampai begini trs
    Kaya ny ini jadi penyakit tahunan setiap mau bulan rhamadan n idul fitri ny

  20. Win says:

    Keputusan pemerinntah kan sudah jelas, dan bisa dipertanggungjawabkan. Sebagian orang saja yang gak mau nurut pemerintah. Jadi ketidakbersamaan itu salah siapa?

  21. iyon says:

    Saran untuk pembuat kalender (tanggalan), mulai tahun depan 2014 hari raya idul fitri jangan di tentukan dulu (jangan dimerahin) karena percuma aja…….

  22. haerul says:

    pemerintah harus tegas ,,,,krna setiap bulan ramadhan sllu kacau

  23. afdan says:

    perbedaan adalah sesuatu,di balik perbedaan pastilah ada hikmahnya.

  24. Carios says:

    Saya Islam nasionalis tidak pro salah satu golongan tertentu, untuk menentukan awal ramadhan dan 1 syawal saya menggunakan software moon phase, silakan search digoogle untuk download software ini secara gratis, tak ada yang sulit tinggal klik tanggal & lokasi koordinat yang diinginkan disana akan muncul gambar / fase bulan dengan jelas. Selamat mencoba, bro !!

  25. ayat says:

    jangan banyak berdebat lebaran sudah ditentukan jatuh pada tanggal 1 syawal 1434

  26. sukiyanto says:

    gak usah bingung hari raya kapan,, yang pnting puasa gk bolong………

  27. omen says:

    sebagai warga negara indonesia sih klo saya ikut pemerintah aja karena pemerintah pasti mngambil jalan tengah dari smua perbedaan itu dan dissii lain hari libur atau cuti bersama pun yang menetapkan pemerintah, jadi sbg warga NKRI ikut keputusan pemerintah aja … :) minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin.. .:)

  28. adriant says:

    Mas2 n mbak2 karena kita ad d bawah NKRI maka ngikut pemerintah…. karena pemerintah imam kita d NKRI ini….. jngn cuma kpntingan politik trs g mau mgikut aturan pmrintah….. yg mbangkang brt bgian dr teroris…..

  29. martin says:

    klow ada yang mau lebaran sekarang, mau besok, mau lusa, g lebaran juga gpp ko’.. kan sekarang negara kita negara bebas, terserah lo pade mau lebaran kapan,,, yang jelas mah kuburannya masing2, dosa masing2…

  30. kassum says:

    I stuju m loe martin, jd gak usah iktn debat, nambah2 mslah j, krn org yg mmprtahankan pendapat yg blm tentu benar it org bodoh nmanya/angkuh,, ikut ulil amri napa, jd mnusia jgn sok pandai gtu deh,,, haaaa…malu tauk

  31. anan says:

    semua pada benar mau tanggal ikut pemerintah atau punya peerhitungan non pemerintah semua ada dasar hukumnya…… tapi yang terpenting adalah…… jangan seperti tahun lalu…. banyak rakyat yang tidak puasa lebaran juga tidak…. kalau pemerintah nanti ditengah malam menentukan tanggal 8 puasa ya komit harus puasa…. jangan karena gak sahur atau karena dah terlanjur masak banyak jadi tidak puasa….

  32. Hilana Vierrania says:

    Aq rasa semua komentar temen” semuanya betul. bagi bapak” pemerintah khususnya bpak menteri Agama tolong dong pak ketentuan lebarannya dipertegas. Aq di sini sebagai Remaja Masjid bingung mau mengadakan lomba takbir keliling & gema takbir’nya kapan….
    sekali lagi tolong ea pak, secepatnya diumumkan . . . . . .
    terima kasih ;-)

  33. SUGIADI says:

    Sebenarnya tidak ada perbedaan dalam islam asal orang tersebut mau kembali ke Alqur’an dan Al-hadits karena disitu udah jelas disebutkan : Tatilah Allah dan Rasulnya dan taatilah pemimpin yang adil dan di Hadits disebutkan ” BERPUASALAH KAMU SETELAH MELIHAT BULAN DAN BERBUKALAH KAMU SETELAH MELIHAT BULAN” Sangat Jelas khan!!!!!!!!

  34. buya roy says:

    Bagaimna cey pmerintah kmrn sya’ban 29 hari hilal tuk rmdhn nol derajat skrg rmdhn bru 29 hari usianya. Tpi hilal tuk sywal
    lsdh da drjtnya 2 drjtn lbh gmn cey. G slh tuch ane g ngerti ne. Belajar breng yuuuuuuuuuuuuukh

  35. buya roy says:

    Bagaimna cey pmerintah kmrn sya’ban 29 hari hilal tuk rmdhn nol derajat skrg rmdhn bru 29 hari usianya. Tpi hilal tuk sywal
    lsdh da drjtnya 2 drjtn lbh gmn cey. G slh tuch ane g ngerti ne. Belajar breng yuuuuuuuuuuuuukh. Sebaiknya menteri agama pd ngaji dlu

  36. goenawan says:

    debat sana debat sini .
    inilah bukti akhir zaman ,
    yg dikatakan rasul ,

    “umatku pada akhir zamam ,seperti buih dilautan ,,TEROMBANG AMBING ”

    MASYA’ ALLAH

  37. Yulia Yusuf says:

    jadi sebenarnya tanggal berapa ya??? berarap tanggal 9 Agustus… :’(

  38. Al Muzamil says:

    sya gk yakin rasul mengatakan dosa ditanggung oleh orang lain, subuh tadi 4 Agt. 2013 saya melihat bulan jelas sekali, bulan akan habis 3 hari mendatang, tiga tahun ini saya lihat pemerintah tidak tepat. apakah ini masih harus kita taati, walapun slah

  39. ahmad kosani says:

    Mudahan lebaran kita bareng yaitu tgl. 8 agustus 2013 berarti saya u tung satu hai karena saya puasa ikut pemerintah..he..he..

  40. andre says:

    knp setiap mu lbrn org2 pada binggung!apa munkn krn islam sdh terbgi menjadi beberap…!?

  41. firda says:

    ktanya pemerintah mnetapkan lebaran juga tanggal 8? biar serentak se indonesia

  42. rudiana says:

    negara kita ini bukan Negara NU atau Negara Muhamadiah, salah satu ciri orang benar adalah “manut ning aturane pemeritah”. Kalau kita tidak manut ning aturane Pemerintah, berarti kita belum termasuk orang yang benar.

  43. latieflat says:

    sdsaya senang mendengar komentar anda memang kita harus mendengar keputusan pemerintah dari pada kita terus saling komentari karna kita di indonesia ini banyak paksun atau kelompok maka sebaiknya kita mendengar kata hadis tadi…….amien

  44. Semgun says:

    Muhamadiyah dan NU berlebaran bersama,8 agustus 2013..he.he ;-)

  45. ali says:

    Minal aidin walfaizin,,,,,

  46. AMRIANSYAH says:

    Setiap umat punya pemimpin dan imamnya masing2 maka ikutilah imamnya
    Masing2 donk!! Dan ALLAH lebih mengetahui apa yang tidak diketahui umatnya
    Maka dari pada itu mohon perhatian bagi pemimpin2 umat ambil keputusan
    Yang benar!! Dan umat ISLAM pedoman nya ALQUR’an!!! Dan jangan jadikan
    Perbedaan pendapat suatu perselisihan,dan permusuhan!! ISLAM itu indah
    Moga lebarannya serempak! Kita berdoa sama2 kepada sang pencipta agar
    Perbedaan pendapat dipersatukan oleh Nya amin…Buat umat ISLAM seluruh dunia
    Minal aidhin wal fa’ izin!! Mohon maa lahir dan bathin..

  47. arif says:

    Ikutin aja pemerintah ngapain kita debat2 percuma gk ada hasilnya toh nanti yang bertanggung jawab pemerintah juga

  48. Deden says:

    pada ujungnya sekarang klo lebaran pada ikut yg duluan lebarannya biar gk puasa lagi katanya,.. gk peduli nu atau muhamadyah

  49. dadang ac says:

    Sebagai masarakat yg baik ‘seharusnya kita ikut ulil amri.
    Selamat hari raya idul fitri 1434 h,minal aidin wal faidin

  50. anwar says:

    alhamdulillah umat semakin pintar, kalau saya ikut Makkah saja

  51. ikbal baldes pjt says:

    kita yg gk pnya ilmu tuk nntukn kpn waktuny Lebarn idul fitri fitri jgn byk cerita la,
    Kl gk mau ngikut nahdatul ulama (pemerintah) at muhammadiyah
    buat pendapat sndiri kpn jatuh at tgl brp jatuhny idul fitri tu
    5jgn byk comment

  52. Kurnia Bakri says:

    Arogansi kedua orgnisasi besar Islam “TIDAK” membawah “RAHMA” dalam perselisihan pahan penentuan hari “H” Puasa dan hari “H” Lebaran ??? Malahan jadi momok pertengkaran di kalangan ummat yang masih awam mengikuti massab organisasi tersebut. untuk penengahnya agar pemerintah Independent mengambil kebijakan penentuan hari “H” dimaksud.

  53. Dadang says:

    yang layak disebut ulil Amri tuh siapa to?pemerintah ( kementerian Agama kah )? mana itu dia adil ngurusi anak2 yang salah asuhan yang melakukan perbuatan melanggar hukum? mana itu kemenag ngurusi pelacur-pelacur? mana itu kemenag ngurusi anak2 yang hak-nya terampas? kema=enag hanya ngurusi urusan-urusan sexy ( Haji yang ada duitnya ) itupun ga beres….

  54. tantou says:

    entah apa dan mengapa kok pemerintah kita diam atau pura pura gx tau?? sebenar nya jaman sudah sangat canggih untuk mengetahui kapan tepat nya 1 syawal, ini masalah selisih sudah bertahun2 tp pemerintah cuex aja bisa nya mepet2 mulu bikin rakyat kecewa.. klo menurut w sih tgl 8 lebaran tahun ini

  55. jaksa says:

    sepuluh kesalahan yang tidak salah satunya saat kita lupa ,bahkan ada juga yang ditangkap atas kasus pembunuhan terbanyak.

  56. rizka dwi says:

    terserah lah kapan mawu lebaran nya….
    yang penting bisa makan enak….

  57. UJANG SUMPENA says:

    Pemerintah dan rakyat tidak kompak masinng2 kapan donk kompaknya,/???????
    kami orang awam ngikut mana yah……yang penting keimanan dan ketaqwaan harus kompak
    ALLAHUAKBAR……3X ………….

  58. kancil says:

    kenapa harus diperdebatkan.

  59. Susilo says:

    Pemerintah disalahin, tapi diri sendiri juga dicek dulu deh. . ckck

  60. sahpri says:

    kalau saya mah ikut muhammadiyah aja lah sebab selalu betul menetap kan perhitungan gak pernah meleset dg aktual bulan nya

  61. mama loren says:

    yg betul lebaran tgl 9 ……..ikut pemerintah aja………jgn kayak muhammadiyah……..sok tau lah. warga NU tetap tgl 8 mlm takbir……..alloh huakbar alllah huakbarrr

  62. HERMAN says:

    NGGAK PERLU KERAS KEPALA, KITAKAN ADA PEMERINTAH,
    JADI IKUTI PEMERINTAH,

  63. mike says:

    lebaran idul fitri sering diperdebatkan karena perbedaan pengamatan nya, tp kenapa idul adha selalu sama?

  64. saliman says:

    GITU AJA KO REPOT…REPOT, KITA PUNYA PEMERITAH,PEMERITAH PUNYA KEMENTRIAN AGAMA
    ,KEMENTIAN AGAMA PUNYA MUI..YA IKUTI SAJALAH..KAN KALAU ADA DOSANYA DIA YANG NANGGUNG..GA USAH REPOT2 MAS BRO….

  65. ucca says:

    pemerintah adalah ulil amri, jadi kita ikut aja pada pemerintah kita kan ada mentri Agama dan persideng kita yang menentukan ………

  66. dwi says:

    ngapain pada ikutan pemerintah ingat ingat orang yang duduk di pemerintah kebanyakan masuk pakai duit alias g’ murni test ( jabatan dah di jual belikan bukan rahasia umum lagi ” wani piro kata si mbah jin h h h h ( pengadilan gudang jual beli hukum sekarang ). tuch ikutin ulil amri luch yang luch pada anggap bak orang suci dengan alasan dalil dsb.

    kalo mou kapan lebaran na ….. wani piro ?

  67. agus ismail says:

    ngomong2 usianya udah pada berapa nih,,, udah pada belajr cara nentuin kapan hari raya atau awal ramadhan belum???? jangan2 udah pada tua tapai g tau ilmunya, bisanya ngkuuuuuuuuuuuutttttt aja, jadinya mudah aja di bawa kemana2.. jadi bingung kan??? makanya belajar, biar INdonesia jadi Pinter, hehe

  68. Nanang Sc.Sk.St says:

    abdi mah ngiringan wae bade lebaran dinten naon ge,anu penting mah cegeur bageur lahir batin dunnya walakhirat

  69. hasan says:

    karna ako belum tau makanya kita ikut pemerintah yang mau bertanggung jawab

  70. aris says:

    Kalo terjadi prbedaan pasti ada yang salah dan ada yang benar, tidk bisa tidak !

  71. Khaeril says:

    Negara ini punya pemimpin,dan pemimpin itu sudah memberikan tugasnya kepada pembantu pemimpin (mentri) dari mulai urusan dalam negri,luar negri sampai urusan kerukunan beragama ( mentri agama )sekarang kalau memang antara NU dan Muhammadiyah itu selalu saja berbeda,karena tidak ada ketegasan disaat era orde baru (soeharto),dan kalau memang kita kurang yakin,dan hanya ikut-ikutan saja menjadi anggota 2 ORMAS Islam terbesar di Negara Indonesia ini,lebih baik kita mengikuti apa yang di himbau oleh pemerintah kita,karena jika ada kesalahan maka pemimpin kitalah yang menanggung dosanya,dibandingkan harus memperdebatkan mau ikut NU/Muhammadiyah,toh yang namanya Islam itu harus bersatu,apa bisa menjamin,kalau kita mengikuti NU/Muhammadiyah bisa masuk kedalam surga,tidak juga kan,karena itu hanya sebuah organisasi semata…untuk 1 syawal 1434 H kita tunggu kepastian informasi dari Pemerintah saja,gak usah bingung,yang pasti Idul Fitri tetap ada kok.

  72. suyanto says:

    Lebaran harus bareng atau tidak? Seharusnya Lebaran itu terjadi dalam 1 hari. Kalau Senin ya seluruh dunia Senin. Kenapa? Karena bumi berputar 1 putaran penuh dalam 1 hari. Pertanyaannya adalah: di belahan Bumi mana harus dilihat Hillal dan diserukan besok Puasa atau besok Lebaran???? Nah……ada fakta unik kenapa Alloh SWT memilih Makkah sebagai pusat penyebaran Islam pertama? Karena ternyata Arab adalah pusat dari dunia dalam rangka penentuan awal bulan baru. Kalau misalnya pada hari Minggu Makkah menyatakan besok puasa, maka Negara Kiribati (negara yg paling duluan mengawali hari) tapat menjelang sbuh hari Senin, dan akan mengawali puasa pada hari Senin. Begitu pula negara Honolulu (negara paling akhir mengawali hari) sudah lewat 1 jam dari waktu subuh hari Minggu dan akan mengawali Puasa hari Senin juga. And bagaimakah jadinya jika awal puasa atau Lebaran ditentukan dari negara yg lebih dulu atau lebih lambat 1 jam dari Arab? Maka akan ada negara yang mengawali puasa atau Lebaran pada hari Minggu (Honolulu) atau Selasa (Kiribati)!!!!!!So…….gimana kalo Umaro’ n Ulama’ di seluruh dunia mengacu ke Makkah? Dijamin dech seluruh dunia akan serentak dalam 1 hari. Amin. Untuk Teman2 semua….mohon maaf lahir dan bathin. Taqoballallohu minna waminkum.

  73. Orang Aring says:

    jangan dibikin ribet mas bro,, ikutin aja yang ada.. atau lebih baik lagi ikutin kepercayaan dari dalam hati dan tetap berpegang pada keimanan masing masing..

  74. chokies says:

    Sabar dan syukuri pilihan kita, kebenaran akan terasa di kalbu(nurani) dan pikiran org2 yg beriman

  75. bobjabrik says:

    dibawa asyik ajah …

  76. koneng says:

    katanya tangal 1 syawal idul fitri

  77. raisa says:

    lalieurr liat org” skrg senengnya ributtt, gk halaman mna pasti aja ada acara debat”an, kalo senengnya ribut ketemuan aja bwa pentungan satu” gih, saling jitak”an terserah

  78. rizky says:

    saudara2 qu semua.. baik keluarga NU Maupun Muhamadiyah..dsb..
    masing2 memiliki cara untuk menentukan cara menentukan idulfitri..
    baik dari data maupun ilmu falak dsb..
    yg d benarkan Rosulullah SAW..
    kita memiliki imam ikutilah imam kita..
    jgn memperdebatkan yg nantinya timbul perpecahan antar muslim.
    kalau mau d perdebaikan perdebatkannlah muslim yg memiliki nabi setelah Rosulullah SAW..
    dan arahkan kembali mereka ..
    dan dakwahkanlan org yg melalaikan sholat..
    memakan hak org..terlebih rakyat..
    mkn mknn haram..
    dsb..
    bukan mendebatkan yg tidah harus d dbtkan…
    karna mereka memiliki dasar ilmu masing2

  79. Cinta says:

    iya betul, daripada tiap kali orang koment ribut2 aja. Lebih baik ibadah…

  80. wong paling bener says:

    rame ae !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  81. lian ampana,tojo una-una says:

    setiap org berbeda pendapat ttg lebaran idul fitri jatuhx tgl berapa,hx sj harapan ana moga2 lebaranx thn ini sdh sama2 aja lah,..biar kompak.. :)

  82. nadia says:

    ngapain mikirin lebaran… yg penting puasanya full ga???…. jangan maunya lebaran tapi puasanya bolong bolong,,,

  83. tasya says:

    menurut saya , lebaran itu tanggal 9 agustus , tapi gak tau deh bener / salah nya :D

  84. deny batara says:

    jngan seperti tahun kemarin takbiran kecepatan padahal belum waktunya…
    diharapkan pemerintah benr-benr menginformasikannya, agar semua masyarakat khususnya indonesia tau kepastiannya…
    terima kasih

  85. bayu says:

    jadinnya kapan nih lebaran

  86. desta says:

    yoyoyoyoooooooooooo……………

  87. numpang lewat says:

    maaf cuman numpang baca aja.

  88. Issyeu says:

    Udh lah jgn berdbat trus. Kita kn pnya pemerintah yg bertagung jwb. Ngp’n repot2.

  89. Sese says:

    Tolong jangan diperdebatkan dan sebagai umat kita ikut yang duluan aja lebarannya karena hukumnya haram apabila kita masih puasa di Idul Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>